Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunjungi 6 Tempat Wisata Pantai Ujung Genteng Jika Ingin Melihat Penangkaran Penyu

Wisata Pantai Ujung Genteng suikabumi

Duniahobiku.com - Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi bisa menjadi tempat wisata alternatif saat liburan tiba, bukan hanya keindahan pantai saja yang bisa anda dapatkan disini kita juga bisa melihat penyu secara langsung di pusat penangkaran hewan lucu ini yang konon memiliki kompas alam sehingga bisa selalu kembali ketempat dilahirkan meskipun telah melanglang buana jauh dari habitatnya pada saat ingin bertelur. Bagi para pencinta olahraga surfing juga jangan sampai ketinggalan menjajal pantai yang ada di wisata Ujung Genteng. Untuk mengetahui pantai apa saja yang bisa kita temukan di Ujung Genteng, langsung saja simak artikel selengkapnya.

Wisata Sukabumi Ujung Genteng cocok bagi anda yang suka dengan suasana alam yang tenang, Letaknya yang terhitung cukup jauh dari pusat Ibukota Jakarta membuatnya jauh dari keramaian. Suasana yang asri dan dan masih sangat alami membuat banyak orang penasaran ingin melihat keindahan pantai yang di lokasi ini sekaligus menghabiskan waktu berlibur.

Mungkin anda sudah bosan dengan deretan pantai Anyer dan ingin menikmati suasana pantai yang baru. Dimana dari beberapa lokasi yang ada di Ujung Genteng nantinya anda dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti berkunjung ke Pusat Pelestarian Penyu, menikmati sunset dan sunrise, berselanjar/surfing, trekking hingga snorkeling.

Sekilas Tentang kota sukabumi

Kota Sukabumi memang telah dikenal dengan potensi wisata alam yang mengagumkan, kita tentunya pernah mendengar objek wisata Sukabumi yang cukup terkenal seperti Gunung Gede Pangrango atau Gunung Salak. tetapi ternyata kota ini juga memiliki pantai indah yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Entah mengapa pantai ini dinamakan Ujung Genteng, mungkin saja ini karena letaknya yang berada di Ujung dan lebih menjorok kelaut dibandingkan dengan daratan disekitarnya. Letak geografisnya yang lebih tinggi dibandingkan permukaan laut, membuat daerah ini terbilang cukup aman dari pasang air laut. Pantai Ujung Genteng berhadapan langsung dengan Samudera Hindia seperti kebanyakan pantai yang berada di selatan Pulau Jawa lainnya, Hal ini menyebabkan pantai dilokasi ini memiliki arus yang cukup kuat sehingga sangat cocok bagi penggemar selancar/surfing.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng terletak di kecamatan Ciracap, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat atau tepatnya  disebelah selatan Kota Sukabumi atau sekitar 30 km dari lokasi Curug Cikaso. Bagi anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, anda memerlukan estimasi waktu tempuh sekitar 6-7 jam perjalanan untuk mencapai tempat ini. Berikut rute yang bisa anda jadikan panduan jika anda start dari Jakarta.

Rute melalui Jakarta-Sukabumi-Djampang Kulon-Surade-Ujung Genteng.

peta wisata pantai ujung genteng
gambar peta wisata pantai ujung genteng

Dari Jakarta, anda dapat langsung mengarahkan kendaraan melewati Tol Jagorawi, kemudian keluar di Gerbang Tol Ciawi/Sukabumi.

Setelah itu, anda nantinya akan melewati Pelabuhan Ratu dan ikuti saja pesisir pantai dengan melewati beberapa lokasi objek wisata pantai lainnya.

Teruskan perjalanan hingga anda melewati Lengkong, Kiara Dua, Alun-Alun Djampang Kulon dan Surade, maka tak lama anda akan tiba di lokasinya.

Kemudian bagi yang ingin wisata backpacker ke Ujung Genteng, anda dapat menggunakan angkutan umum seperti petunjuk dibawah ini,

Dari Jakarta, anda dapat menggunakan bus antar kota untuk menuju Sukabumi seperti "Bus Parung Indah"

Setibanya di terminal Sukabumi, anda dapat lanjut dengan menggunakan angkot jurusan Sukabumi-Surade

Setelah di Surade, anda masih harus menyambung kembali dengan angkot desa yang biasa disebut dengan "Unyil" menuju Pantai Ujung Genteng.

Setibanya dikawasan wisata ini, nantinya anda akan dikenakan biaya tiket harga masuk Pantai Ujung Genteng yakni sebesar Rp. 10.000/orang, cukup terjangkau bukan? Dimana dengan biaya tersebut, anda sudah dapat menikmati segala keindahan alam ditempat ini.

Saat mengunjungi tempat wisata ini kita tidak hanya menemukan satu lokasi tempat wisata saja, ada beberapa pantai dan lokasi yang bisa anda jelajahi bersama keluarga dan kerabat, berikut tempat wisata yang ada di Ujung Genteng :

1.      Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungi jikalau sedang berkunjung ke Ujung Genteng, curug atau air terjun ini memiliki panorama alam yang masih sangat alami. Daya tarik utama Curug Cikaso berupa aliran air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 80 meter. kolam air tempat air jatuh memiliki warna hijau jernih, Tentunya ini akan membuat  siapapun tergoda untuk sesegera mungkin berenang kedalamnya. Dilokasi ini bukan hanya terdapat satu air terjun saja melainkan terdapat sekitar 3 air terjun lainnya seperti Curug Aki, Curug Meong dan Curug Aseupan.

curuk cikaso sukabumi
gambar curuk cikaso sukabumi

2.      Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya merupakan pantai yang memiliki kondisi perairan tergolong paling tenang, sehingga tak heran jika para wisatawan yang datang bersama anggota keluarga pastinya akan lebih senang menghabiskan waktu dipantai ini. Selain itu, lokasi pantai ini juga memiliki pemandangan sunset yang indah, maka tak heran jika pada saat menjelang sore sudah banyak para wisatawan yang duduk bersantai  menunggu kembalinya matahari ke paraduan menunggu momen indah tersebut.

pantai cibuaya
gambar pantai cibuaya

3.      Penangkaran Penyu

Lokasi Pantai Ujung Genteng juga menjadi rumah bagi banyak penyu yang ingin bertelur. Setiap malam selama periode bulan Agustus-September kita bisa menyaksikan fenomena alam yang langka saat penyu-penyu bertelur. Penyu saat ini termasuk dalam kategori hewan dilindungi oleh undang-undang mengingat jumlah populasinya yang terus menurun, ditempat ini kita bisa menemukan sebuah Pusat Penangkaran dan Konservasi Penyu bernama Pangumbahan Turtle Park yang berlokasi di dekat Pantai Pangumbahan, keberadaan pusat konservasi ini langsung dibawah pengawasan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Untuk dapat masuk ketempat ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Menariknya jika anda berkunjung pada tanggal 5 Mei disetiap tahunnya, maka anda akan berkesempatan mengikuti prosesi melepas ratusan anak penyu (tukik) ke laut lepas. Tertarik?

penangkaran penyu ujung genteng
penangkaran penyu ujung genteng

4.      Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan terletak tak jauh dari lokasi Pantai Cipanarikan, dimana pantai cantik memiliki potensi berupa pasir pantai yang sangat indah sepanjang 2.3 km. Pantai ini memiliki pemandangan unik, pasalnya pasir ditempat ini mengandung silika (sering disebut pasir kuarsa), lantas apa itu silika? Pasir silika adalah salah satu jenis pasir yang berasal dari erosi atau pengikisan batu-batuan dan juga benda alam lainnya, disebabkan oleh air ataupun udara. Pasir ini merupakan bahan baku utama dalam proses pembuatan kaca, keramik bahkan untuk saringan (filter) air. Menurut penelitian kandungan ini tidak terlepas dari kondisi geografisnya yang diduga merupakan salah satu kompleks batuan tertua di Jawa Barat (Geomagz, 2012). Kandungan silika yang tinggi membuat pasir di Pantai Pangumbahan memiliki warna pasir putih yang ketika terkena cahaya matahari akan berkilau.

pantai pangumbahan
gambar pantai pangumbahan

Selain potensi akan pasir pantainya, ternyata Pantai Pangumbahan juga menjadi rumah bagi puluhan penyu hijau (Chelonia mydas) yang ingin bertelur, oleh sebab itu pantai ini merupakan pantai yang paling tenang dan minim pembangunan. Potensi lain dipantai ini berupa pantai yang bebas dari karang serta ombak yang besar disepanjang tahun membuat pantai ini menjadi lokasi untuk berselancar/surfing yang sangat ideal.

penyu hijau
gambar penyu hijau

5.      Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan atau disebut juga dengan Muara Cipanarikan merupakan salah satu objek wisata yang cukup menarik. Pasalnya lokasi ini menjadi titik temu antara aliran Sungai Cipanarikan dengan laut. Selain itu dilokasi ini juga terdapat pasir pantai yang terhampar luas, sehingga menjadi salah satu tempat yang sangat cocok bagi anda yang membawa anak kecil, mereka akan puas untuk bermain pasir dan berlarian di pantai ini.

pantai cipanarikan
gambar pantai cipanarikan

6.      Pantai Ombak Tujuh

Selain di Pantai Pangumbahan, bagi anda penggemar surfing juga bisa mencoba lokasi lainnya yang tak kalah seru yakni Pantai Ombak Tujuh. Dari namanya kita bisa membayangkan tempat ini memiliki ombak yang cukup menantang untuk ditaklukkan. Tahukah anda, jika asal usul nama Ombak Tujuh konon diberikan oleh seorang peselancar mancanegara yang pernah datang dan memberikan nama tersebut. Ombak di pantai ini  konon dapat menghasilkan gelombang air laut hingga tujuh tingkat.

surfing di Pantai Ombak Tujuh

surfing di Pantai Ombak Tujuh

Lokasi Pantai Ombak Tujuh terletak sekitar 15 km dari lokasi Pantai Ujung Genteng dengan rute jalan melewati terlebih dahulu lokasi Pantai Cibuaya, Pantai Pangumbahan, Muara Cipanarikan, Pantai Citirem. Dengan potensi ombaknya tersebut, tempat ini menjadi lokasi favorit bagi peselancar mancanegara.

Jika anda juga hobi snorkeling, tak perlu khawatir anda juga dapat bersnorkeling ria di sekitar pantai dengan menyewa peralatan snorkeling dengan harga sekitar Rp. 150.000/pax (snorkel, life jacket dan fin). Lelah setelah seharian bermain? Tak perlu khawatir dimana kawasan wisata ini sudah lengkap dengan fasilitas restoran serta penginapan. Anda hanya cukup mencari lokasi penginapan di Ujung Genteng yang dapat disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Sudah banyak jejeran villa di Ujung Genteng atau hotel di Ujung Genteng bahkan ada pula homestay murah di Ujung Genteng, harganya cukup bervariatif tergantung fasilitas dan tipe kamar. Beberapa penginapan rekomended yang sering digunakan oleh wisatawan antara lain Pondok Hexa, Linda's Resort, Penginapan Pondok Adi, Ocean View Ujung Genteng, Amanda Ratu Villa atau Penginapan Fryda. Sebagai pilihan alternatif, anda juga dapat merasakan sensasi camping dengan hanya cukup menyewa sebuah tenda saja.

*Tips

Gunakan applikasi maps pada hp smartphone untuk panduan rute jalan tambahan.

Hati-hati dan selalu waspada pada ombak disekitar pantai ini.

Perhatikan selalu rambu-rambu peringatan yang tersedia dibeberapa lokasi pantai.

Jagalah kebersihan kawasan pantai ini, mengingat fungsinya sebagai pusat konservasi penyu.

Semoga artikel tentang Wisata Pantai Ujung Genteng dapat bermanfaat. Berkunjung bersama keluarga dan kerabat secara rame-rame  ditempat ini pastinya akan lebih seru dan meninggalkan kesan yang mendalam.