Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Buah Kaya Serat yang Bisa Menjauhkan Anda dari Sembelit

 buah kaya serat

Duniahobiku.com - Buah kaya serat sangat diperlukan dalam  proses metabolisme tubuh untuk membantu proses pencernaan. Serat berfungsi untuk memperlancar  pembuangan sisa-sisa makanan yang telah dikomsumsi sehingga menghindari terjadinya konstipasi atau lebih dikenal dengan sembelit sehingga sesorang akan mengalami kesulitan saat buang air besar (kurang lancar) dan jika dibiarkan berlarut maka kondisi ini bisa mengundang berbagai penyakit seperti perut kembung dan mual serta penyakit lainnya.

Oleh karena itu Anda sebaiknya selalu mengkomsumsi makanan sehat sebagai salah satu gaya hidup Anda. Kita dikelilingi oleh berbagai jenis  makanan dan buah-buahan yang memiliki serat yang bisa dikonsumsi secara langsung meskipun tanpa diolah dan anda hanya perlu membersihkan buah tersebut.  Ada banyak jenis buah dan sayuran yang memiliki serat yang sangat baik untuk pencernaan anda Namun, Sayangnya beberapa sayuran dan buah-buahan ini seringkali dilupakan oleh orang dan lebih suka mengkonsumsi makanan junkfood atau makanan cepat saji seperti burger, pizza, dan lain sebagainya.

Berikut Jenis-jenis buah kaya serat yang sebaiknya anda komsumsi setiap hari untuk meningkatkan kesehatan anda dan keluarga :

1.      Acai berry

Mungkin buah ini tidak sepopuler “saudaranya” yang lain seperti anggur, apel dan jeruk namun khasiatnya tidak kalah dibandingkan ketiganya. .  Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya karena buah ini juga sulit untuk didapatkan karena buah ini khas dari negara Brasil.

Sepintas buah ini memiliki kemiripan dengan bentuk buah anggur. Jenis berry ini adalah jenis yang terbaik karena mengandung lebih banyak serat dan antikoksidan. Kandungannya seratnya bisa mencapai 5,3 gram per 100 gram buah  sehingga buahnya sering diolah menjadi minuman energi maupun tablet untuk produk melangsingkan tubuh

buah acai berry
gambar buah acai berry

2.      Apel

Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang mudah kita jumpai hampir di setiap toko buah sehingga untuk membelinya bukanlah hal yang sulit.  Serat apel banyak terdapat pada kulitnya baik pada apel yang berwarna merah maupun yang berwarna lainnya. Zat ini disebut dengan quercetin yang dapat juga membantu Anda mencegah alergi dan penyakit jantung.  Bagi anda yang sedang melakukan program diet untuk menjaga berat badan agar ideal, buah ini bisa anda komsumsi secara rutin karena seratnya bisa melancarkan pencernaan dan membuang lemak dalam tubuh. Dalam 100 gram buah apel kita dapat menemukan sekitar 4,4 gram serat buah.

buah apel
gambar buah apel

3.      Alpukat

Alpukat adalah produsen dari lemak tak jenuh yang dapat mengurangi keberadaan lemak jenuh pada darah sehingga mengurangi resiko stroke dan gangguan jantung. Selain juga serat yang cukup tinggi dalam 1 buah alpukat dapat memperlancar pencernaan di dalam usus-usus Anda. Kandungan serat alpukat setiap 100 gram bisa mencapai 6,7 gram dan itu setara dengan kebutuhan serat orang dewasa sebanyak 22 %. Buah alpukat bisa dikomsumsi secara langsung saat matang ataupun mengolahnya menjadi minuman yang menyegarkan (jus alpukat).

buah alpukat
gambar buah alpukat

4.      Pisang

Banyak orang yang tidak suka pisang karena dianggap buah yang kurang prestisius atau buah kampung. Padahal. Selain dipenuhi dengan serat yang tinggi, pisang juga memproduksi karbohidrat yang dapat memperlancar metabolisme yang tinggi. Rasanya yang manis saat matang membuat buah ini sering dikomsumsi secara langsung. Ada banyak jenis pisang dan  bisa diolah dalam berbagai bentuk makanan kaya serat. Sekedar informasi, dalam 100 gram buah pisang terkandung sekitar 3.1 gram serat. Namun sebaiknya hindari mengkomsumsi buah ini dalam keadaan masih hijau (belum matang) karena rasanya yang pahit dan sepat.

buah pisang
gambar buah pisang

5.      Blackberry

Buah berwana hitam ini memiliki rasa manis dan asam seperti buah lainnya yang masih berkerabat dekat seperti Blueberry,strawberry dan cranberry. Buah ini kaya akan vitamin C tetapi Banyak yang belum mengetahui bahwa jenis buah berry ini juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk metabolisme tubuh anda dan bukan hanya vitamin c saja tetapi buah blackberry juga kaya akan polifenol yang dapat mencegah dari osteoporosis dan kanker. Menurut sebuah penelitian hanya dengan mengkomsumsi 1 cup Blackberry ternyata telah mampu memenuhi kebutuhan serat sebanyak 31 %. 

buah blackberry
gambar buah blackberry

6.       Blueberry

Jenis buah ini memiliki rasa yang hampir sama dengan blackberry. Serat pada buah blueberry mencapai 3,6 gram dalam setiap 100 gram bahan.  Bagi anda yang memiliki masalah dengan mata minus dan gangguan kulit, buah ini juga sangat baik untuk anda komsumsi. Jadi seratnya bukan hanya membuat anda langsing tetapi juga semakin cantik.

buah blueberry
gambar buah blueberry

7.      Jagung

Siapa sangka buah yang sering direbus ataupun dijadikan jagung bakar ini ternyata memiliki serat yang baik untuk dikomsumsi. Dalam satu buah jagung yang anda komsumsi anda bisa memperoleh serat sebanyak 2 gram. Namun jika anda tidak menyukai jagung bakar maupun jagung rebus tentu saja ada pilihan lain yaitu Pop Corn. Bagi anda yang memiliki hobi nonton film di bioskop pasti tidak akan ketinggalan dengan cemilan yang satu ini dan tanpa disadari saat nonton anda sudah mengkomsumsi serat yang baik untuk pencernaan anda.

Nonton Film Sambil Makan PopCorn
Nonton Film Sambil Makan PopCorn

Semoga artikel tentang 7 Buah Kaya Serat yang Bisa Menjauhkan Anda dari Sembelit diatas bisa membantu anda mengatasi dan meringankan penderitaan anda. Selain manfaat kesehatan, Anda juga akan mendapatkan bonus kulit yang indah yang akan membuat anda semakin percaya diri. Oleh karena itu merubah pola hidup dengan cara mengkonsumsi buah kaya serat  sehat adalah salah satu cara yang paling alami dan sehat.