Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengempukkan Daging Dengan Ekstrak Tumbuhan

cara mengempukkan daging

Duniahobiku.com - Bagaimana cara mengempukkan daging dengan menggunakan tumbuhan ? Tingkat kenikmatan daging dapat dinilai dari berbagai parameter. Salah satu parameter yang dapat digunakan adalah tingkat keempukan daging. Para pembeli bersedia untuk membayar lebih mahal untuk mendapatkan daging yang sudah terjamin keempukannya. Tekstur daging sendiri ditentukan oleh kekuatan benang serat daging yang biasa disebut miofibril dan jaringan penghubung antar serat tersebut. Lemak memainkan peranan yang sangat sedikit terhadap tingkat keempukan daging. Semakin kuat benang miofibril dan jaringan penghubungnya, maka semakin keras tekstur daging.

Mekanisme paling mudah yang digunakan untuk mengempukkan daging adalah dengan menghancurkan ikatan yang kokoh antara benang miofibril dan jaringan penghubungnya. Penelitian tentang senyawa yang dapat digunakan untuk memutus ikatan miofibril yang kokoh sudah dikembangkan sejak 60 tahun yang lalu. Senyawa tersebut merupakan enzim yang berasal dari sumber alami. Tumbuhan merupakan salah satu sumber enzim alami yang dapat digunakan. Beberapa tumbuhan dan enzimnya yang sudah dimanfaatkan antara lain bromelin dari nanas, papain dari pepaya, fisin dari buah ara, aktinidin dari kiwi dan enzim dari jahe. Semua enzim ini memiliki kemampuan yang sama untuk memutus ikatan kuat pada serat miofibril dan jaringan penghubungnya.

Meskipun berasal dari tumbuhan, masing-masing enzim memiliki kekuatan yang berbeda untuk mengempukkan daging. Hal ini telah dibuktikan dengan sebuah penelitian dari Universitas Nebraska. Papain dari pepaya jangan dibiarkan terlalu lama meresap pada daging karena akan menyebabkan daging menjadi terlalu lembut. Bromelain dari nanas harus dipastikan meresap lebih lama dibandingkan papain karena kurang kuat untuk menghancurkan ikatan miofibril yang kuat. Fisin, aktinidin dan enzim dari jahe memiliki kemampuan pengempukan yang lebih rendah dibandingkan bromelain dan papain.

Mengempukkan daging dengan menggunakan hasil tumbuhan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar proses pengempukan daging lebih efektif. Suhu harus tetap dijaga pada keadaan optimal 50-700C. Oleh karena itu, proses pengempukan daging dengan beberapa bahan tumbuhan alami ini dapat dengan mudah dilakukan jika ada proses pemasakan yang mengakibatkan enzim bisa bekerja dengan baik. Selain itu, hancurkan tumbuhan yang disebutkan di atas terlebih dahulu atau dibuat ekstrak terlebih dahulu. Pastikan saat proses pengempukan anda telah melapisi permukaan daging secara merata hingga meresap sampai ke daerah dalam daging lalu diamkan terlebih dahulu sekitar 30-45 menit sebelum siap diolah sesuai dengan selera.  Memukul permukaan daging dengan palu pengempuk daging juga dapat membantu proses pengempukan.

Semoga artikel tentang Mengempukkan Daging Dengan Ekstrak Tumbuhan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang manfaat lain dari berbagai jenis tumbuhan yang ada.