Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk Dari Batang Pohon Pisang Dengan Mudah

 cara membuat pupuk dari batang pohon pisang

Duniahobiku.com - Batang pisang yang sudah berbuah sering dibiarkan atau ditebang karena tidak bisa menghasilkan buah lagi, padahal kita bisa memanfaatkannya. Kita cuma perlu belajar cara membuat pupuk dari batang pohon pisang, apalagi cara pembuatannya tergolong mudah. Pupuk organik cair dari batang pisang memiliki kandungan nitrogen yang cukup tinggi sehingga bisa menyuburkan tanah yang menjadi sumber makanan tanaman di sekitarnya.

Kandungan Kimiawi Batang Pisang

Pohon pisang merupakan salah satu jenis tanaman buah yang bisa dengan mudah kita temukan diberbagai pasar modern maupun tradisional, harganya pun terbilang lebih murah dibandingkan buah-buahan impor. Hampir semua bagian pohon pisang bisa dimanfaatkan bukan hanya buahnya dan daunnya tetapi batang pisang pun bisa diolah kembali menjadi pupuk. Berdasarkan beberapa hasil riset tentang gedebog (batang pisang) menunjukkan bahwa pupuk yang terbuat dari batang pisang (gedebog pisang) mempunyai beberapa kandungan  kimiawi seperti  Tannin , Saponin, flavonoid, Ca (kalsium), P (phospat), K (kalium) dan sejumlah unsur hara mikro yang bisa menyuburkan tanah.

Pemanfaatan Gedebog Pisang Sebagai Pengganti Urea

Pemanfaatan gedebog pisang biasanya dicampur dengan tumbuhan lain sebagai alternatif pengganti pupuk urea, tanaman yang sering jadikan campuran pembuatan pupuk adalah rebung bambu. Berdasarkan penelitian dan uji coba pembuatan MOL (mikroorganisme lokal) telah di ketahui REBUNG mempunyai kandungan zat pertumbuhan yang bagus. Rebung bambu memiliki kecepatan pertumbuhan 30 cm hingga 120 cm dalam 24 jam.

Bahan-Bahan Pembuatan Pupuk Cair Organik Batang Pisang

1. 1 kg btg pisang, pilih yang bagian dalamnya berwarna putih, dan sudah tidak ada lapisan pelepahnya lagi.

2. 200 gr gula pasir, (bisa diganti dengan gula aren)

3. 3 liter air tanah

4. Tong atau ember yang mempunyai tutup

5. Karung bekas

Cara Membuat Pupuk Organik Batang Pisang

1.      Cacah batang pisang lebih kecil

Cincang/cacah bagian dalam batang pisang menjadi potongan kecil-kecil-kecil. Masukkan dalam wadah karung bekas. Semakin kecil hasil cincangan maka semakin baik hasil pupuk organik yang  bisa diperoleh.

proses pemotongan batang pisang
proses pemotongan batang pisang

2.      Campur air gula dan hasil cincangan batang pisang

Campur air dengan gula dalam ember atau tong hingga larut sempurna. Masukkan karung berisi cacahan batang pisang ke dalamnya, sampai karung tenggelam, Jika mengambang anda bisa memberikan batu atau benda berat lainnya untuk menindis karung tersebut. Tutup rapat tong/ember tersebut. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

masukkan hasil cacahan ke dalam karung
masukkan hasil cacahan ke dalam karung

3.      Endapkan pupuk selama beberapa hari

Biarkan pupuk sekitar 7-10 hari. Jangan lupa untuk membuka tongnya sekali sehari untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan-bahan pupuk tersebut, dengan cara mengaduknya. Setelah itu tutup kembali dengan rapat.

proses pematangan pupuk
proses pematangan pupuk

4. Pupuk siap digunakan

Dalam waktu 7-10 hari, pupuk cair sudah akan siap digunakan. Tanda-tanda pupuk cair organik berhasil adalah adanya bau seperti aroma tape. Bila bau busuk yang tercium (seperti bau got), berarti proses pembuatan pupuk cair organik gagal, dan cairan tersebut harus dibuang.

5. Pemisahan cairan dan kompos

Angkat karung yang berisi cacahan batang pisang. Bekas cacahan batang pisang bisa digunakan sebagai kompos. Sedangkan air yang dalam ember/tong itulah yang menjadi pupuk organik cair organik.

» Pemakaian larutan pupuk cair organik batang pisang ini adalah dengan mencampurnya dengan air tanah/sumur. Perbandingannya 1:15, artinya satu bagian pupuk cair organik dilarutkan dengan 15 bagian air tanah.

» Gunakan pupuk cair organik batang pisang ini dua kali dalam seminggu. Siramkan di tanah sekitar tanaman.

pemberian pupuk cair organik
pemberian pupuk cair organik

Catatan:

Untuk menghemat waktu, gunakan takaran gula sebanyak 1 kg, sehingga komponen bahan lainnya pun dikalikan 5, yakni, 5 kg batang pisang dan 15 liter air tanah.

Semoga artikel tentang Cara Membuat Pupuk Dari Batang Pohon Pisang dapat bermanfaat. Memanfaatkan limbah disekitar kebun untuk dijadikan pupuk baik cair maupun kompos bisa menjadikan tanah menjadi lebih subur secara alami dan menumbuhkan mikroorganisme seperti cacing dan kawan-kawannya sebagai pengurai tanah.