Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Liburan Hemat Ala Backpacker

 tips liburan hemat

Duniahobiku.com - Liburan tiba tetapi dana terbatas, apakah liburan kali ini harus batal atau ditunda? Sebelum memutuskan apakah liburan kali ini harus batal atau ditunda, ada baiknya membaca dulu tips liburan hemat hemat ala Backpacker pada artikel dibawah ini. Siapa tahu setelah membacanya anda bisa mengambil keputusan dengan tepat. Jangan sampai waktu liburan harus lewat begitu saja dan anda harus menunggu tahun depan untuk berwisata.

Liburan seru sekaligus mengunjungi beberapa objek wisata tanpa mengeluarkan banyak biaya, tentulah impian para travelers terutama para backpacker.  Meskipun terdengar mudah tapi sebetulnya cukup sulit bagi backpacker pemula, terutama bagi yang tak biasa melakukannya.

Liburan ala backpacker memang membutuhkan perencanaan lebih matang jika dibandingkan dengan liburan menggunakan jasa travel. seiring tingginya minat berlibur membuka banyak kesempatan para pengusaha travel untuk mengembangkan bisnisnya lebih besar. Terbukti dengan adanya beberapa paket liburan murah dengan harga yang kompetitif. serta bervariatif. Prosesnya pun cukup mudah hanya dengan menyetorkan sejumlah biaya saja pada agent travel tersebut, anda sudah dapat berlibur dengan tenang dan nyaman. Akan tetapi terdapat beberapa kekurangan jika anda menggunakan jasa tersebut, secara otomatis anda akan mengikuti segala ketentuan yang telah dibuat oleh mereka baik secara jadwal hingga susunan acara. Tidak semua orang suka diatur dan merasa kurang bebas, tapi itu merupakan konsekuensi berlibur menggunakan jasa travel.

Lantas bagaimana solusi liburan yang murah dan menyenangkan? Salah satu cara hemat saat berlibur yaitu dengan berwisata ala backpacker. Berikut tips liburan hemat ala backpacker yang bisa anda tiru:

1. Manfaatkan momen tertentu

Jika anda seorang karyawan maka anda harus jeli untuk memanfaatkan setiap momen yang ada. Sebagai contoh dengan pemanfaatan tanggal tertentu atau yang sering kita kenal dengan "tanggal merah". Jika terdapat sebuah tanggal yang berada diantara tanggal merah dengan tanggal libur (Sabtu dan Minggu), maka biasanya tanggal tersebut kita kenal dengan istilah "Hari Kejepit Nasional". Dimana pada momen tersebut anda dapat melakukan perjalanan wisata dengan memanfaatkan waktu sekitar 4 hari. Bagi anda seorang karyawan atau pekerja, anda dapat mengambil jatah cuti kerja untuk menggenapkan hari tersebut. Jika anda seorang pelajar, anda dapat melakukan perjalanan wisata dengan memanfaatkan momen liburan sekolah. Kunci utama dalam pemanfaatan waktu ialah memanfaatkan setiap hari libur yang ada yang sesuai dengan kondisi dan budget yang kita miliki. Manfaatkan liburan anda dengan bijaksana,  jangan sampai ada penyesalan nanti disaat masa tua atau pensiun yang tak kita lakukan sewaktu kita muda dulu, karena waktu tak kan bisa diputar kembali.

manfaatkan waktu libur
manfaatkan waktu libur

2. Sisihkan Sedikit Pendapatan (Menabung)

Ini adalah solusi paling logis untuk menjawab persoalan finansial yang kerap ditemui bagi seorang pelajar ataupun karyawan. Banyak orang yang salah kaprah dengan persepsi atau sudut pandang dalam wisata. Dimana kebanyakan orang pergi berwisata dengan memanfaatkan penghasilan yang ia dapat pada bulan yang sama dengan waktu keberangkatan wisata. Maka apa yang terjadi? Secara umum mereka akan mengeluhkan uangnya habis untuk berlibur dan akhirnya apa yang terjadi? Akan ada masalah baru yang datang setelah pergi liburan, Padahal ini bertentangan dengan fungsi liburan "dimana liburan sebagai salah satu sarana untuk menyegarkan pikiran dan menumbuhkan semangat yang baru".

Oleh sebab itulah, akan lebih bijak jika kita menabung terlebih dahulu dengan menyisihkan sedikit pendapatan selama beberapa waktu. Sehingga begitu kepulangan setelah berlibur, kita masih memiliki uang yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan wajib bulanan.

menabung untuk wisata
menabung untuk wisata

3. Tentukan lokasi yang dituju dan sesuaikan dengan budget

Usahakan agar dapat memperhitungkan besarnya biaya wisata yang dibutuhkan. Kemudian sesuaikan dengan biaya saat berlibur seperti tiket masuk tempat wisata yang dituju, akomodasi, penginapan dan keperluan pribadi selama pergi berlibur. Pastikan semua biaya sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi dan jangan memaksakan diri diluar anggaran yang telah ditetapkan. Hindari kebiasaan berbelanja oleh-oleh yang berlebihan, karena itu adalah salah satu faktor yang membuat budget liburan membengkak.

tentukan lokasi wisata
tentukan lokasi wisata

4. Tentukan tujuan lokasi yang dituju dalam satu jalur

Ini merupakan langkah yang tepat dan kunci utama untuk liburan ala backpacker. Terinspirasi dari banyak orang yang pergi berwisata namun bingung ingin kemana objek wisata akan yang dituju. Ada pula kasus lainnya dimana mereka sudah tahu destinasi wisata yang akan dituju namun tak mengerti dengan jarak dan kondisi jalur yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lainnya, maka apa yang akan terjadi dalam kasus tersebut? Ya, banyak waktu akan terbuang sia-sia dalam perjalanan dan tentu hal tersebut dapat berpengaruh terhadap pengeluaran anda saat berlibur.

Demi menghindari hal tersebut, maka anda dituntut harus mencari informasi detail tentang lokasi tempat wisata yang akan dituju. Perhatikan tentang akses jalan, jarak dari satu tempat ke tempat lainnya dan jarak dari tempat anda menginap. Jika ingin lebih mengefisiensikan waktu liburan yang singkat, anda dapat mengikuti tips backpacker dengan berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang masih dalam satu jalur atau saling berdekatan, sehingga waktu liburan pun tak akan terbuang sia-sia.

lokasi wisata satu jalur
lokasi wisata satu jalur

5. Persiapkan selalu barang yang akan dibutuhkan dengan baik

Bagi anda yang ingin berpergian ke suatu tempat dengan cara backpacker atau travelling, maka anda wajib untuk memperhatikan barang-barang yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan. Sesuaikan barang bawaan dengan lokasi yang dituju dan jangan terlalu banyak (berlebihan), bawalah barang yang benar-benar dibutuhkan, seperti passport, handphone, uang tunai, peta (MAP), dll.  

barang penting saat wisata
barang penting saat wisata

6. Bawalah selalu kartu nama tempat dimana anda menginap

Meskipun kelihatan sederhana banyak orang yang lalai dan cenderung menyepelekan hal ini, padahal ini salah satu  kunci utama untuk berjaga-jaga atas segala kemungkinan resiko selama berpergian baik perorangan atau pun rombongan. Selalu mintalah kartu nama tempat dimana anda menginap, jika anda tersesat atau terpisah dari rombongan, gunakan alamat pada kartu nama tersebut sebagai acuan kembali ke penginapan/hotel tempat anda bermalam.

kartu nama hotel/penginapan
kartu nama hotel/penginapan

7. Gunakan kemampuan tawar menawar harga

Terdengar seperti hal yang konyol atau lucu bukan? Tetapi ini sebetulnya adalah kemampuan yang sangat berharga bilamana anda sedang berlibur. Mengacu pada kebiasaan warga lokal yang cenderung memberikan harga lebih tinggi pada setiap wisatawan. Oleh karena itulah anda harus mahir dalam melakukan tawar menawar harga demi mendapatkan harga terbaik dan juga meminimalis pengeluaran selama berlibur.

tawar menawar harga
tawar menawar harga

8. Usahakan pergi dengan jumlah rombongan

Berlibur tentunya memerlukan berbagai sarana pendukung baik itu transportasi, hotel/penginapan, dll. Oleh sebab itu bila anda datang dengan jumlah rombongan tentu biaya tersebut dapat dibagi rata agar lebih ringan. Inilah salah satu manfaat yang dirasakan jika anda tak berpergian seorang diri apalagi dengan bepergian secara rombongan kita bisa saling menjaga satu sama lain dan tentunya ada teman cerita sepanjang perjalanan.

rombongan wisata
rombongan wisata

9. Carilah penginapan yang memiliki dapur

Meski dalam berwisata ada ungkapan "Jangan terlalu menghabiskan waktu di tempat penginapan". Namun dalam tips backpacker ini lain konteksnya, dimana maksud dan tujuan untuk mencari penginapan yang memiliki dapur ialah agar anda tak perlu membeli makanan diluar atau cafe dan restoran yang sudah pasti mahal harganya. Demi menekan pengeluaran untuk liburan murah, ada baiknya anda dapat memasak untuk keperluan makan, sehingga anda tak terlalu sering membeli makanan diluar. Sebagai contoh dalam satu hari anda dapat memasak setidaknya untuk satu kali makan. Hal ini bisa membantu anda menghemat pengeluaran.

penginapan plus dapur
hotel/penginapan plus dapur

10. Ramah terhadap masyarakat sekitar

Mengingat anda berada di sebuah lingkungan yang cukup asing, ada baiknya kita ramah terhadap masyarakat sekitar. Disadari atau tidak, ada kebiasaan yang dimiliki oleh wisatawan urban yang berasal dari kota-kota besar dimana sering wisatawan tersebut berlebihan dalam berperilaku, sebagai contohnya kerap memamerkan barang-barang elektronik di muka umum (kamera, handphone, laptop hingga barang-barang berharga lainnya). Tak salah memang, namun hal tersebut dapat memancing tindak kejahatan. Ada manfaat lebih jika anda dapat berbaur dengan masyarakat sekitar sebagai contoh anda dapat memperoleh beberapa informasi penting terkait dengan transportasi untuk backpacker, akses jalan, tempat-tempat unik, hingga tempat makan murah di wilayah tersebut.

ramah terhadap warga
ramah terhadap warga

11. Selalu update promo tiket murah pesawat atau kereta

Memang untuk mencari info tiket murah pesawat atau kereta perlu sedikit usaha, pada waktu-waktu tertentu banyak maskapai atau PT KAI sering memberikan potongan harga spesial untuk beberapa tujuan nasional dan biasanya promo tersebut memiliki waktu keberangkatan yang jauh dari tanggal pemesanan tiketnya. Oleh karena itu agar tak menyia nyiakan kesempatan yang ada, akan lebih baik jika anda memesan promo tiket tersebut terlebih dahulu dan barulah kemudian mulai menabung untuk biaya yang dibutuhkan nanti saat berlibur.

mencari tiket murah
mencari tiket murah

12. Mengetahui alternatif transportasi

Terkesan memang kurang efisien jika harus menggunakan mode transportasi umum jika dibandingkan dengan menyewa mobil atau motor. Tapi dalam tips backpacker ini ada baiknya anda mengetahui alternatif transportasi umum lainnya, terlebih jika anda ingin liburan ke negara lain, tentu akan terasa berat untuk menyewa kendaraan mobil atau motor. Sehingga mau tak mau anda harus menggunakan angkutan umum seperti kereta bawah tanah  jika tak ingin menggunakan taxi yang harganya pasti lebih mahal.

alternatif transportasi
alternatif transportasi

Semoga tips liburan hemat ala backpacker diatas dapat bermanfaat dan membuat liburan hemat bersama keluarga atau kerabat dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.