Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Drini Jogjakarta : Pantai Indah Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Ke Jogjakarta

Pantai Drini Jogjakarta

Duniahobiku.com - Wisata Pantai Drini Jogjakarta menjadi salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berlibur ke kota pelajar, Jogjakarta. Pantai sepanjang gunung kidul Jogjakarta ini menawarkan pemandangan indah tebing karst dan unik karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ingin tahu pantai Drini dimana? Simak terus artikel selengkapnya .

Jogjakarta memiliki nilai lebih jika dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bukan rahasia jika Jogjakarta memiliki segudang potensi dari berbagai aspek dan budaya. Kota ini dikenal sebagai daerah istimewa, budaya khas keraton, adat Jawa yang kental, kota pelajar, surga kuliner dan tujuan pariwisata yang telah diakui hingga ke mancanegara. Tempat wisata Yogyakarta memang dikenal menawarkan beragam pilihan destinasi wisata sehingga provinsi kecil ini selalu ramai diserbu para pecinta travelling. Melihat berbagai potensi yang di miliki, maka pihak pemerintah berusaha mengembangkan potensi yang ada dengan memperbaiki berbagai sarana dan prasarana.

Bagi para pencinta wisata pantai pasti tidak asing dengan potensi keindahan pantai Jogjakarta. Dewasa ini telah banyak didapati lokasi pantai baru yang tak kalah menarik dibandingkan pantai yang telah dikenal sebelumnya. salah satu pantai Jogjakarta yang bisa anda adalah pantai Drini.

Lokasi Pantai Drini

Bagi anda yang ingin berlibur, sebetulnya wisata Jogjakarta memiliki banyak pilihan yang dapat anda gunakan. Dimana salah satunya yakni dengan berlibur di kawasan pantai. Pada kawasan pantai Gunungkidul terdapat pantai Drini yang sudah terkenal akan keindahannya, namun untuk menikmatinya tak perlu merogoh isi kantong dalam-dalam. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang, anda sudah bebas masuk ke lokasi pantai mana pun di kawasan ini. Cukup terjangkau bukan? Ya, mungkin alasan tersebutlah yang mendorong besarnya minat animo dari para wisatawan untuk datang berkunjung ke pantai Drini.

Lokasi pantai Drini terletak di desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul atau tepatnya berada disisi timur pantai Baron dan bila dari pantai Sundak, hanya berjarak sekitar 6 km. Untuk akses jalan menuju pantai Drini, anda dapat menggunakan jalur Jogjakarta-Wonosari, kemudian bila telah tiba di Wonosari arahkan kendaraan anda menuju desa Mulo. Setelah itu carilah pertigaan desa Mulo dan ambil jalan lurus menuju lokasi pantai Baron. Setelah menemukan pos gerbang retribusi, anda dapat lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalannya saja hingga menemukan pertigaan, ambil arah kiri untuk menuju pantai Drini.

Pantai ini memang dikenal memiliki bentuk pantai yang cukup unik, jika dibandingkan dengan pantai Jogjakarta lainnya. Dimana pantai Drini memiliki sebuah pulau karang yang cukup besar terletak ditengah garis pantainya. Pulau karang tersebut, oleh masyarakat sekitar sering pula disebut dengan pulau Drini. Nama pantai Drini memiliki sejarah tersendiri, nama pantai ini erat hubungannya dengan asal usul sejarah penamaan pantai ini. Sejarahnya berawal dari sebuah tanaman yang tumbuh subur di atas pulau karang tersebut. Tanaman tersebut bernama "Stigi" (Pemphis Adicula) atau dikenal juga dengan nama Setigi atau Santigi dan masyarakat sekitar umumnya menyebutnya sebagai pohon Drini. Uniknya tanaman ini dipercaya oleh khalayak luas sebagai salah satu kayu/pohon yang memiliki kekuatan gaib (bertuah).  Di Indonesia khususnya, memang dikenal banyak jenis tanaman yang memiliki kekuatan serupa seperti Dewandaru, Nagasari dan Pulai. Namun untuk jenis tanaman Drini dianggap sebagai raja (paling unggul) dari semua pohon-pohon bertuah tersebut. Alhasil membuat pohon ini tak jarang dijadikan sebagai jimat atau penyerap racun yang terkenal dikalangan metafisika. Selain bertuah pohon Drini pun menjadi tanaman favorit bagi para pecinta bonsai. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini memiliki karakteristik batang, percabangan, daun, bunga dan memiliki daya tahan yang baik sehingga sangat cocok bilamana digunakan sebagai bahan bonsai berkelas dan jika sudah “jadi” maka bonsai Drini (santigi) memiliki nilai bisnis yang cukup tinggi.

Pohon Drini

 Gambar Pohon Drini

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, dimana pantai ini dipisahkan menjadi dua bagian dengan adanya sebuah pulau karang berada di tengahnya. Hal unik lainnya ialah dari kedua garis pantai tersebut yang memiliki karakteristik yang berbeda, dimana untuk sisi timur pantai memiliki arus yang cukup tenang, kemudian di sisi barat memiliki arus yang cukup kuat. Hal lain yang menjadi kelebihan pantai Drini yakni para wisatawan dapat menaiki ke atas puncak pulau karang tersebut, bila keadaan air laut sedang surut, maka anda cukup berjalan menyusuri pantai menuju pulau karang tersebut dan menggunakan sebuah tangga beton yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Setibanya di atas pulau Drini, anda dapat menikmati view dari samudera lepas dan dapat melihat suasana pantai ini secara keseluruhan. Bagi penggemar kegiatan fotografi, jangan lupa untuk mengabadikan momen di atas pulau ini dengan background Samudera Hindia.

karang pantai drini
gambar karang pantai drini

Tangga untuk naik ke Pulau Drini

Bagi penggemar olahraga menyelam seperti snorkeling, anda bisa menyalurkan hobi tersebut dengan berenang di sisi timur pantai ini. Sebenarnya sisi timur ini memiliki bentuk layaknya sebuah teluk yang menyerupai sebuah laguna yang besar, dimana letaknya terlindung oleh gugusan tebing karang yang menghadang besarnya arus ombak dari laut lepas. Alhasil membuat perairannya cukup tenang dan dangkal, sehingga aman menikmati segala keindahan alam lautnya. Berjalan mengelilingi perairannya juga akan terasa seru pasalnya terdapat beragam biota laut seperti aneka jenis ikan berwarna-warni, aneka kerang/siput laut, bintang laut hingga beberapa jenis rumput laut pun terhampar luas. Sungguh menawarkan pemandangan indah.  Lelah dan lapar setelah bermain air, anda pun dapat beristirahat di beberapa saung/gazebo yang telah disediakan dengan harga sewa sekitar Rp. 10.000/unit. Kemudian untuk memuaskan perut yang keroncongan, sudah banyak tersedia warung-warung yang menjajahkan aneka jenis olahan seafood.

tangga pantai drini

Gambar tangga pantai drini

Saung atau gazebo di sisi timur pantai

Jika pantai timur menawarkan pemandangan bawah laut maka berbeda, dengan sisi barat pantai yang mempelihatkan aktivitas para nelayan sama seperti pantai Baron, sehingga anda pun akan banyak mendapati jejeran perahu nelayan yang bersandar di kawasan pantai sisi barat. Selain itu, terdapat pula sebuah tempat pelelangan ikan. Bagi para warga sekitar, kehadiran pasar pelelangan tersebut dirasakan cukup penting guna dapat memasok segala kebutuhan pangan akan ikan laut. Anda pun dapat membeli beberapa jenis ikan laut yang sudah cukup populer seperti ikan tuna, ikan baronang, ikan kue dan masih banyak lagi jenis ikan lain dirtempat ini.

gazebo pantai drini
gambar gazebo pantai drini

Pemandangan Pantai Drini dari atas tebing sisi barat

Salah satu spot terbaik untuk dapat menikmati momen sunrise/matahari terbit adalah dengan naik ke tebing sisi barat pantai yang sudah dilengkapi dengan saung diatasnya. Untuk dapat menikmati momen tersebut sebaiknya datang ke pantai ini sejak malam hari, namun anda  tak perlu khawatir ingin menginap dimana. Pasalnya sudah terdapat beberapa pilihan penginapan dan hotel dekat pantai Drini Jogjakarta yang dapat anda sewa dengan harga yang terjangkau dan kompetitif (tergantung fasilitas dan tipe kamar).Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di pantai Drini seperti bermain pasir, kano, berenang, snorkeling, berfoto atau menikmati kuliner khas pantai seperti ikan bakar.

Melihat segala potensi yang dimilikinya maka tak mengherankan jika tempat ini layak dimasukkan dalam list liburan saat berkunjung ke kota Jogjakarta. Setelah puas bermain di pantai ini, jangan lupa untuk mampir ke Bukit Kosakora yang terletak di sisi timur.

pemandangan dari tebing pantai drini
pemandangan dari tebing pantai drini

Tips

  • Gunakan alas kaki bilamana ingin berjalan menyusuri perairan pantai.
  • Jika ingin naik ke atas Pulau Drini lebih baik perhitungkan pula waktu pasang-surut air laut.

Menikmati keindahan pantai Drini Jogjakarta akan membuat kita sedikit melepaskan penat dan hiruk pikuk suasana perkotaan serta bersyukur dapat menikmati pemandangan yang masih sangat alami.

Semoga artikel tentang Pantai Drini Jogjakarta : Pantai indah Yang Wajib Anda Kunjungi Saat berlibur ke Jogjakarta dapat bermanfaat dan menambah daftar wisata pantai yang ada di Indonesia, khususnya Jogjakarta.