Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Hitam Pembawa Sial Atau Keberuntungan? Ini 5 Fakta Kucing Hitam Yang Belum Anda Tahu!

 kucing hitam pembawa keberuntungan

Duniahobiku.com - Apakah kucing hitam pembawa keberuntungan bagi pemiliknya atau justru sebaliknya? Hitam, penuh misteri dan identik dengan mistis, begitu kepercayaan kucing hitam di benak masyarakat pada umumnya. Bahkan mitos mengatakan bertemu kucing hitam artinya sial.  Setiap negara bahkan punya cerita berbeda tentang kucing hitam. Untuk mengetahui fakta menarik tentang kucing hitam silahkan simak pada artikel dibawah ini.

Di Indonesia kita mungkin pernah mendengar desas desus tentang mayat yang dilangkahi oleh kucing hitam bisa bangkit lagi, Cerita berbeda bisa kita jumpai pada masyarakat Eropa yang percaya bahwa melihat seekor kucing hitam dijalan maka mereka akan sial sepanjang hari, bahkan dinegara maju seperti Jerman dan Italia memiliki kepercayaan bahwa kucing hitam yang melompat ke tempat tidur orang sakit akan menjadi pertanda bahwa orang tersebut akan mengalami kematian. Tetapi versi berbeda akan kita jumpai dibelahan bumi yang lain seperti di Skotlandia dimana kucing hitam yang datang kerumah bisa dianggap pertanda kemakmuran bagi pemilik rumah, begitu pula bangsa Mesir yang menganggap kucing hitam sebagai titisan dewi Bast begitupula kepercayaan masyarakat  Jepang yang menganggap bahwa kucing hitam membawa keberuntungan dan merupakan penjelmaan Rungis atau dewa panen versi bangsa Jepang.

Apakah anda punya kepercayaan yang sama tentang kucing hitam? Mitos hanyalah mitos. Kucing hitam ternyata punya beberapa fakta menarik yang mungkin bisa mengubah kepercayaanmu. Yuk! cek lima fakta berikut ini!

1.       Di beberapa bagian dunia dianggap membawa keberuntungan

Kita tentunya pernah melihat disebuah toko atau mobil ada patung kucing melambai-lambaikan tangan yang konon dipercaya bisa memanggil rejeki. Di beberapa bagian dunia lain, contohnya Inggris, Rusia dan beberapa bagian negara di Asia, kucing hitam memang dianggap membawa keberuntungan. Kembali ke beberapa abad yang lalu, masyarakat Mesir Kuno memercayai bahwa kucing hitam pembawa keberuntungan hingga ditaruh pada kasta tertinggi dan dilarang melukainya. Para pelautnya pun selalu membawa kucing hitam dalam kapalnya.

patung kucing hoki
gambar patung kucing hoki

2.      ‘Berkarat’

Beberapa jenis kucing hitam akan tampak berwarna kemerahan jika di bawah sinar matahari terlalu lama. Tapi, itu hanya sementara. Warna hitam akan kembali pekat setelah tingkat melanin kembali normal.

kucing hitam berjemur
gambar kucing hitam berjemur

3.      Hanya beberapa jenis kucing yang dinyatakan ‘hitam murni’

Ada banyak jenis kucing hitam, tapi berdasarkan Cat Fancier Association jenis kucing yang warnanya benar-benar murni hitam jumlahnya terbatas terkait dengan gen yang diturunkan. Kucing yang kedua induknya membawa gen hitam murni, akan membawa pula gen yang sama sehingga berwarna hitam murni. Tapi, jika salah satu induknya ada yang membawa gen warna lain yang resesif, misalnya merah, maka anaknya kemungkinan membawa gen warna tersebut. Tampilan anaknya memang hitam tapi tak murni. Itu mungkin penjelasan kenapa beberapa kucing hitam di bawah sinar matahari akan tampak hitam kemerahan  atau ‘berkarat’.

kucing hitam murni
gambar kucing hitam murni

4.      Kucing hitam juga bisa beruban

Seperti manusia, kucing juga bisa beruban. Hanya saja  jika terjadi pada kucing hitam, bulu yang berubah menjadi putih akan lebih terlihat karena bulu hitam yang mendominasi tubuhnya.

kucing hitam beruban
gambar kucing hitam beruban

5.      Kucing hitam hasil rekayasa genetik

Banyak kucing hitam yang dihasilkan mutasi genetik secara alami. Tapi Kucing Bombay adalah kucing hitam hasil penangkaran bertahun-tahun dan melalui rekayasa genetik. Kucing dengan warna hitam legam yang disebut dengan hitam ‘Macan Kumbang’ ini punya tubuh yang ramping dan warna mata kuning yang memukau.

kucing bombay
gambar kucing bombay

Semoga artikel diatas dapat membuat kita mengambil kesimpulan apakah kucing hitam pembawa keberuntungan atau kucing hitam pembawa sial? Atau mungkin anda tidak ada dikeduanya dan hanya menganggap bahwa kucing hitam hanyalah kucing biasa yang menonjol karena warna hitamnya yang eksotik.