Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat Danau Toba Yang Sarat Dengan Legenda

 danau toba

Duniahobiku.com – Ingin mengenal lebih dekat dengan Danau Toba? Keindahan alam dan legenda Danau Toba membuat banyak orang penasaran untuk datang langsung melihat keunikan daerah yang menjadi andalan wisata provinsi Sumatera. Ditambah dengan reputasinya sebagai danau terbesar di Indonesia makin menambah minat wisatawan baik lokal atau mancanegara datang berkunjung ke Danau Toba.  

Danau Toba bukan hanya dikenal sebagai ikon wisata kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, namun dikenal pula sebagai salah satu identitas budaya khususnya bagi warga suku Batak. Tempat ini memiliki potensi wisata yang luar biasa sehingga pihak Pemerintah dan instansi terkait berusaha memperkenalkankannya ke dunia luar sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Bahkan Presiden RI ke-7 pada akhir 2016 lalu mnengunjungi tempat ini untuk memantau secara langsung pembangunan disekitar kawasan wisata Danau Toba, PT. Angkasa Pura II bahkan secara resmi membuka jalur penerbangan menuju Danau Toba dengan melakukan perbaikan pada Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara untuk mendukung akses wisatawan ke Danau Toba.

Keindahan alam Danau Toba memang menakjubkan, bahkan Pemerintah pernah menggunakan pemandangan cantik Danau Toba pada uang kertas sebagai latar belakang pecahan uang kertas Rp. 1.000 pada tahun 1992. Tentu sudah banyak yang lupa gambarnya, foto tersebut diambil pada daerah Tongging.

Pemandangan Danau Toba dari Bukit Piso Piso Tongging

Pemandangan Danau Toba dari Bukit Piso Piso Tongging

Sejarah Danau Toba

Pernah mendengar tentang asal usul sejarah Danau Toba? Menurut penelitian para ilmuwan Danau Toba terbentuk dari letusan gunung Toba yang terjadi sekitar 69.000 - 77.000 tahun yang lalu dan menghasilkan letusan super (super volcano) yang konon 100 kali lebih besar dari letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815, bahkan mengakibatkan suhu bumi menjadi dingin selama 6 tahun dan debu setebal 15 cm menutupi seluruh Asia Selatan. Gunung Toba seperti raksasa yang sedang tidur karena masih aktif hingga kini.

letusan gunung Toba purba
letusan gunung Toba purba

Letusan super dari Gunung Toba mengakibatkan tanah disekitarnya patah dan merosot membentuk sebuah cekungan yang lambat laun mulai terisi oleh air dan kemudian terbentuklah sebuah danau berukuran besar dengan luas sekitar 1.130 Km2, panjang 100 km dan lebar 30 km dan kini kita kenal dengan nama Danau Toba, luas Danau Toba bahkan lebih besar dari negara Singapore yang hanya seluas 716 km2. Luas Danau Toba menobatkannya menjadi Danau terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Luas Danau Toba bahkan tercatat dalam Guinness World Records sebagai danau terluas di dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi purba. Saking luasnya, letak Danau Toba berada  dalam beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Utara seperti Kabupaten Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Karo dan Dairi.

Legenda Danau Toba

Kecelakaan kapal KM Sinar Bangun di Danau Toba beberapa waktu yang lalu dikaitkan dengan cerita mistis tertangkapnya seekor ikan mas seberat 14 kg oleh seorang nelayan mengingatkan kembali tentang legenda Danau Toba yang terkenal. Menurut cerita turun temurun konon Danau Toba terbentuk dari amarah penjelmaan ikan mas yang menjadi istri pak Toba yang mengingkari janjinya untuk mengungkapkan asal usulnya pada orang lain termasuk anaknya. Kemarahan itu membuat air memenuhi lembah dan menjadi Danau Toba seperti yang kita jumpai saat ini.

ikan mas danau toba
ikan mas danau toba

Cara Menuju ke Danau Toba

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Danau Toba dapat langsung terbang menuju Bandara Kualanamu, Medan. Setibanya anda di Bandara Kualanamu, anda dapat langsung menuju Kota Medan dengan menggunakan beberapa opsi sebagai berikut,

I.  Menggunakan Kereta Api khusus Airport Railink Service (ARS)

Masih dalam satu lokasi Bandara, anda dapat berjalan sekitar 5 menit  untuk naik Kereta Api ARS. Perihal biaya tiket Kereta Api ARS terbaru sekitar Rp. 100.000/orang/sekali jalan, kemudian jika untuk reservasi tiket anda dapat mengunjungi situs www(dot)kualanamu-airport(dot)co (dot)id. Kemudian nantinya kereta ini akan berhenti di Stasiun Besar Medan-City Railink Station, setelah itu anda dapat menggunakan Becak Motor (Bentor) dengan tarif sekitar Rp. 25.000 - Rp. 30.000 untuk menuju lokasi hotel di Medan yang telah anda reservasi sebelumnya.

kereta api khusus ARS
kereta api khusus ARS

II. Menggunakan Taxi

Jika ingin menggunakan mode taxi dari Bandara Kualanamu menuju Medan, anda dapat menggunakan jasa taxi bandara dengan biaya sekitar Rp. 160.000.

taxi bandara kualanamu
taxi bandara kualanamu

III. Menggunakan Bus

Bila anda memilih opsi menggunakan mode transportasi umum seperti Bus, anda dapat langsung naik di bandara dengan biaya sekitar Rp. 20.000-55.000/orang untuk menuju Medan sesuai jenis bus yang ditumpangi.

Bus bandara kualanamu
Bus bandara kualanamu

Kemudian dikarenakan jaraknya terpaut cukup jauh dari pusat Kota Medan ke Danau Toba Parapat yakni sekitar 183 km dengan waktu sekitar 4 jam 50 menit maka sebaiknya anda beristirahat terlebih dahulu di Kota Medan dengan mencari penginapan di Medan. Keesokan harinya, anda dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi seperti sewa mobil, angkutan umum atau menggunakan mobil travel untuk menuju sebuah kota kecil di sekitar danau bernama Kota Parapat. Jika anda ingin menggunakan mode transportasi umum, anda dapat langsung menuju Terminal Amplas, Medan untuk menuju Parapat. Kemudian bila anda ingin menyewa mobil pribadi, anda dapat mengikuti jalan dari Medan ke Parapat dengan rute Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat.

Mengapa harus ke Parapat? Pasalnya ini merupakan sebuah tempat transit bagi para wisatawan yang ingin menyeberang ke wisata Pulau Samosir. Selain itu ada beberapa tempat wisata di Parapat yang wajib dikunjungi, salah satunya yakni sebuah rumah di sebelah utara yang pada waktu dahulu pernah ditempati oleh Presiden RI ke-1 sebagai lokasi pengasingan. Setelah puas berkeliling, anda dapat langsung menuju Pelabuhan Ajibata, Parapat untuk menggunakan Kapal Ferry KMP Tao Toba II dengan jadwal penyeberangan ke Danau Toba yang terbagi dalam 5 kali perjalanan dengan tujuan Pelabuhan Tomok, Pulau Samosir. Berikut jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata-Pelabuhan Tomok atau sebaliknya,

Dari Pelabuhan Ajibata-Pelabuhan Tomok

08.30 tiba 09.30

11.30 tiba 12.30

14.30 tiba 15.30

17.45 tiba 18.45

21.00 tiba 22.00

Dari Pelabuhan Tomok-Pelabuhan Ajibata

07.00 tiba 08.00

10.00 tiba 11.00

13.00 tiba 14.00

16.00 tiba 17.00

19.30 tiba 20.30

Kapal Ferry KMP Tao Toba II

Kapal Ferry KMP Tao Toba II

Perihal biaya tiket Ferry KMP Tao Toba II sekitar Rp. 8.000/orang. Bila anda datang menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat membawa juga kendaraan tersebut menyeberang ke wisata Samosir dengan biaya sekitar Rp. 115.000 untuk mobil pribadi, untuk kapasitas 1 kapal ferry dapat mengangkut 28 unit kendaraan jenis mobil pribadi. Namun jika anda ingin opsi lainnya, anda dapat ikut pada kapal wisata dengan biaya sekitar Rp. 25.000/orang dengan rute Pelabuhan Ajibata-Batu Gantung-Pelabuhan Tomok. Kemudian jika ingin lebih private, anda dapat juga menyewa jasa perahu speedboat dengan biaya sekitar Rp. 500.000/kapal. Jika anda menyewa kapal maka sempatkan berkunjung ke sebuah air terjun unik yang langsung jatuh ke danau, oleh warga sekitar dinamakan Air Terjun Situmurun.

*Jika anda berkunjung dengan sebelumnya datang dari Medan ke Parapat menggunakan mode transportasi umum, maka anda diharuskan menyewa motor disekitar Tomok dengan biaya sekitar Rp. 80.000/hari.

Banyak kegiatan seru yang dapat anda lakukan selain dapat berwisata dan menikmati keindahan Danau Toba Samosir, anda pun dapat menambah wawasan terkait sejarah Suku Batak beserta kebudayaannya. Dimana sebagai destinasi awal kita bisa mengunjungi tempat wisata di Pulau Samosir berikut ini:

Makam Raja Sidabutar, sebuah kuburan batu milik Sang Penguasa daerah Tomok sekitar 500 tahun lalu yang terletak tak jauh dari Pelabuhan Tomok.

makam raja sidabutar
makam raja sidabutar

Patung Sigale-gale, sebuah permainan berupa patung di Desa Tomok yang menyerupai manusia yang dapat digerakkan sehingga seperti sedang menari batak dan diiringi oleh musik khas Batak pula. Dimana untuk menyaksikan pertunjukan patung ini, anda akan dikenakan biaya paket sebesar 50 ribu rupiah 

patung sigale-gale
patung sigale-gale

Mie Gomak, merasakan kuliner khas Batak berupa mie yang menyerupai spaghetti yang terbuat dari mie lidi yang diberi kuah santan. Untuk menikmati Mie Gomak anda hanya akan dikenakan Rp. 15.000/porsi, selain itu jangan lupa mencoba kopi Medan yang terkenal sebagai penutupnya.

mie gomak
mie gomak

Pantai Pasir Putih Parbaba, sebuah pesisir danau yang memiliki pasir halus layaknya sebuah pantai yang terletak di Desa Hula Bolo, Samosir.

Pantai Ambarita, terletak tak jauh dari Pasir Putih dimana suasananya hampir serupa. Namun di Ambarita suasana lebih tenang sehingga cocok untuk lokasi permandian dan aktivitas memancing.

pantai pasir putih parbaba
pantai pasir putih parbaba

Danau Aek Natonang, merupakan sebuah danau yang terletak di Pulau Samosir. Oleh sebab itu banyak orang mengatakan bahwa inilah danau diatas danau.

Danau Aek Natonang
Danau Aek Natonang

Batu Marhosa, sebuah lokasi yang memiliki lubang dan mengeluarkan udara layaknya sedang bernafas. Oleh sebab itu banyak orang yang menyebutnya sebagai batu bernafas.

batu Marhosa
batu Marhosa

Goa Marlakkop, terletak di Desa Tanjung, Samosir merupakan salah satu wisata alam yang cukup populer bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke Samosir.

Permandian air panas Pangururan, terdapat sebuah pemandian air panas yang terletak di Pangururan dan berlokasi di perbukitan kapur.

permandian air panas pangururan
permandian air panas pangururan

Mungkin anda sering mendengar tentang pulau Samosir? Pulau samosir merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Danau Toba yang tercipta oleh tekanan magma dari bawah ke atas namun magma tersebut belum sampai keluar dari permukaan tanah. Luas Pulau Samosir tercatat cukup besar dengan luas sekitar 630 km2.

Setelah puas berkeliling di Tomok, anda dapat melanjutkan perjalanan untuk berpetualang di Samosir dengan berkunjung ke beberapa desa lainnya seperti Tuktuk Danau Toba. Desa Tuktuk Siadong-Adong yang terletak di daerah Bukit Beta, terdapat banyak penginapan berupa hotel di Tuktuk Samosir ataupun cottage hingga guesthouse yang dapat anda gunakan untuk bermalam, harga  berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 7.000.000/malam tergantung fasilitas dan tipe kamar. Jika berada di Tuktuk, sempatkan pula membeli oleh-oleh  Roti Samuel. Setelah itu, anda juga dapat berkunjung ke di Situngkir, Pangururan, Samosir.

Suasana Hotel Pulau Samosir di Tuktuk

Suasana Hotel Pulau Samosir di Tuktuk

Sebenarnya disekitar daratan utama pesisir danau pun memiliki beberapa tempat wisata di Danau Toba yang wajib dikunjung seperti berikut ini,

Pulau Sibandang

Desa Tongging

Air Terjun Piso Piso

Pantai Lumban Silintong Balige

Pusuk Buhit

Setelah mengunjungi tempat-tempat diatas anda juga dapat berkunjung ke salah satu danau terindah di Sumatera seperti Danau Maninjau.

*Tips

Sebaiknya pesan tiket untuk penerbangan pagi sehingga anda tidak terlalu merasa lelah, anda pun dapat langsung menuju Parapat dan bermalam disana. Ada banyak tersedia hotel di Danau Toba Parapat.

Tawarlah Bentor agar anda mendapatkan harga terbaik.

Bagi anda yang ingin bermalam di Parapat, anda dapat mencari penginapan disekitar Jl. Si Pora Pora.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan kita bisa mengenal lebih dekat mengenal Danau Toba dan potensi alamnya yang luar biasa yang sayang untuk dilewatkan.