Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Spinner Pancing Untuk Berburu Ikan Gabus

spinner pancing

Duniahobiku.com - Mungkin masih banyak yang bingung dengan beragam jenis spinner pancing yang ada dipasaran. Nama-namanya saja kadang membuat kita sulit dan bingung membedakannya antara spinner yang satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu spinner pancing dan ikan apa saja yang sering menjadi target dari umpan buatan ini silahkan baca artikel selengkapnya dibawah ini.

Umpan Spinner

Apa itu spinner dalam memancing? Ada banyak jenis umpan buatan yang sering digunakan oleh para pemancing dan salah satunya adalah spinner. Spinner adalah umpan buatan yang terbuat dari logam yang dibentuk atau didesain agar dapat berputar disekitar umpan. Harga spinner pancing bervariasi sesuai dengan bahan pembuatan dan desainnya. Cara kerjanya umpan buatan ini pun cukup sederhana. Saat para pemancing melempar umpan dan menarik kenur maka umpan spinner akan berputar sehingga menarik perhatian ikan untuk segera menyambar. Kecepatan berputar tergantung dari berat bahan spinner yang digunakan serta kecepatan pemancing dalam menarik tali pancing/kenur. Kombinasi dengan teknik walking the dog bisa meningkatkan peluang keberhasilan mengangkat ikan dari air.

Lokasi Penggunaan Spinner

Spinner bisa digunakan jika anda sedang memancing di laut maupun air tawar dan bisa digunakan pada berbagai kondisi perairan, mulai dari air yang jernih, keruh bahkan hitam sekalipun. Umumnya reel/glungan yang digunakan saat memancing dengan umpan spinner adalah gulungan terbuka dan gulungan tertutup. Spinner biasanya digunakan di perairan air tawar seperti danau dan sungai.

Target Ikan Menggunakan Spinner

Teknik mancing menggunakan spinner diadopsi dari luar negeri, disana mereka umumnya menggunakan umpan spinner untuk memancing berbagai jenis ikan Bass seperti Smallmouthbass, Salmon, Largemouthbass, pike, panfish, dan rockbass.  Semua jenis ikan trout bisa juga ditangkap dengan metode ini termasuk berburu trout coklat, trout pelangi, trout banteng dan jenis trout lainnya. Tapi tentunya ikan-ikan yang disebutkan diatas tidak akan kita temukan di Indonesia. Ikan yang sangat cocok untuk menerapkan metode ini adalah ikan gabus yang terkenal sangat agresif terhadap apa saja yang dianggap mengganggu wilayahnya. Jenis ikan lain yang bisa menggunakan spinner adalah ikan predator seperti  hampala, tapah, dan toman. Teknik ini memanfaatkan sistem tubuh ikan dimana guratan pada tubuh ikan akan mendeteksi getaran atau vibrasi yang muncul saat spinner sedang berputar, sehingga ikan akan terpancing utnuk segera menyambar umpan.

Teknik menggunakan spinner dianggap relatif mudah karena hanya membutuhkan sentakan sederhana agar dapat menangkap ikan bahkan sering terjadi ikan sudah nyantol dengan sendirinya pada mata kail treble. Berikut beberapa jenis spinner pancing yang biasanya digunakan oleh para pemancing;

1.      Standart Inline 

Spinner ini memiliki model yang lebih sederhana dimana blade akan berputar mengelilingi kawat utama. Spinner ini menggunakan pemberat yang bertumpu pada kawat utama dan berguna untuk memudahkan pelemparan umpan ke spot yang cukup jauh.

gambar standart Inline spinner

gambar standar inline Spinner

2.      Double Blade inline 

Modelnya hampir sama dengan inline yang membedakan adalah blade yang dipasang ada dua sehingga akan menambah keras suara yang dihasilkan spinner. Daya dongaknya pun akan lebih baik saat hasil pancingan ditarik pada perairan yang dangkal.

gambar double blade inline spinner
gambar double blade inline spinner

3.      Flash inline 

Bahan sintetis dengan warna-warna menyala sering digunakan sebagai ekor spinner dan dibentuk menyerupai ikan kecil, tikus bahkan tupai. Umpan ini akan terlihat dinamis saat ditarik karena seolah-olah melompat dan melenggok kiri-kanan.

gambar flash inline spinner
gambar flash inline spinner

4.      Magnum double blade inline

Sepintas spinner ini terlihat seperti double blade inline namun memiliki ukuran blade yang lebih besar yang berguna memaksimalkan suara yang dihasilkan sekaligus meningkatkan daya dongak umpan ke permukaan air.

gambar magnum double blade inline spinner

gambar magnum double blade inline spinner

5.      Spinnerbaits

Spinnerbaits memiliki bentuk seperti peniti terbuka dimana satunya sebagai tempat mata kail dan lainnya sebagai pemikat. Spnner jenis ini bisa digunakan pada semua tipe perairan. Spnnerbaits juga dikenal sebagai safety pin spinnerbait. Spinner jenis ini akan tenggelam saat dilempar ke spot yang diinginkan hingga kedasar air asal tidak ditarik. Namun bila spinner ditarik maka umpan seolah-olah berjalan diatas air dan menimbulkan suara keciplak air sehingga menggoda ikan untuk segera menyambarnya.

gambar spinnerbaits
gambar spinnerbaits 

6.      Magnum spinnerbaits

Model ini merupakan model modifikasi dari spinnerbait, dimana penambahan blade berukuran besar untuk menciptkan suara yang lebih berisik dan banyak digunakan sebagai umpan saat memancing ikan berukuran besar/monster.

gambar magnum spinnerbaits
gambar magnum spinnerbaits

7.      Buzzbaits

Buzzbaits merupakan modifikasi dari inline spinner sehingga pada bagian blade dibentuk seperti baling-baling, Spinner jenis ini akan menghasilkan suara yang lebih besar saat ditarik dipermukaan air.

gambar buzzbaits spinner
gambar buzzbaits spinner

8.      Live bait spinners

Spinner jenis ini bisa menghasilkan tangkapan lebih dari satu sekaligus, Hal ini disebabkan mata kailnya yang dirancang bisa lebih dari satu dan diisi dengan cacing maupun ikan hidup. Spinner ini memiliki peluang tinggi untuk memperoleh hasil pancingan. Karena selain suara dan blade yang berkilauan juga efek dari umpan hidup yang digunakan.

gambar live bait spinners
gambar live bait spinners

Semoga artikel tentang 8 jenis spinner pancing diatas dapat berguna buat anda semua para mancing mania dimanapun anda berada. Kombinasi umpan buatan dan teknik memancing yang tepat akan menghasilkan tangkapan yang optimal. Memancing adalah seni yang hanya bisa dirasakan oleh para “penikmatnya” bukan penonton dari luar arena.