Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Hewan Mamalia Yang Ada di Dunia

 contoh hewan mamalia

Duniahobiku.com –  apakah anjing dan kucing termasuk hewan mamalia ? mungkin anda akan berpikir sebelum menjawabnya. Jika menjawabnya anda pun ragu apakah jawaban itu benar atau salah.  Kucing dan anjing memang masuk dalam kategori hewan mamalia. Apa saja contoh hewan mamalia dan bagaimana ciri-cirinya ? Silahkan simak pada artikel selengkapnya

Pengertian Hewan mamalia

Hewan mamalia adalah hewan yang yang memiliki kelenjar susu. Kata mamma berasal dari bahasa latin yang artinya kelenjar susu atau puting.  Kata ini diperkenalkan oleh seorang dokter sekaligus ahli biologi bernama Caralous linnaeus.  Beliau terkenal sebagai bapak taksonomi modern  yang paling berjasa meletakkan dasar tata nama biologi.  Hewan mamalia adalah hewan yang menyusui anak-anaknya agar bisa tumbuh dan berkembang biak. Tidak semua hewan memiliki kelenjar susu. Ada beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara lain. Contoh hewan yang tidak memiliki kelenjar susu adalah ayam, bebek, dll.

Ciri-ciri Hewan Mamalia

Setiap hewan memiliki ciri khas masing-masing.  Kuda zebra yang sekilas terlihat mirip pun masih memiliki tanda-tanda khas yang membuatnya bisa dibedakan dengan zebra lainnya, begitupun dengan hewan mamalia.  Berikut ciri-ciri hewan mamalia agar kita bisa dengan mudah mengidetifikasinya, antara lain :

  • Memiliki Kelenjar susu
  • Memiliki tulang belakang 
  • Memiliki bulu/rambut yang menutupi seluruh tubuhnya
  • Bernapas menggunakan organ paru-paru
  • Berkembang biak dengan cara melahirkan
  • Lebih banyak tinggal di daratan
  • Memiliki sistem organ Yang Lengkap
  • perkembangan Otak sempurna
  • memiliki gigi yang lengkap baik itu gigi taring, gigi seri dan gigi geraham.
  • Memiliki anggota tubuh yang lengkap untuk mencari makan, berlari atau memegang sesuatu.

Jenis dan Contoh Hewan Mamalia

Setelah kita mengetahui apa dimaksud dengan hewan mamalia dan ciri-cirinya, kita bisa dengan mudah mengenali termasuk dalam kelompok manakah hewan yang ada di sekitar kita. Berikut beberapa contoh  hewan mamalia yang ada di dunia :

1.      Paus

Kita sering menyebut ikan ini ini dengan sebutan ikan paus. Sebutan tersebut kurang tepat karena paus termassuk hewan mamalia yang bernapas dengan paru-paru dan berkembang biak dengan cara melahirkan seperti hewan mamalia lainnya. paus biru adalah mamalia laut terbesar yang dapat mencapai bobot hingga 130-180 ton.

ikan paus
gambar ikan paus

2.      Kucing

kucing adalah hewan mamalia berkaki empat yang paling mudah kita jumpai di sekitar kita. Kucing memiliki ciri pada hewan mamalia yaitu melahirkan dan menyusui anaknya . Kita dapat mengoleksi berbagai jenis kucing yang ada di dunia sebagai binatang peliharaan dirumah. Karakternya yang jinak dan memiliki bulu yang lembut menjadi salah satu alasan orang memeliharanya.

kucing menyusui
gambar kucing menyusui

3.      Kuda

Apakah kuda termasuk hewan mamalia? Kuda termasuk dalam kelompok hewan mamalia. Beberapa ciri kelompok hewan mamalia adalah melahirkan dan memiliki bulu. hewan ini dapat berlari sangat kencang dan dapat berlari hingga puluhan km sehingga sering dijadikan alat tansportasi dan kendaraan perang di masa lampau. Kuda termasuk hewan multifungsi dan historis. 

kuda sedang menyusui
gambar  kuda sedang menyusui

4.      Anjing

Anjing juga termasuk dalam golongan hewan mamalia karena menyusui anaknya, anjing sendiri merupakan hewan yang sudah menjadi sahabat manusia sejak ratusan tahun yang lalu hingga saat inipun anjing masih tetap menjadi sahabat manusia yang paling banyak dipelihara di dunia.

anjing menyusui
gambar anjing menyusui

5.      Monyet

Monyet termasuk dalam contoh mamalia. monyet berkembang dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Monyet juga termsuk hewan bertulang belakang (vertebrata).  Ciri-ciri hewan mamalia bisa kita temukan pada monyet. Monyet dan kera termasuk hewan yang memiliki tingkat paling tinggi dalam penggolongan mamalia.

monyet sedang menyusui
gambar monyet sedang menyusui

6.      Kangguru

Kangguru yang merupakan hewan endemik autralia adalah hewan mamalia yang paling unik dimana selain menyusui anaknya kanguru juga memiliki sebuah kantung dibagian perutnya yang digunakan untuk tempat perlindungan untuk anaknya.

anak kangguru
gambar anak kangguru

7.      Panda

Hewan  ini merupakan ikon negara tirai bambu dengan ciri khas warna bulu hitam dan putih. Panda berkembang biak dengan cara melahirkan sehingga bisa digolongkan dalam hewan mamalia. Pada saat lahir anak panda berukuran sangat kecil, beratnya saja hanya sekitar 100 gram. Ukuran ini sangat berbanding terbalik dengan induknya yang bisa mencapai 70-120 kg.

anak panda
gambar anak panda 

8.      Orangutan

Orang utan merupakan hewan mamalia yang habitat aslinya berada di Indonesia. orang utan saat ini dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah karena populasi hewan ini semakin sedikit akibat pembantaian dan juga perburuan liar yang dilakukan oleh warga. Alih fungsi lahan menjadi lahan kelapa sawit makin memperburuk habitat aslinya di Pulau Borneo dan Sumatera.

orangutan
gambar orangutan

9.      Kuda nil

Kuda nil merupakan hewan mamalia yang banyak menghabiskan waktunya di dalam air. Hewan ini merupakan mamalia darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak.  Kuda nil berkembang biak dengan cara melahirkan. masa kehamilan kuda nil  berlangsung selama 9 bulan. Meskipun terlihat tenang tapi kuda nil jauh lebih berbahaya dibandingkan buaya. setiap tahunnya kuda nil nil bisa membunuh sekitar 500 orang di Afrika. Kasus ini jauh lebih banyak dibandingkan serangan buaya terhadap manusia di Afrika.

kuda nil
gambar kuda nil

10.  Kelinci

Kelinci termasuk dalam kelompok hewan mamalia karena berkembang biak dengan cara beranak atau vivipar. Kelinci juga menyusi anak-anaknya yang baru lahir hingga beberapa bulan. Kelinci  merupakan hewan pengerat yang paling banyak disukai oleh anak-anak maupun remaja.

anak kelinci
gambar anak kelinci

Semoga 10 Contoh Hewan Mamalia diatas dapat bermanfaat. Setelah anda mengenal cici-ciri hewan mamalia dan contoh diatas tentunya anda akan mudah menemukan hewan mamalia lainnya.