Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bau Walang Sangit

Cara Menghilangkan Bau Walang Sangit

Duniahobiku.com – Apakah anda sedang berselancar di dunia maya mencari cara menghilangkan bau walang sangit ? cairan walang sangit yang menyengat sebenarnya tidak berbahaya cuma baunya saja yang membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi jika bau tersebut terkena tangan atau bagian tubuh lainnya, namun dalam beberapa kasus terutama untuk kulit sensitive bisa mengakibatkan gatal dan bentol-bentol di permukaan kulit, bengkak, melepuh dan gangguan kulit lainnya.

walang sangit memiliki nama latin Leptocorisa orotorius dan masuk dalam ordo Hemiptera (bangsa kepik sejati). Ada banyak nama yang sering disematkan pada hewan ini. Orang sunda menyebutnya dengan kungkang dan ditanah sumatera penduduk menyebutnya dengan pianggang lalu dipulau Madura hewan ini disebut tenang. Walang sangit adalah serangga yang  menjadi salah satu musuh para petani padi karena sering menghisap cairan pada tanaman padi sehingga bisa menurunkan hasil panen. Jika serangan masih dalam intensitas ringan maka gagal panen bisa mencapai 10-40 % dari total panen tetapi jika serangan dengan intensitas tinggi maka bisa mengakibatkan gagal panen hingga 100%.

telur walang sangit
telur walang sangit

Jika merasa terancam maka walang sangit melindungi diri dengan cara menyemprotkan cairan yang memiliki bau menyengat, teknik ini banyak diterapkan pada beberapa hewan didunia seperti sigung dan anggota Alydidae. Berikut beberapa cara menghilangkan bau walang sangit yang bisa anda terapkan saat terkena cairan dari serangga ini :

1.      Cuci tangan dan bagian tubuh dengan sabun

Gunakan sabun yang memiliki aroma wangi dan cucui bagian tubuh yang terkena cairan dari walang sangit secara berulang dan merata hingga bau yang tertinggal hilang, sebaiknya lakukan pada air yang mengalir.

cuci tangan dengan sabun
cuci tangan dengan sabun

2.    Gunakan Minyak Angin

Selain mencuci tangan anda juga dapat menggunakan minyak angin untuk menghilangkan bau walang sangit atau anda dapat menggunakan parfum untuk menghilangkan bau menyengat pada walang sangit.

gambar minyak angin
gambar minyak angin

Untuk menghindari walang sangit masuk kedalam rumah pastikan pada saat malam hari anda menutup jendela dan pintu dengan rapat agar walang sangit tidak masuk kerumah anda sehingga tidak akan mengganggu aktivitas keluarga anda di rumah.

Semoga artikel tentang Cara Menghilangkan Bau Walang Sangit dapat bermanfaat, serangga ini umumnya ditemukan pada daerah persawahan dan didaerah perkotaan sudah jarang dijumpai.