Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kegunaan Paranet Untuk Tanaman Agar Hasil Kebun Lebih Maksimal

kegunaan paranet untuk tanaman

Duniahobiku.com - Apa Kegunaan paranet untuk tanaman? Paranet tentunya tidak asing bagi para petani modern karena jaring hitam ini bisa mengurangi intensitas matahari yang sangat terik yang bisa merusak daun tanaman. Paranet sangat dibutuhkan terutama untuk jenis tanaman yang membutuhkan naungan seperti Aglaonema, Anthurium, Philodendron, Suplir,  Mawar, Strawberry, dll.  Kegunaan paranet bukan hanya untuk mengurangi intansitas matahari tetapi juga memiliki fungsi lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada artikel selengkapnya .

Mungkin bagi orang awam paranet cuma dianggap sebagai peneduh semata padahal paranet sendiri mempunyai fungsi yang beragam sehingga pemakaiannya semakin meluas dan tidak hanya digunakan oleh para petani tetapi untuk keperluan lain seperti rumah tinggal, kolam ikan, bahkan beberapa cafĂ© menggunakannya sebagai pelindung panas dan desain yang unik. Kualitas paranet yang ditawarkan juga berbeda-beda. Paranet standar bisa bertahan selama 2-3 tahun namun paranet berkualitas premium bisa digunakan sekitar 5-10 tahun sesuai kondisi lahan. Untuk ukurannya sendiri bisa dibeli permeter sesuai kebutuhan tetapi jika anda membutuhkan paranet dalam jumlah besar sebaiknya membeli dalam satuan rool/gulung dengan panjang  sekitar 100 meter karena akan jauh lebih ekonomis.

Pengertian Paranet

Paranet adalah jaring yang terbuat dari bahan plastik dan berbentuk seperti anyaman yang memiliki kerapatan yang berbeda-beda yang sering digunakan untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang terlalu tinggi. Paranet sebenarnya merupakan nama merek dagang dari sebuah perusahaan yang paling populer, dipasaran ada beberapa merk lain jaring peneduh seperti agronet, polinet, multinet, dan masih banyak merk dagang lainnya, cuma memang paranet yang paling sering dicari masyarakat.

Fungsi paranet untuk rumah dan untuk tanaman sedikit berbeda, pada artikel ini kita akan fokus membahas fungsi paranet untuk tanaman diantaranya sebagai berikut ;

1.      Penyaring sinar matahari agar tidak merusak tanaman.

Dengan memakai paranet, sinar matahari yang menyinari lahan atau tanaman dapat di atur sesuai kebutuhan. Beberapa jenis tanaman tidak menyukai sinar matahari yang berlebihan. Karena bisa mengakibatkan daun tanaman akan terbakar. Contohnya tanaman anggrek, anggrek biasanya hanya membutuhkan sinar matahari dalam jumlah sedikit, yakni antara 20% sampai 30% saja, jika lebih maka bunga tanaman anggrek akan kering dan kusam. Bukan cuma anggrek tetapi tanaman hias daun terkenal seperti agalaonema, anthurium, philodendron dan sejenisnya juga membutuhkan naungan seperti di habitat aslinya hutan tropis.

penyaring sinar matahari
penyaring sinar matahari

2.      Mengurangi sinar matahari yang masuk

Dengan kerapatan yang beragam, paranet dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kerapatan paranet menunjukan berapa persen sinar matahari yang dapat disaring oleh paranet. Misalnya paranet dengan kerapatan 75%, artinya 75% sinar matahari dapat dikurangi dan  hanya 25% sinar matahari yang sampai ke tanaman. Kita bisa menemukan berbagai kerapatan paranet seperti 30-40%, 60-75 %, dan 75-85%.

mengurangi sinar matahari
mengurangi sinar matahari

3.      Memecah air hujan

Dengan kerapatannya, paranet dapat memecah butiran hujan serta membagi terpaan angin yang berhembus. Butiran hujan yang jatuh dari langit memiliki tekanan tinggi, jika hujan ini langsung mengenai tanaman atau tanah, maka tanah akan terkikis sehingga bisa merusak akar tanaman. Dengan memakai paranet, hujan yang turun akan terpecah menjadi butiran kecil serta menurunkan tekanannya, sehingga aman bagi tanaman maupun lahan.

pemecah air hujan
pemecah air hujan

4.      Mengontrol sirkulasi udara

Meskipun udara dihalangi dengan paranet, namun udara tersebut tetap dapat melewati paranet namun dengan tekanan yang rendah. Itu berarti bahwa paranet dapat mempertahankan sirkulasi udara ke tanaman serta lahan dengan baik. Sehingga suhu serta udara tetap terjaga agar tidak terlalu tinggi/panas.

pengontrol sirkulasi udara
pengontrol sirkulasi udara

5.           Melindungi tanaman dari serangan hama

Paranet mampu melindungi tanaman anda dari serangan hama serta burung. Hama seperti burung, belalang dan jenis hama lainnya akan kesulitan menyerang tanaman Anda. Ini dikarenakan paranet yang memiliki lubang kecil, sehingga hama tersebut kesulitan masuk serta menyerang tanaman Anda.

pelindung serangan hama
pelindung serangan hama

Semoga artikel tentang fungsi paranet bagi tanaman dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang salah satu perlengkapan yang dibutuhkan oleh para petani untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal.