Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Penyebab Utama Kucing Jadi Pendiam Dan Tidur Terus

 Kucing Jadi Pendiam Dan Tidur Terus

Duniahobiku.com - Apa penyebab kucing jadi pendiam dan tidur terus? Kucing anda yang biasanya aktif dan lincah tiba-tiba menjadi pendiam dan malas bergerak. Apa kucing anda lagi ngambek? Patah hati? Tentu saja bukan. Sebaiknya anda memastikan jangan-jangan kucing anda sedang mengalami masalah. Ada beberapa hal yang bisa membuat kucing yang awalnya lincah dan manja bisa mengalami perubahan tingkah laku. Sebagai pemilik tentu saja kita harus tanggap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kucing kesayangan kita.

kucing merupakan salah satu dari sekian banyak hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh manusia, kucing juga sudah menjadi binatang yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Di dunia ini terdapat ratusan jenis kucing mulai dari kucing hias, kucing besar, hingga gabungan dari keduannya, seperti kucing maine coon, anggora, Persia hingga kucing besar yang sering kita jumpai di kebun binatang seperti singa dan harimau.

Memelihara kucing merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan, Hasil riset universitas Amerika membuktikan bahwa memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan juga kucing dapat menurunkan stres yang melanda kita, maka dari itu memelihara kucing menjadi daya tarik tersendiri. Pada saat memelihara hewan unik nan lucu yang satu ini terkadang kita dilibatkan berbagai masalah seperti kucing sakit, kucing tidak mau makan bahkan kucing menjadi pendiam dan tidak aktif dan lincah bergerak seperti biasanya, apa sajakan penyebab kucing kesayangan kita menjadi demikian? Berikut penyebabnya dan cara mengatasinya.

1.      Sakit

Sakit menjadi salah satu faktor utama yang membuat kucing menjadi pendiam, hal ini membuat kucing kesayangan kita menjadi lebih sering tidur daripada bergerak, penyakit kucingpun bervariasi dan banyak jumlahnya seperti penyakit mata, perut dan penyakit lainnya yang sering menginfeksi kucing. Cara mengatasi hal ini sangatlah sederhana kita hanya cukup mencari tahu penyakit apa yang menginfeksi kucing kesayangan kita dan sesegera mungkin memberikan obat sesuai dengan penyakit yang kucing kita alami atau anda cukup membawa kucing anda ke dokter hewan terdekat di kota anda untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan penyebab kucing sakit.

kucing sedang sakit
gambar kucing sedang sakit

Jika kucing anda sedang sakit maka antisipasi sejak dini dapat membuat kucing menjadi sehat seperti semula. Kucing yang sedang sakit tentu akan merasa letih, lesu dan malas untuk bergerak dan cenderung menjadi pendiam.

2.      Kegemukan

Kegemukan menjadi faktor yang sering sekali dialami oleh para pecinta kucing, kegemukan juga membuat kucing menjadi malas bergerak dan lebih sering menghabiskan waktunya tidur daripada bergerak seperti kucing kebanyakan. Cara mengatasi kegemukan pada kucing cukup kita memberikan makanan yang sedikit mengandung lemak dan mengurangi porsi makanan kucing seperti biasanya atau jika anda ingin kucing memiliki bentuk tubuh yang proporsional maka anda dapat memulai tahap diet pada kucing anda.

kucing kegemukan
gambar kucing kegemukan

Seringkali karena rasa sayang terhadap kucing maka kita memberinya apa saja yang kita makan, padahal ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh kucing agar berat badannya tidak mengalami obesitas. Memang sih kucing yang gemuk akan nampak lebih lucu dan menggemaskan tetapi bisa membawa dampak terhadap aktivitas kucing.

Itulah 2 penyebab utama kucing menjadi pendiam dan tidur terus semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan semoga kucing anda  kembali menjadi lincah dan ceria.