Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Jenis Hewan Endemik Indonesia Perlu Anda Lestarikan

 

Jenis Hewan Endemik Indonesia

Duniahobiku.com – Ada banyak jenis hewan endemik Indonesia yang keberadaannya makin terancam dihabitat aslinya. Hewan endemik adalah hewan yang hanya terdapat pada suatu tempat tertentu dan tidak ditemukan di tempat lainnya, Hewan endemik kadang menjadi simbol suatu negara karena merupakan ciri khas dari suatu tempat atau negara. Untuk mengetahui apa saja  jenis hewan endemik di Indonesia  silahkan baca artikel selengkapnya.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luas sehingga ada banyak flora dan fauna endemik yang menjadi aset negara kita jika dikelola dengan baik. Namun sayangnya keberadaan hewa-hewan tersebut semakin tersudut dan beberapanya bahkan dianggap sudah punah. Berikut beberapa jenis hewan endemik yang ada di indonesia yang dapat membuat kita semakin menyadari pentingnya keberadaan hewan-hewan tersebut :

1.      Jalak Bali

Jalak Bali merupakan hewan endemik yang ada di indonesia, burung jalak bali dilindungi oleh negara sebab termasuk salah satu hewan yang terancam punah. Salah satu penyebab burung jalak bali menjadi langka karena adanya perburuan dialam liar mengingat harga jalak bali yang bisa mencapai jutaan rupiah perekor.

jalak bali
gambar jalak Bali

Jalak bali berasal dari pulau bali, tepatnya dihutan bagian barat pulau bali. Hutan tersebut merupakan habitat asli jalak bali dialam liar. Populasi jalak bali yang kian hari makin berkurang membuatnya mesti mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat agar burung ini tetap lestari.Burung I ni mudah dikenali, Salah satu ciri-ciri burung jalak bali yang paling menonjol adalah warna kebiruan pada bagian pinggir mata dan dominasi warna putih pada sekujur tubuh.

2.      Harimau Jawa

Harimau Jawa juga termasuk salah satu hewan endemik, hanya saja harimau Jawa telah punah tahun 1980-an akibat perburuan dan juga habitatnya semakin hancur dibabat oleh pembangunan permukiman dan lahan warga. Meskipun telah dinyatakan punah, angin segar bahwa hewan ini masih ada berhembus dari beberapa kesaksian warga yang melihatnya berkeliaran disekitar pemukiman warga .

harimau jawa
gambar harimau jawa

3.      Komodo

Komodo adalah hewan purba yang merupakan salah satu kadal raksasa yang masih hidup hingga saat ini di pulau komodo, komodo menjadi salah satu hewan endemik yang berada di indonesia, hal ini juga yang membuat pulau komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

komodo
gambar komodo

4.      Orang utan

Orang utan adalah salah satu contoh hewan endemik yang hanya ada di Indonesia tepatnya di Kalimantan, saat ini orang utan sudah terancam punah, miris memang mengingat fauna yang satu ini merupakan salah satu aset kita yang berharga namun terancam punah akibat keserakahan manusia dalam mengeksploitasi alam yang menjadi habitat asli orang utan.

orang utan
gambar orang utan

5.      Elang Jawa

Elang Jawa yang saat ini masih banyak terdapat di Indonesia termasuk salah satu hewan endemik yang masih ada sampai saat ini, banyak orang yang mengatakan bahwa elang Jawa adalah garuda sesungguhnya sebab memiliki bentuk sama persis seperti garuda yang merupakan lambang negara kita.

elang jawa
gambar elang jawa

6.      Beo Nias

Beo Nias adalah salah satu jenis burung yang terdapat di Nias, Sumatera Utara, beo Nias menjadi salah satu hewan endemik Nias karena burung ini sangat cantik dan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh beo lainnya. Jenis burung beo ini memiliki harga yang cukup tinggi mengingat kemampuannya untuk menirukan beberapa kalimat yang sering diucapkan manusia.

beo nias
gambar beo nias

7.      Badak Bercula satu

badak bercula satu adalah hewan endemik Jawa , badak ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi oleh negara sebab saat . Badak bercula satu dapat kita temukan di Taman Nasional Ujung Kulon. Populasi  badak bercula satu saat ini lebih sedikit dibanding dahulu. Menurut data jumlahnya hanya tinggal sekitar 74 ekor dialam liar membuat semua pihak berwenang perlu memikirkan  solusi bagaimana cara melestarikan badak bercula satu agar dapat berkembang dengan baik.

badak bercula satu
gambar badak bercula satu

8.      Anoa

Anoa yang merupakan hewan endemik Sulawesi sangat mirip dengan kerbau sehingga sering disebut dengan kerbau kerdil, hanya saja jika diperhatikan secara seksama anoa berbeda bentuk dengan kerbau ataupun sapi, anoa termasuk salah satu hewan endemik dan juga hewan peralihan. Anoa berasal dari pulau Sulawesi dan terbagi atas dua jenis berdasarkan habitatnya yaitu anoa dataran rendah dan anoa yang hidup didaerah pegunungan.

anoa
gambar anoa 

9.      Kera hidung panjang

Kera hidung panjang atau biasa disebut bekantan adalah hewan endemic yang berasal dari Pulau Kalimantan. Perluasan daerah pertambangan dan perkebunan menjadi salah satu sebab utama hewan Ini semakin tersingkir dari habitat aslinya di alam liar. Bekantan sering juga dipanggil monyet belanda karena memiliki ciri khas yaitu hidung yang panjang dan besar.

bekantan
gambar bekantan

10.      Babi rusa

Kenapa dikatakan babi rusa? Karena bentuk tanduknya yang menyerupai rusa tapi bentuk tubuhnya seperti babi liar pada umumnya. Tanduk tersebut sebenarnya  gigi taring yang tumbuh memanjang keluar, hal yang unik dari babi rusa dimana taring babi rusa dewasa dapat tumbuh hingga kebagian kepalanya. Habitat hidup babi rusau dipulau Sulawesi dapat kita jumpai pada hutan hujan dataran rendah yang dekat dengan aliran sungai, rawa dan air tergenang sebagai tempatnya berkubang.

babi rusa
gambar babi rusa

11.      Burung Cendrawasih

Burung cendrawasih berasal dari provinsi Papua dan sering disebut burung surga ( Birds of paradise) karena kecantikan dan keunikan burung cendrawasih. Burung cendrawasih adalah salah satu kebanggaan masyarakat papua yang tidak ditemukan ditempat lain, bagian tubuh burung cendrawasih seperti bulunya sering digunakan masyarakat papua dalam upacara adat tradional di masa lalu. Burung cendrawasih bukan hanya 1 jenis saja, ada banyak jenis burung cendrawasih yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Populasi burung cendrawasih yang makin berkurang membuatnya masuk dalam hewan yang dilindungi di Indonesia. Sungguh sangat disayangkan kalau burung yang cantik ini harus punah karena habitatnya dialih fungsikan untuk kepentingan manusia.

burung cendrawasih
gambar burung cendrawasih

Semoga artikel tentang 11 Jenis Hewan Endemik Indonesia Perlu Anda Lestarikan dapat bermanfaat dan membuat kita semakin sadar untuk terus menjaga alam agar tidak rusak oleh “tangan jahil” manusia sehingga anak cucu kita dapat terus melihat hewan-hewan endemik secara langsung dan bukan hanya lewat Youtube maupun majalah.