Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Makhluk Mitos Di Dunia Yang Masih Menjadi Misteri Hingga kini

 hewan Mitos Di Dunia

Duniahobiku.com - Apakah anda percaya keberadaan Makhluk Mitos di dunia? Tentu anda semua pernah melihat berbagai makhluk mitos di film favorit anda, salah satu yang paling populer adalah naga. Hewan mitologi Cina ini sampai sekarang masih dipertanyakan apakah naga itu benar-benar ada? Atau hanya mitos saja? Meskipun begitu masih banyak yang percaya akan keberadaan naga tersebut. Bukan cuma naga, ternyata di dunia ini banyak sekali makhluk mitos yang masih menjadi misteri dan membuat para ilmuwan penasaran, termasuk anda dan saya.

Makhluk Mitologi adalah makhluk yang biasa disebut dalam legenda atau cerita rakyat, makhluk ini dipercaya ada bagi para penganut Mitologi dan erat kaitannya dengan kepercayaan, kosmologi, mistik, asal  mula,  fenomena alam maupun budaya suatu negara dan pada umumnya makhluk mitologi ini dipercaya memiliki bentuk yang unik serta kemampuan supranatural (sakti). Ada banyak cerita dari setiap negara tentang mahluk ini baik dari Yunani, Jepang, Cina bahkan di Indonesia dan tidak sedikit yang menceritakan penampakan makhluk mitologi tersebut. Makhluk mitologi ini sering kita temukan pada lukisan dan ornamen suatu bangunan bersejarah seperti kuil, candi, dll.

Beberapa orang percaya bahwa makhluk tersebut benar-benar ada di dunia ini, kebanyakan makhluk mitos tidak seperti hewan pada umumnya. makhluk ini memiliki penampilan sangat aneh dan berbeda dengan makhluk kebanyakan, beberapa diantaranya memiliki bentuk/ciri fisik  gabungan dari beberapa hewan yang ada. apa sajakah itu? Berikut kita akan melihat 11 makhluk mitos yang sampai hari ini masih menjadi misteri dan terus diteliti untuk membuktikan kebenarannya.

1.      Hydra

Hydra adalah hewan mitologi Yunani yang memiliki bentuk fisik berupa naga yang memiliki banyak kepala dengan satu badan. Hydra juga di gambarkan dengan sosok makhluk yang ganas dan suka memangsa makhluk lainnya. Kita sering menemukannya dalam beberapa film animasi seperti Hercules. Dalam cerita mitologi jika seseorang memotong kepala seekor hydra maka akan muncul dua kepala dari tempat yang sama.Itulah yang membuat Hydra disebut sebagai salah satu makhluk mitologi terkuat di dunia.

Hydra

Gambar Hydra

2.    Putri Duyung

Makhluk mitos ini sampai saat ini belum di temukan keberadaanya dan masih menyisakan sebuah misteri yang amat membingungkan, Duyung biasanya di gambarkan dengan sosok setengah ikan dan setengah wanita, legenda mengatakan jika duyung sering memangsa manusia khususnya para nelayan. Dalam melancarkan aksinya biasanya duyung akan berubah menjadi sosok wanita cantik dan menggoda para nelayan kemudian memangsa nelayan tersebut. Konon penemu benua Amerika,  Christhoper Kolombus pernah melihat putri duyung saat menjelajahi Laut Karibia 

putri duyung
gambar putri duyung

3.    Naga

Naga merupakan hewan mitologi Cina yang paling sering muncul dalam sebuah film dan digambarkan sebagai makhluk yang berwatak jahat dan terkadang baik. ciri umum naga yang sudah tidak asing lagi adalah kemampuannya menyemburkan api dari dalam mulutnya dan dapat terbang. Naga merupakan makhluk mitos yang sampai saat ini belum di temukan keberadaanya dan masih menyisakan sebuah misteri, banyak orang beranggapan bahwa naga itu benar-benar ada dan bukan hanya sebuah mitos saja. Konon tulang-tulang hewan purba yang ditemukan di Cina dan dianggap naga sebenarnya adalah tulang belulang dinasaurus.

naga
gambar naga

4.    Unicorn

Jika anda pernah menonton film kartun The last of unicorn pasti anda akan mengetahui apa itu unicorn. Makhluk mitos ini tidak dapat di buktikan kebenarannya dan bahkan belum pernah di temukan. Unicorn adalah hewan dengan bentuk seperti kuda dengan bulu berwarna putih dan memiliki 1 buah tanduk di kepalanya, Beberapa kisah mitologi bahkan menyebutkan bahwa unicorn memiliki sayap untuk terbang.

Beberapa tahun lalu dunia sempat geger saat sebuah video di youtube memperlihatkan seekor unicorn sedang berlari namun belum di pastikan  bahwa video tersebut apakah asli atau palsu.

hewan unicorn

Gambar hewan unicorn

5.    Yeti

Apakah yeti itu benar-benar ada? Yeti merupkan makhluk mitos yang belum di temukan sampai saat ini, banyak sekali penampakan yeti yang terekam kamera namun tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa rekaman tersebut adalah penampakan yeti asli. Yeti adalah makhluk yang dikabarkan berada di gunung Himalaya dan digambarkan sebagai sosok yang tinggi dan berjalan seperti manusia dengan bentuk badan yang menyerupai kera serta memiliki bulu lebat berwarna putih sebagai salah satu mekanisme bertahan hidup di daerah bersalju. Kisah tentang keberadaan yeti menjadi cerita turun temurun diberbagai bagian India seperti Nepal dan Bhutan yang konon pernah melihat jejak kakinya. Namun menurut para peneliti jejak tersebut hanyalah seekor beruang kutub.

yeti
gambar yeti

6.    Centaurus

Jika anda pernah menonton film Narnia pasti anda akan melihat makhluk yang satu ini, centaurus merupakan kuda dengan badan manusia. Centaurus, makhluk mitologi Yunani ini konon sangat jago memanah dan hidup didaerah Magnesia dan Gunung Pelion. Mitos tentang centaurus mungkin muncul pada zaman perunggu. Hal ini berdasarkan prasasti yang ditemukan di Ugarit berupa tembikar yang menggambarkan centaurus berhadapan dengan seorang prajurit.

centaurus
gambar centaurus

7.    Bigfoot

Apakah bigfoot itu nyata? Bigfoot digambarkan sebagai makhluk yang meyerupai manusia dengan telapak kaki yang besar, tidak jarang penampakan bigfoot baik melalui foto dan rekaman membuat viral warga dunia. Seperti yang terjadi pada foto yang diambil pada tahun 1959-1967. Namun foto-foto tersebut masih diperdebatkan dan belum diakui keasliannya. Cerita tentang Bigfoot juga telah banyak diangkat ke layar lebar yang makin mengangkat popularitasnya. Namun sampai hari ini belum ada bukti nyata tentang keberadaannya.

bigfoot
gambar bigfoot

8.    Monster Loch ness

Monster danau Loch ness merupakan cerita rakyat Skotlandia tentang seekor hewan raksasa yang memiliki leher panjang yang mirip dengan plesiosaurus yang sudah punah 60 juta tahun yang lalu. Monster ini juga dikenal dengan nessie. penampakan loch ness yang terbit pada Daily mail pada tahun 1934 membuat heboh dan mengundang rasa penasaran warga dunia tentang kebenaran berita tersebut. Namun pada tahun 1994 sang pembuat foto mengakui bahwa foto yang tersebar adalah palsu.

monster loch ness
gambar monster loch ness

9.    Peri

Peri mungkin pernah kita lihat dalam berbagai film seperti Cinderella dan Peterpan. Peri seringkali muncul sebagai sosok makhluk kecil dan memiliki sayap serta memiliki kekuatan magic pada bubuk ajaib yang berada di kantungnya. Peri sendiri banyak muncul dalam cerita dan dongeng-dongeng Eropa dan konon kata peri berasal dari bahasa Persia, Pari yang berarti malaikat yang jatuh.

peri
gambar peri

10.      Burung Garuda

Apakah burung garuda asli atau mitos? Tentunya kita tidak asing dengan lambang negara Indonesia yaitu burung garuda. Tetapinya mungkin banyak yang mempertanyakan apakah burung garuda benar-benar ada di dunia nyata. Burung garuda adalah burung yang sering dilukiskan dalam mitologi pada agama Hindu dan Buddha. Burung ini menjadi tunggangan dewa Wisnu dalam cerita pewayangan. Jadi boleh dikatakan bahwa burung garuda adalah makhluk mitos. Hewan yang paling mendekati sosok garuda adalah elang Jawa yang masih bisa kita lihat hingga kini.

burung garuda
gambar burung garuda

11.           Burung Phoenix

Burung phoenix adalah burung berwarna merah api dengan ekor berwarna keemasan yang sering muncul dalam berbagai mitologi Cina, Mesir dan Yunani. Dalam mitologi Cina hewan ini termasuk 4 dari hewan yang disakralkan. Salah satu kekuatan burung phoenix yang mengangumkan adalah kemampuannya untuk hidup kembali setelah menjadi abu (reinkarnasi) menjadi phoenix muda. Konon burung ini bisa hidup sekitar 500 hingga 1461 tahun. Burung ini dianggap sebagai simbol dari dewa Matahari (RA) oleh bangsa Mesir Kuno.

burung phoenix
gambar burung phoenix

Semoga artikel tentang 11 Makhluk Mitos di Dunia dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang berbagai misteri yang membuat banyak orang penasaran hingga kini. Apakah itu mitos atau nyata? Pilihan ada ditangan anda.