Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Hewan Peliharaan Yang Cocok Di Jadikan Kado Istimewa

10 hewan peliharaan

Duniahobiku.com - Di hari spesial seperti valentine, tahun baru, ulang tahun atau hari spesial lainnya pastinya kita ingin memberikan sesuatu yang istimewa untuk orang yang kita cintai, entah itu anak, pacar, teman, orang tua atau siapa saja yang anda sayang. 10 hewan peliharaan dalam artikel ini bisa menjadi kado alternatif selain kado umum yang itu-itu saja.  Umumnya anak-anak menyukai hewan peliharaan untuk dijadikan teman bermain

Mungkin selama ini kita sering memberikan kado kepada seseorang berupa coklat, bunga, boneka, jam tangan, tas atau mungkin juga berupa uang. Jika anda mengetahui bahwa orang yang cintai menyukai memelihara hewan, mengapa tidak sekalian saja memberikannya hewan peliharaan sebagai kado? Jika kado anda berupa coklat tentunya setelah dimakan tidak ada lagi yang terlihat, begitupun dengan bunga yang hanya bisa bertahan selama beberapa hari kemudian layu. Jika anda memberinya hewan peliharaan maka setiap hari bisa melihat hewan itu dan mengingat “sang pemberi” kado. Beberapa jenis hewan peliharaan bahkan bisa berumur puluhan hingga ratusan tahun. Kado yang awet bukan?.

Mungkin masih banyak yang  bingung harus memberi hewan peliharaan apa kepada orang yang kita sayangi. Artikel ini akan membantu anda memilih beberapa jenis hewan peliharaan yang  cocok untuk di jadikan kado istimewa. Berikut 10 hewan peliharaan yang bisa anda pilih :

1.      Anjing

Hampir semua orang didunia ini menyukai hewan yang satu ini selain bisa menjadi penjaga rumah yang handal, anjing juga bisa menjadi sahabat yang bisa diandalkan dan setia kepada majikannya.

Ada banyak jenis anjing yang bisa anda jadikan hadiah. Baik anjing lokal maupun anjing ras seperti siberian husky, shih tzu, mini pon, golden retriver, atau bulldog. Namun anda harus siap siap merogoh kocek yang dalam sebab harga anjing ras biasanya di atas 1 jutaan bahkan bisa lebih tergantung kualitas anjing tersebut.

gambar anjing
gambar anjing

2.      Hamster

Ukuran hamster yang kecil dan imut membuatnya banyak digemari oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan kandang yang luas. Ada banyak jenis hamster yang tersedia di toko hewan baik Syrian, Campbell, dll sehingga anda bebas memilih hamster yang menurut anda paling cocok di hati, untuk harga hamster sendiri lumayan terjangkau sekitar 20 - 50 ribu rupiah anda sudah bisa memboyongnya kerumah. Menikmati hamster yang berlarian pada roda putar dapat menjadi hiburan tersendiri.

gambar hamster
gambar hamster

3.      Kucing

Bagi anda yang ingin memberikan hadiah buat pasangan anda, mungkin kucing bisa menjadi pilihan anda sebab banyak kaum hawa menyukai hewan manja dan penurut, jenis kucing yang dapat anda berikan dapat berupa kucing Persia, kucing anggora, kucing maine coon dan lain sebagainya. Harga kucing berbeda beda sesuai dengan jenis dan ukurannya, ada yang standar tetapi banyak juga kucing berharga premium hingga puluhan juta rupiah.

gambar kucing
gambar kucing

4.      Kelinci

Kelinci menjadi salah satu jenis hewan yang paling banyak disediakan ditoko hewan (petshop). Reputasinya dari dulu sulit digantikan hewan peliharaan baru yang turut meramaikan bisnis hewan. Bulunya yang lembut dan senang dielus membuat banyak orang yang menyukai hewan ini. Ada banyak jenis-jenis kelinci yang bisa anda pilih sebagai kado mulai kelinci angora, kelinci lokal, kelinci rex, dll yang masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Apapun pilihan kelinci anda semuanya akan terlihat lucu.

gambar kelinci
gambar kelinci

5.      Ikan Hias

Ada banyak jenis ikan hias yang ada didunia sehingga anda akan bingung untuk menentukan pilihan, mulai dari ikan air tawar hingga air laut. Harganya pun sangat bervariasi mulai dari yang termurah seperti molly, ikan pedang  dan ikan kecil lainnya hingga yang termahal seperti arwana. Ikan hias yang umum dipelihara adalah ikan mas koki dan cupang. Khusus ikan cupang sangat direkomendasikan buat para pemula yang baru belajar merawat ikan hias mengingat ikan labirin ini mempunyai daya adaptasi yang tinggi dan tidak mudah mati.

gambar ikan hias
gambar ikan hias

6.      Landak Mini

Beberapa tahun belakangan ini banyak hewan impor meramaikan dunia hobi di Indonesia dengan bentuknya yang unik. Salah satu hewan eksotik tersebut adalah landak mini. Landak ini berbeda dengan landak yang mungkin anda bayangkan dengan postur tubuhnya yang besar dan berduri tajam. Landak mini hanya berukuran kepalan tangan orang dewasa dan bisa digenggam seperti hewan peliharaan pada umumnya. Prospek yang menggiurkan membuat banyak orang mencoba ternak landak mini.

gambar landak mini
gambar landak mini

7.      Kura-kura

Ada dua jenis kura-kura yang umum dipelihara yaitu kura-kura darat dan kura-kura air tawar. Jika anda menginginkan kura-kura kecil sebagai kado maka kura-kura Brazil bisa menjadi pilihan terbaik selain bentuknya yang kecil dan imut harganya pun jauh lebih murah dibandingkan kura-kura darat seperti Aldabraz yang bisa mencapai harga 2,5 milliar atau kura-kura Sulcata yang mencapai jutaan rupiah perekor. Salah satu kelebihan kura-kura sebagai hadiah adalah umurnya yang panjang sehingga bisa kita lihat bahkan sampai anak cucu kita.

gambar kura-kura
gambar kura-kura

8.      Marmut (Guinea Piq)

Marmut bisa menjadi salah satu pilihan hadiah yang tidak kalah menarik dibanding kelinci dan hamster. Cara merawat marmut tergolong mudah apalagi bentuknya tidak sebesar kelinci namun lebih besar dari hamster sehingga kandang yang diperlukan hampir sama dengan kelinci. Daya tahan tubuhnya jauh lebih kuat dibanding kelinci sehingga cocok bagi pemula. Ada banyak jenis marmut yang bisa menjadi pilihan anda. Salah satu keunikan marmut adalah hewan ini bisa mengeluarkan bunyi seperti orang bersiul.

gambar marmut
gambar marmut

9.      Sugar Glider

Salah satu hewan unik lainnya yang bisa anda pertimbangkan adalah sugar glider. Hewan sejenis possum ini berukuran mungil dan saat ini banyak dipelihara karena terlihat unik. Para penggemar sugar glider bahkan memiliki komunitas tersendiri untuk saling sharing cara perawatan dan tips tentang hewan ini. Sugar gilder sering dikira tupai terbang padahal sebenarnya berbeda karena tupai memiliki tubuh yang lebih panjang dibandingkan sugar glider.

gambar sugar glider
gambar sugar glider

10.      Burung Lovebird

Ada banyak jenis burung yang bisa kita jumpai dipasar hewan. Salah satu yang sering menarik perhatian adalah lovebird. Burung yang memiliki nama keren lovebird (burung cinta) ini memiliki bulu yang sangat cantik dan beragam, celotehannya membuat suasana rumah akan semakin ceria dengan kehadiran sepasang burung lovebird. Memilih burung lovebird sebagai kado di hari valentine bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda yang sedang di mabuk asmara.

gambar burung lovebird
gambar burung lovebird

Semoga artikel tentang 10 hewan peliharaan yang cocok sebagai kado dapat bermanfaat dan memberikan anda inspirasi untuk memberikan yang terbaik bagi orang yang anda sayangi.