Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Ikan Cere Yang Belum Banyak Diketahui

 

manfaat ikan cere

Duniahobiku.com - Ikan cere yang selama ini banyak ditemukan berkeliaran digot dan sering diabaikan ternyata memiliki banyak manfaat. Manfaat ikan cere belum banyak diketahui karena ikan ini dianggap hanya sebagai ikan liar yang tidak memiliki nilai. Pada artikel kali ini kita akan menemukan berbagai fakta menarik tentang  manfaat ikan cere yang dipandang sebelah mata.

Nama lain ikan cere adalah ikan guppy, ikan cetol, ikan seribu, dan ikan suwadakar. Ikan gupy meskipun memiliki satu nenek moyang dengan ikan cere tetapi dalam perkembanganannya keduanya memiliki banyak perbedaan. Ikan cere atau sering disebut ikan cetol memiliki ukuran kecil sekitar 35-60 mm. Ikan cere sanggup bertahan hidup dan berkembangbiak dilingkungan yang memiliki kualitas air kurang baik   Cara memelihara ikan cere terbilang cukup mudah dan bisa dikembangbiakkan oleh seorang pemula sekalipun. Perkembangbiakkan yang sangat cepat membuatnya bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal. Berikut berbagai manfaat ikan cere yang mungkin belum banyak diketahui:

1.           Pembasmi Jentik nyamuk

Tanpa kita sadari ikan ini cukup berjasa untuk mengurangi jumlah jentik nyamuk yang ada digot.  Ikan ini memiliki penyebaran hampir diseluruh nusantara. Jentik nyamuk ini jika dibiarkan akan berkembang menjadi nyamuk yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, chikungunya, dll. Jentik nyamuk menjadi salah satu pakan utama ikan cere diselokan, kolam, akuarium, dan genangan air lainnya. Ikan cere bisa menjadi salah satu solusi termurah mengatasi perkembangbiakan nyamuk. Ikan ini bahkan dinamakan sebagai Mosquittofish karena kemampuannya memakan anakan jentik nyamuk sehingga tidak sempat bermetamorfosis menjadi nyamuk.

jentik nyamuk
gambar jentik nyamuk

2.           Bahan baku pembuatan rempeyek

Ikan cere yang dipelihara secara khusus dikolam ataupun akuarium bisa menjadi salah satu bahan baku alternatif dalam pembuatan rempeyek. Ikan cere bisa menjadi subsitusi pengganti kacang, udang, atau ikan teri. Ikan cere bisa dicampur pada saat pengolahan rempeyek. Rasa daging cere yang cukup gurih bisa menambah kelezatan rempeyek hasil kreasi anda. Ikan cere bisa menjadi alternatif lain mengingat harga ikan teri yang makin lama makin mahal.

rempeyek ikan cere
rempeyek ikan cere

3.      Pakan ternak

Pakan menjadi salah satu biaya rutin yang harus dikeluarkan saat kita menjadi peternak. Mencari alternatif pakan murah dan berkualitas bisa membuat biaya pakan menjadi berkurang dan tentu saja keuntungan yang diperoleh bisa lebih maksimal. Ikan cere bisa diolah menjadi pakan tambahan untuk ternak ayam dan bebek. Bahkan beberapa peternak burung  juga memanfaatkan ikan cere sebagai suplemen tambahan untuk membuat burung makin fit. Hanya dalam waktu 1-3 bulan kita sudah dapat memanen anakan ikan cere sebagai pakan tambahan alternatif. Ikan cere betina bisa hidup selama hampir 2 tahun dibandingkan jantan yang hanya hidup selama 3-4bulan.

pakan ayam dan bebek
pakan ayam dan bebek

4.      Pakan ikan hias dan komsumsi

Beberapa jenis ikan predator seperti piranha, arapaima, Oscar, alligator, ikan louhan, arwana, ikan channa, ikan lele, dan ikan gabus dikenal sebagai ikan karnivora yang memangsa ikan yang lebih kecil/lemah. Ikan cere bisa dimanfaatkan sebagai pakan tambahan berbagai jenis ikan predator maupun ikan komsumsi yang masuk dalam golongan karnivora dan omnivora. Ukurannya yang kecil membuatnya aman untuk dikomsumsi oleh jenis ikan predator yang anda pelihara. Ikan cere yang masih hidup jauh lebih disukai karena dianggap sebagai mangsa oleh ikan predator.

pakan ikan predator
pakan ikan predator

5.      Pakan kucing dan anjing

Kucing dan anjing merupakan 2 hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Kucing dan anjing juga merupakan hewan karnivora yang lebih menyukai makanan berbahan baku daging. Ikan cere bisa dimanfaatkan sebagai pakan tambahan dengan mencampurkannya ke pakan kucing dan anjing, tetapi sebaiknya jangan mengambilnya dari selokan melainkan ikan cere yang dirawat dan dipelihara secara khusus dikolam maupun akuarium. Daging ikan cere mengandung lemak sebanyak 2-3% dengan asam lemak tak jenuh lebih dari 50%.

pakan anjing dan kucing
pakan anjing dan kucing

Semoga artikel tentang manfaat ikan cere dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang manfaat lain dari ikan cere yang selama ini hanya banyak berkeliaran di got maupun sawah.

 

.