Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 media tanam bunga anggrek di Pot Agar Sehat

 

media tanam bunga anggrek di pot

Duniahobiku.com -  Media tanam merupakan salah satu penunjang agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik. Memilih media tanam tidak boleh asal-asalan karena setiap tanaman memerlukan media tanam yang berbeda-beda. Untuk anggrek epifit tentu media dan cara menanamnya berbeda dengan anggrek tanah. Media tanam bunga anggrek umumnya menggunakan media yang bisa menyimpan air dengan baik.  Untuk mengetahui media tanam anggrek dalam pot yang sesuai, Silahkan  baca pada artikel selengkapnya.

Media Tanam Bunga Anggrek di Pot

Anggrek epifit biasanya ditanam dalam pot, pakis, atau pada cabang-cabang kayu yang masih hidup maupun yang sudah mati. Cattleya, dendrobium, Cymbidium, Oncidum, dan phalaenopsis adalah jenis anggrek yang sering di tanam dalam pot. Phalaenopsis juga sering kita temukan pada media pakis atau pohon.

Media menanam anggrek standar sulit untuk dipastikan karena setiap daerah memiliki iklim yang berbeda.  Campuran media tanam yang paling tepat harus kita temukan  sendiri dengan meramu media yang sesuai dengan lingkungan sekitar kita.  Cuaca yang panas sebaiknya menggunakan media tanam yang bisa menyimpan air dengan baik. Secara umum media tanam anggrek yang baik harus dapat menjaga kelembapan daerah sekitar akar dan menyediakan unsur hara yang cukup agar tanaman anggrek bisa tumbuh dengan sehat dan rajin berbunga. Bukankah itu yang anda harapkan saat menanam bunga anggrek ?

Media Tanam Bunga Anggrek Di Pot

Setiap Negara memiliki campuran yang berbeda-beda saat meramu media tanam buat tanaman anggrek. Di Amerika utara umumnya menggunakan serat kayu redwood, kulit kayu pinus, gambut, batu kerikil, dan kulit kayu fir (sejenis confera) sedangkan di Hawai umumnya menggunakan pakis sebagai media tanam anggrek. Khusus di Indonesia penanaman anggrek pot di Indonesia menggunakan arang, pakis, batu bata ,Moss dan sabut kelapa. Berikut penjelasannya :

1.      Arang

Arang yang biasa digunakan sebagai bahan untuk memasak ternyata sangat baik untuk dijadikan media tanam anggrek. Pot berukuran besar membutuhkan arang yang lebih banyak Sedangkan pot berukuran kecil membutuhkan pecahan arang yang lebih kecil.

Media tanam arang bisa dberi pupuk terlebih dahulu. Caranya dengan merendam pecahan arang kedalam larutan pupuk NPK sebanyak 1 gram/liter air. Perendaman ini bertujuan untuk membuat pertumbuhan anggrek semakin optimal.

media tanam arang untuk anggrek
media tanam arang untuk anggrek

2.      Pakis

Media pakis untuk anggrek banyak digunakan para penghobi karena dapat menyimpan air dengan baik. Penggunaan media tanam ini sangat mudah, anda cukup menempelkan anggrek ke blok pakis kemudian mengikatnya agar tidak terlepas. pakis yang berbentuk lempengan sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu sebelum digunakan dalam pot.

media tanam pakis untuk anggrek
media tanam pakis untuk anggrek

3.      Sabut Kelapa

Sabut kelapa menjadi media tanam anggrek yang cukup populer . Gunakan sabut kelapa yang masih menempel pada kulit luarnya. Potong-potong sabut kelapa sehingga seratnya sejajar dengan pot. Anggrek yang akan ditanam diletakkan diantara lempengan sabut kelapa. Padatkan ruang kosong dengan sisa sabut agar tanaman dapat berdiri dengan baik dalam pot.

Gunakan larutan fungisida pada sabut kelapa untuk menghindari pembusukan.  Perendaman dalam larutan pupuk dapat membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Bibit tanaman anggrek pada sabut umumnya berukuran 7-30 cm.

media tanam sabut kelapa untuk anggrek
media tanam sabut kelapa untuk anggrek

4.      Batu Bata

Pecahan batu bata sebagai media tanam untuk anggrek sering digunakan para penggemar tanaman anggrek. Batu bata dapat berfungsi sebagai tempat melekatnya akar dan menjaga kelembapan media tanam karena dapat menyimpan air dalam waktu yang cukup lama. Batu bata juga membuat pot tidak mudah terjatuh karena bobotnya yang berat. Pecahan genteng untuk media tanam alternatif  bisa menjadi solusi jika batu bata tidak tersedia.

media tanam batu bata untuk anggrek
media tanam batu bata untuk anggrek

5.      Moss

Moss adalah media tanam yang berasal dari akar tumbuhan paku-pakuan atau kadaka yang biasanya tumbuh dihutan dan melekat pada batang pohon besar. moss banyak digunakan sebagai media tanam untuk tanaman hias termasuk anggrek. Kelebihan moss adalah mampu mengikat air hingga 80% sehingga media tanam tidak mudah kering.

media tanam moss untuk anggrek
media tanam moss untuk anggrek

6.      kaliandra

Apa itu media tanam kaliandra ? banyak yang belum familiar dengan media tanam yang satu ini.  Humus kaliandra adalah sisa pelapukan daun dari pohon kaliandra (Calliandra colothrsus).  media tanam kaliandra dapat menjadi pupuk organik yang menyuplai unsur hara ke tanaman dan mempercepat tanaman anggrek berbunga.

media tanam kaliandra untuk anggrek
media tanam kaliandra untuk anggrek

7.      Hydroton

hydroton adalah media tanam yang berasal dari tanah liat yang dipanaskan hingga 1200 celcius lalu dibentuk bulat seperti kelereng.  media tanam ini sering digunakan para praktisi hidroponik. Kelebihan hydroton selain ramah lingkungan adalah sirkulasi media tanam yang baik sehingga akar mudah menyerap unsur hara. Media tanam ini juga akan membuat pot dan tanaman terlihat lebih rapi dan eksotik.

media tanam hydroton untuk anggrek
media tanam hydroton untuk anggrek

Semoga artikel tentang media tanam bunga anggrek di Pot dapat bermanfaat dan membuat anda memiliki banyak pilihan media untuk menanam anggrek kesayangan anda.