Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Destinasi Wisata Alam Jogja Selain Pantai Yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Alam Jogja

Duniahobiku.com - Destinasi Wisata alam Jogja selain pantai memang beragam, hal tersebut pun dinilai ikut berperan sebagai urat nadi dalam kegiatan pariwisata Jogja. Ada bantak tempat wisata keren di jogja sebagai modal untuk menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung ke kota pelajar,jogja. ragam kekayaan alam di Jogja begitu banyak, hal tersebut menjadi berkah tersendiri, khususnya bagi masyarakat Jogja.

Mengingat potensinya, Pemerintah Indonesia memiliki harapan besar terhadap objek wisata Jogja, banyak hal yang telah dilakukan guna dapat memperkenalkan keindahannya pada tingkat mancanegara. Mulai mengikuti ajang festival kebudayaan internasional, promosi di berbagai media hingga membangun sarana pendukung yang sesuai dengan standar nasional. Akan tetapi semua itu dirasa sia-sia bilamana tanpa adanya dukungan serta peran aktif dari masyarakat itu sendiri. Metamorfosis dari sebelumnya yang bersifat acuh dan sering melakukan tindak vandalisme pada berbagai fasilitas umum, kini telah berubah jauh. Kesadaran akan hal tersebutlah yang menjadi angin segar bagi kemajuan pariwisata itu sendiri.

Tempat wisata Jogja yang sudah cukup populer tentulah tak lepas dari nama-nama wisata pantai Jogja yang sudah cukup populer. Namun pernahkah terbesit dalam benak pikiran kamu yang ingin merasakan pengalaman lain kala berlibur ke kota pelajar ini. Demi menjawab akan pertanyaan tersebut, maka kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa pilihan tentang wisata alam Yogyakarta selain pantai.

Bagi kamu yang telah bosan dengan liburan di Jogja dengan destinasi umum seperti pantai, rasanya penting juga untuk dapat merasakan pengalaman lain kala melancong ke kota ini. Sebenarnya memang jika kita bicara tentang wisata alam di Yogyakarta tentulah cukup banyak, namun dari kesemua itu pasti ada yang menjadi bagi banyak wisatawan. Oleh karena itulah kali ini saya mencoba merangkum beberapa lokasi pilihan terbaik sekaligus terbaru bagi kamu yang ingin mencoba mengexplore lebih jauh perihal kekayaan alam di Jogja, berikut uraiannya

1.       Air Terjun Sri Gethuk

Gunungkidul merupakan sebuah daerah yang sering di asumsikan oleh khalayak luas sebagai wilayah gersang dan selalu krisis dengan air. Akan tetapi jangan salah, nyatanya daerah ini pun menyimpan keindahan yang menakjubkan. Selain sudah terkenal dengan deretan pantai-pantai indah, ternyata juga memiliki aliran sungai berwarna kehijauan jernih dan selalu mengalir sepanjang musim. Sungai Oya, begitulah masyarakat mengenal sungai ini, keindahan alam terpancar jelas ketika aliran sungai ini membelah tebing tinggi melalui sebuah air terjun yang dikenal dengan nama "Air Terjun Sri Gethuk".

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen atau tepatnya tak jauh dari Goa Rancang Kencono. Sebagai salah satu wisata baru di Jogja, memang tempat ini terbilang masih sepi akan pengunjung. Oleh karena itu alamnya masih sangat terjaga dan begitu asri serta mempesona. Dengan keunikan dan potensi wisata yang dimiliki, maka sungguh sayang jika dilewatkan, terlebih apabila kamu sedang berada di Jogja. Namun sebelum berkunjung, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu ulasan selengkapnya tentang Air Terjun Sri Gethuk.

pemandangan air terjun sri gethuk
gambar pemandangan air terjun sri gethuk

2.      Kedung Pedut Water Canyon

Lokasi Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Gunungkidul. Merupakan sebuah kolam air terjun/curug bertingkat yang letaknya dikelilingi oleh hutan yang masih sangat asri. Dikenal pula dengan nama lain "Curug 2 Warna" dikarenakan memang kolam ini memiliki perpaduan warna air yang tercampur harmonis berwarna putih bening dan juga hijau tosca, sungguh cantik bukan?

Saat kamu berada di kawasan Kolam Kedung Phedut, maka janganlah sia-siakan waktumu tanpa mencoba merasakan mandi dan berenang dalam perairan jernihnya. Kesegaran langsung terpancar saat menceburkan diri dan bermain sepuasnya di kolam alami ini.

sejuknya air kedung pedut
sejuknya air kedung pedut

3.      Gumuk Pasir

Bagi kamu penghobi akan fotografi, maka saya rekomendasikan tempat ini sebagai lokasi untuk menyalurkan kegemaran tersebut. Memiliki hamparan pasir yang halus sejauh mata memandang tentulah akan menjadi background foto yang mengagumkan. Selain itu terdapat pula sebuah ayunan kayu yang telah disediakan sebagai spot berfoto bagi kamu ingin menampilkan sisi romantis lewat sebuah karya foto. Selain dapat berfoto ria, kamu pun dapat mencoba sebuah wahana olahraga seru berupa permainan "Sand Boarding", yaitu sebuah permainan meluncur diatas gundukan pasir dengan menggunakan media sebuah papan layaknya skatebord namun tanpa roda.

Lokasi Gumuk Pasir terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Bantul. Perlu kalian ketahui, bahwasanya tempat ini tercipta melalui sebuah proses alami dalam waktu yang panjang dan terus menerus. Berasal dari material abu vulkanik Gunung Merapi terbawa oleh aliran sungai Opak, Sungai Progo serta sungai-sungai lainnya hingga terbawa ke Pantai Parangtritis. Dalam proses perjalanan yang panjang dalam lautan, material tersebut berubah menjadi lebih tipis dan terbentuklah debu-debu halus yang akhirnya tiba di tepi pantai. Kemudian debu-debu pasir tersebut terbawa oleh angin hingga berkumpul menjadi satu pada satu titik lokasi yang dikenal oleh masyarakat Jogja dengan nama "Gumuk Pasir".

kegiatan sandboarding di gumuk pasir
kegiatan sandboarding di gumuk pasir

4.      Candi Sambisari

Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000/orang, kamu sudah dapat menyaksikan situs sejarah perkembangan agama Hindu. Uniknya bila selama ini peninggalan sejarah yang berupa candi terletak di dataran tinggi, namun berbeda dengan candi yang satu ini. Lokasi Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Sleman. Dengan jarak sekitar 12 Km dari pusat Jogja ke arah timur.

Dibangun sekitar abad ke-9 dan terkubur material vulkanik Gunung Merapi, barulah pada 1996 seorang petani tanpa sengaja menemukan candi ini. Dikarenakan Candi Sambisari belumlah begitu populer, maka suasananya sedikit sepi akan pengunjung sehingga banyak yang memanfaatkan lokasi ini sebagai lokasi untuk sesi foto prawedding.

lokasi candi sambisari
gambar lokasi candi sambisari

5.      Kebun Buah Mangunan

Lokasi Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Dlingo Bantul atau tepatnya sekitar 35 Km dari pusat kota Jogja. Masyarakat sekitar sering menyebut pula dengan istilah "Bukit Di Atas Awan", pasalnya tempat ini memang secara letak geografis berada di atas perbukitan. Jika beruntung kamu akan mendapatkan moment dimana kumpulan awan yang mengumpal dan berjalan perlahan di kaki bukit tepat dibawah anda. Liburan ke Jogja bersama keluarga akan terasa begitu lebih menyenangkan dengan suasana dingin menikmati panorama alam yang indah. Selain dapat berfoto ria di kawasan ini, kamu pun dapat menjadikan tempat ini sebagai wisata edukasi bagi putra dan putri untuk mengenal beberapa jenis buah dan bunga. Selain itu sebagai oleh-oleh, kamu pun dapat sepuasnya berbelanja aneka jenis buah segar untuk dibawa pulang nantinya.

pemandangan matahari terbit di kebun buah
pemandangan matahari terbit di kebun buah

6.      Gunung Api Purba

Gunung ini Merupakan gunung berapi yang aktif pada sekitar 60-70 juta tahun yang lalu dan pada saat ini sudah tak aktif . Gunung ini berbentuk bongkahan batuan beku andesit yang memiliki diameter luas sekitar 800 meter dan tinggi sekitar 300 meter. Keindahan alam sekitar membuat dewasa ini mulai dilirik oleh para wisatawan.

Kegiatan pariwisata yang dapat dilakukan ditempat ini yakni dapat menikmati panorama alam sekitar yang terdiri dari tebing bukit berbatu yang terbalut apik dengan hutan-hutan sekitar dan juga danau berwarna air hijau, menikmati moment sutset dan sunrise hingga olahraga panjat tebing (rock climbing). Terdapat pula sebuah perkampungan yang khusus dihuni maksimal 7 rumah dari 7 kepala keluarga saja. Cukup unik bukan? Lokasi Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul atau tepatnya berjarak sekitar 26 Km dari Jogja dengan waktu tempuh sekitar 60 menit perjalanan.

suasana dari kaki Gunung Api Purba

suasana dari kaki Gunung Api Purba

7.      Kaliadem

Merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang terdapat di lereng bagian selan dari Gunung Merapi. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, lokasi ini juga sering dijadikan sebagai posko pengamatan terhadap kegiatan aktifitas vulkanik dari gunung tersebut. Liburan di Kaliadem memang menawarkan pelangalam berbeda, pasalnya para wisatawan dapat melihat lava dari Gunung Merapi secara langsung dan tentunya aman bagi keselamatan wisatawan itu sendiri. Lokasi wisata Kaliadem dapat kamu capai dari pusat kota Jogja dengan menggunakan rute menuju Kaliurang, kemudian arahkan kendaraan kamu menuju pertigaan Pakem dan lanjut menuju Kaliadem.

kaliadem jogja
kaliadem jogja

8.      Kalibiru

Sebuah objek wisata alam di Jogja yang menawarkan pengalaman dapat menikmati panorama hutan segaligus danau serta jajaran pegunungan yang indah. Lokasi Kalibiru terletak di sebelah barat dari kota Jogja atau tepatnya di Desa Hargowilis, Kulonprogo. Pada 2015 lalu, tempat wisata ini pernah mendapatkan puncak kepopulerannya dengan banyaknya para wisatawan yang mengupload beberapa foto indah di berbagai jejaring sosial media. Alhasil membuat nama wisata Kalibiru banyak diperbincangkan dan membuat penasaran akan suasananya. Dimana pada salah satu sudut tempat wisata ini menyediakan spot berfoto yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin bernarsis ria diatas papan kayu pada sebuah pohon. Sehingga menghasilkan foto yang indah berpadu dengan pemandangan lembah hutan pinus di bawahnya. Sungguh pengalaman liburan yang seru bukan?

spot berfoto terfavorit di Kalibiru

spot berfoto terfavorit di Kalibiru

9.      Goa Kalisuci

Lokasi Goa Kalisuci terletak di Jetis, Semanu, Gunungkidul atau tepatnya sekitar 47.4 Km dari pusat kota Jogja dengan lama perjalanan sekitar 90 menit menggunakan rute Jl. Raya Sawahan. Merupakan sebuah paket wisata Jogja yang lengkap, terutama bagi kamu yang gemar akan kegiatan alam dan adventure. Kamu dapat mencoba wahana wisata perpaduan antara menyusuri goa (caving), arung jeram (rafting) dan berjalan kaki (tracking). Sensasi saat memasuki Goa Kalisuci sudah mulai terasa begitu saat kamu mulai turun menuju sungai bawah tanah, ditambah dengan airnya yang jernih dan suasa-suara alam akan menjadi teman seperjalanan yang begitu menyenangkan. Mengikuti aliran sungai tersebut dengan menggunakan sebuah ban begitu mengasikan, ditambah bilamana kamu datang dalam jumlah rombongan pasti akan terasa lebih seru. Untuk dapat menikmati semua kegiatannya, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, dimana kamu hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 80.000/orang (minimal 5 orang) untuk cave tubing Kalisuci. Cukup terjangkau bukan? tak salah memang jikalau memasukkan namanya sebagai wisata Jogja termurah.

kegiatan menyusuri Goa Kalisuci

keseruan dalam kegiatan menyusuri Goa Kalisuci

10.      Goa Jomblang

Lokasi Goa Jomblang terletak tak jauh dari Goa Kalisuci yang hanya berjarak sekitar 5.1 Km dengan waktu tempuh hanya sekitar 11 menit. Khusus bagi kamu yang gemar dengan kegiatan alam yang memacu adrenalin, maka saya rekomendasikan untuk mengunjungi tempat ini. Mengacu dari sebuah acara Amazing Race America pada tahun 2011 yang menjadikan tempat wisata alam di Jogja yang satu ini sebagai lokasi arena dilangsungkannya acara tersebut.

Wisata Goa Jomblang merupakan sebuah goa vertical yang menuntut untuk para wisatawan agar turun menuruni goa dengan menggunakan tali dengan teknik tertentu (Rapling), bagi kamu yang ingin mencobanya kamu akan di dampingi oleh seorang pemandu yang dapat membantu kelancaran kegiatan tersebut. Adrenalin yang tercipta bercampur dengan rasa takut sekaligus penasaran ketika kamu mulai mencoba menuruni goa ini, akan tetapi semua itu akan terbayar lunas dengan bonus suasana didalam perut goa. Takjub akan bentuk keindahan dinding-dinding goa akan bertambah syahdu kala adanya sinar matahari yang menerobos masuk menembus dari atas mulut goa, tentu akan menjadi pengalaman yang unik sekaligus eksotis.

panorama didalam perut Goa Jomblang

indahnya panorama didalam perut Goa Jomblang

11.      Goa Rancang Kencana

Berada di Gunungkidul yang memiliki suasana hening dan sejuk dikarenakan alam sekitarnya yang tergolong maasih sangat asri dan alami. Lokasi Goa Rancang Kencana terletak tak jauh dari lokasi Air Terjun Sri Gethuk, dimana untuk dapat menikmati keduanya, kamu hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 35.000/orang sebagai tiket masuknya. Konon menurut cerita yang beredar, goa ini pada jaman penjajahan Belanda pernah menjadi saksi perjuangan para pendahulu kita dalam memerangi para penjajah di tanah Jawa. Oleh karena alasan tersebutlah, maka goa ini dinamakan Rancang Kencono yang dapat diartikan sebagai tempat merancang tindakan mulia.

mulut Goa Rancang Kencana

view dari mulut Goa Rancang Kencana

12.      Goa Pindul

Tempat wisata di Wonosari yang satu ini memang pernah beberapa kali mempunyai catatan kelam yang memaksa harus di tutup sementara. Pada tahun 2013 yang lalu pernah terjadi peristiwa kelam yang merenggut nyawa dua orang pelajar karena tenggelam di kawasan ini. Kemudian setalah melakukan perbaikan sarana fasilitas, maka pada 2014 wisata ini mulai dibuka kembali untuk umum. Namun naas kejadian serupa pada 2016 terulang kembali, kali ini yang menjadi korban justru adalah seorang guide operator yang tewas karena tenggelam. Maka kembali mengharuskan Goa Pindul ditutup selama 3 hari sebagai waktu untuk berkabung. Dengan beberapa catatan tersebut, maka pihak pengelola mulai melakukan perubahan total termasuk standar operasional prosedur (SOP) yang wajib untuk mengutamakan keselamatan terhadap wisatawan termasuk guide operator itu sendiri.

Lokasi Goa Pindul terletak di Desa Beriharjo, Karangmojo, Gunungkidul atau tepatnya sekitar 41 Km dari pusat Jogja. Pada tempat ini, kamu dapat bermain air sepuasnya bersama para sahabat, kemudian menyusuri goa (cave tubing) dengan duduk diatas ban yang telah disediakan. Kegiatan ini terasa begitu menyenangkan dimana kesegaran air dan juga dinding-dinging goa yang eksotis menambah keseruan kala berpetualang bersama-sama. Puas bermain di Goa Pindul, kamu dapat juga berkunjung ke Pantai Indrayanti yang hanya berjarak sekitar 35 Km.

mulut goa pindul

suasana sebelum masuk ke dalam Goa Pindul

Semoga artikel tentang 12 destinasi wisata alam Jogja selain pantai yang wajib kamu kunjungi dapat bermanfaat dan menambah daftar tempat wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga ketika berloibur ke kota jogja.