Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Langkah Beternak Cacing Sutra Sebagai Pakan Ikan Gratis

Beternak Cacing Sutra

Duniahobiku.com - Beternak cacing sutra bisa menjadi solusi untuk memperoleh pakan ikan secara gratis sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran pakan. Anda pun tidak perlu repot mencarinya disungai-sungai karena telah tersedia secara mandiri. Selain itu jika hasil panen berlebihan maka anda dapat menjualnya kepada para peternak ikan yang menjadi konsumen utama cacing sutera dan hal ini tentu saja bisa menambah penghasilan. Untuk mengenal cacing sutera dan cara budidaya cacing sutera yang baik silahkan simak penjelasan selengkapnya.

Cacing Sutra

Cacing sutra memiliki nama latin Tubifex sp. cacing ini bisa kita jumpai pada daerah aliran air yang tercemar seperti sungai dan selokan. Untuk mendapatkan atau mencari cacing sutra kita cukup mencarinya di selokan atau sungai yang memiliki dasar lumpur karena cacing sutra hidup di dalam lumpur. Cacing tubifex bisa berfungsi sebagai indikator pencemaran air, jika pada suatu daerah perairan memiliki pencemaran bahan organik yang tinggi maka populasi tubifex bisa tumbuh subur karena mendapatkan suplai makanan yang cukup. Inilah salah satu alasan mengapa kita sebaiknya membudidayakannya sendiri. Cacing sutra yang diambil dari daerah yang tercemar bisa membawa bibit penyakit (carrier) yang bisa membahayakan kesehatan ikan yang dibudidayakan berbeda dengan budidaya cacing sutra dimana kita bisa mengatur dan mengontrol habitatnya.

cacing sutra di alam
cacing sutra di alam

Cacing sutra memiliki tubuh dengan warna dominan kemerah-merahan dan memiliki panjang sekitar 1-2 cm denga tekstur ramping dan halus. Cacing ini hidup pada lingkungan suhu antara 12-170 C dengan tingkat pH antara 6.0 hingga 8.0 dan memiliki daya hidup yang cukup tinggi. Kandungan protein hingga 57% dan lemak 13% membuatnya banyak dicari para peternak ikan baik hias maupun komsumsi karena dapat membuat pertumbuhan ikan semakin optimal.

cacing sutra
gambar cacing sutra

Cara Beternak Cacing Sutra

Proses budidaya cacing sutera tergolong cukup mudah, yang perlu kita lakukan adalah memanipulasi lingkungan agar sesuai dengan habitat aslinya di alam. Kita bisa membudidayakan cacing sutera dengan menggunakan berbagai media baik itu kolam tanah, kolam beton, baki plastik, kolam terpal dan media lainnya.  Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk beternak cacing sutra ;

1. Hal pertama yang anda lakukan untuk memulai beternak cacing sutra adalah menyiapkan media atau tempat bagi cacing sutra untuk berkembang biak, anda dapat membuat kolam dengan ukuran sesuai dengan luas lahan yang tersedia, atau bisa saja anda menggunakan kolam bekas sebagai media buat cacing sutra untuk berkembang biak namun jangan lupa di dalam kolam anda harus meletakkan lumpur dengan ketinggian sekitar 2-3 cm sebagai tempat bagai cacing sutra untuk hidup dan berkembang biak. Budidaya cacing sutra modern biasanya menggunakan nampan plastik yang disusun pada sebuah rak kemudian dialiri air melalui pipa.

media cacing sutra
media cacing sutra

2. Setelah hal pertama anda lakukan hal berikutnya adalah mencari bibit cacing sutra. Anda dapat mencarinya di sungai atau selokan yang tercemar bahan organik, jika ingin lebih praktis anda bisa membeli bibit di sentra budidaya cacing sutra yang ada dikota anda. Saat  mengambilnya dialam kita perlu melakukannya secara  hati-hati dan lembut agar cacing sutra tidak terluka dan mati, tips dalam mengambil cacing sutra adalah dengan cara mengerok lumpur beserta cacing agar cacing sutra tidak terluka. Setelah itu tebarkan cacing sutra di kolam yang telah kita siapkan tadi secara merata.

bibit cacing sutra
bibit cacing sutra

3. Setelah proses penebaran bibit cacing sutra selesai anda dapat mengaliri air di kolam dengan debit air 2 liter/jam anda dapat mengaturnya dengan menggunakan pipa agar lebih mudah karena cacing sutra menyukai habitat dimana air mengalir pelan namun berkelanjutan sebagai sumber oksigen terlarut.

air dikolam budidaya cacing sutra
air dikolam budidaya cacing sutra

4. Pakan cacing sutra bisa di dapatkan dengan mengunakan kotoran ayam di campur dengan ampas tahu dan di aduk secara merata kemudian kita tutup dengan terpal atau pelastik agar kotoran dan ampas melalui tahap fermentasi setelah 24 jam kita dapat menebarkan makanan ini di kolam berisi cacing sutra tadi namun pada saat menebarkan makanan anda harus memastikan air di dalam kolam tidak mengalir agar makanan tidak terbuang dengan sia-sia setelah penebaran makanan di lakukan secara merata tungki sekitar 1 jam agar makanan mengendap di dalam lumpur setelah itu anda dapat menjalankan pipa agar air kembali mengalir. Dalam memberi makan cacing sutra pastikan anda melakukannya secara teratur setiap harinya agar cacing sutra sehat dan dapat berkembangbiak dengan baik di dalam kolam. Anda pun bisa memberinya sayuran berupa potongan sawi, bayam, dll.

pakan cacing sutra
pakan cacing sutra

5. Setelah menunggu sekitar 60-75 hari kita sudah dapat memanen cacing sutra di dalam kolam, dalam memanen cacing sutra anda dapat menggunakan sekop namun dalam memanen cacing sutra pastikan air tidak mengalir agar lumpur tidak betebaran di sekitar air setelah itu anda dapat menyekop cacing sutra dam memasukkannya ke dalam ember plastik atau media lainnya ingat dalam menyekop atau memanen cacing sutra yang baik adalah ikut dengan lumpurnya pada tahap selanjutnya kita dapat menyortir cacing sutra secara penuh dan tidak ikut dengan lumpur.

cara panen cacing sutra
cara panen cacing sutra

6. Menyortir cacing sutra agar berpisah dengan lumpur yaitu dengan mengisi air di dalam ember kemudian setelah menunggu beberapa jam cacing sutra akan bergerombol di atas permukaan pada saat cacing sutra bergerombol anda dapat mengambil cacing sutra tersebut. Cara lain dan cepat dalam menyortir cacing sutra adalah menggunakan tangan anda sendiri dan mencuci cacing sutra dengan air agar berpisah dengan lumpur namun cara ini tidak di sarankan jika cacing sutra ingin di jual kembali karena dapat membuat cacing sutra terluka dan tidak layak di jual.

panen cacing sutra
panen cacing sutra

7. Penjulan cacing sutra dapat anda lakukan di petshop khusus penjual ikan atau menjual sendiri kepada para pecinta ikan hias sebab cacing sutra banyak di cari sebagai pakan ikan oleh para pecinta ikan hias dan komsumsi.

penjualan cacing sutra
penjualan cacing sutra

Nah itulah 7 langkah beternak cacing sutra sebagai pakan ikan, selain untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan secara mendiri, budidaya cacing sutera dapat menjadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan karena pecinta ikan hias selalu meningkat dari tahun ke tahun