Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Ular Di dunia

  

fakta unik seputar ular

Duniahobiku.com – Reptil yang satu ini bisa membuat banyak orang ketakutan saat melihatnya tetapi tidak sedikit yang menjadikannya hewan peliharaan yang eksotik. Stigma negatif banyak melekat pada reptile melata yang satu ini tetapi sebenarnya hewan ini memiliki banyak keunikan yang mungkin tidak banyak diketahui masyarakat. Penasaran apa saja fakta unik dan menarik seputar ular. Simak terus artikel dibawah ini.

Ular merupakan hewan yang memiliki bisa atau racun yang paling mematikan di dunia namun tidak semua spesies ular memiliki bisa atau racun contohnya seperti ular phyton, ular sawah, ular anaconda dan lain lain. Ularpun memiliki penyebaran merata hampir di seluruh dunia, hampir di semua belahan bumi ini terdapat ular terkecuali kutub, jenis ularpun sangat banyak dan setiap jenis memiliki keunikan masing-masing, Ular juga dapat menjadi peliharaan yang unik dan eksotik.

Mungkin kita sering melihat ular dalam kehidupan kita sehari-hari, baik di TV, majalah ataupun media elektronik lainnya. namun tahukah anda bahwa ular memiliki keunikan dan mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas keunikan ular atau fakta ular.

1.      Ular dapat berganti kulit

Ular merupakan hewan yang unik di mana dapat mengganti kulitnya dengan kulit yang baru biasanya ular mengganti kulitnya 3-4 bulan sekali. Namun  hal unik yang terjadi pada ular adalah seumur hidup ular akan terus mengganti kulitnya dan proses pergantian kulit ini di alami oleh semua jenis ular tidak terkecuali.

ular ganti kulit
gambar ular ganti kulit

2.      Ular tidak dapat mendengar

Pernahkah anda melihat ular bergerak mengikuti suara seperti pada saat kita melihat seorang pawang ular dari India memainkan serulingnya.  Ular akan bergerak ketika pawang ular memainkan suling namun ternyata hal tersebut tidaklah benar, ular tidak mengikuti suara suling sang pawang karena ular tidak dapat mendengar. Ular hanya dapat mendeteksi gerakan saja. Hal yang membuat ular bergerak adalah gerakan suling yang di lakukan oleh yang pawang dan ular tersebut dalam keadaan siaga, biasanya ular yang sering di atraksikan adalah ular cobra.

pawang ular di india
gambar pawang ular di india

3.      Ular dulunya mempunyai kaki

Pada jaman dahulu ular memiliki kaki yang di gunakan untuk bergerak namun seiring dengan evolusi dan seleksi alam kaki pada ular berlahan-lahan menghilang. Hal ini dapat kita buktikan dengan melihat susunan tulang ular yang terdapat tulang menonjol seperti kaki di bagian bawah tulang ular. Hal ini dibuktikan dengan penemuan fosil ular berkaki 4 di Argentina yang berasal dari masa 70 juta tahun yang lalu.

fosil ular berkaki 4
gambar fosil ular berkaki 4

4.      Lidah ular di gunakan sebagi indara pencium dalam berburu

Lidah pada ular memiliki peran yang sangatlah penting di mana lidah ular berfungsi sebagai alat penciuman yang di gunakan untuk berburu mangsanya. Ular senantiasa menjulurkan lidahnya untuk menangkap partikel-partikel bau mangsanya di udara, biasanya dalam berburu mangsanya ular akan mengikuti partikel bau tersebut.

lidah ular
gambar lidah ular

5.      Hidung ular tidak berfungsi dalam mencium aroma

Walupun ular memiliki hidung namun hidung pada ular tidaklah berfungsi untuk mencium aroma. Hidung ular hanya di gunakan untuk bernafas saja, dalam mencium aroma disekitarnya ular menggunakan lidahnya.

hidung ular
gambar hidung ular

6.      Ular memiliki bisa dan tidak pernah habis

Ular adalah hewan yang memiliki bisa atau racun yang sangat mematikan di dunia namun tidak semua ular di dunia memiliki racun, keunikan pada ular adalah bisa mereka tidaklah pernah habis dan bisa pada ular berfungsi untuk melumpuhkan mangsa dan mempertahankan diri dari predator.

bisa ular
gambar bisa ular

7.      Ular adalah perenang yang handal

Walupun ular tidak memiliki kaki namun ular adalah hewan dengan keahlian berenang yang handal, ular berenang dengan cara meliuk-liukkan badannya di dalam air.

ular berenang di air
gambar ular berenang di air

8.      Ular juga ada yang hidup di air

Ternyata tidak hanya di darat saja, ular juga ada yang hidup di dalam air seperti ular laut, ular laut biasanya hidup di dasar laut dan makanan utama dari ular ini adalah ikan-ikan di dalam laut, ular laut juga merupakan ular paling berbisa di dunia di bandingkan dengan ular cobra hanya saja ular ini lebih tenang dan tidak agresif di banding dengan ular cobra. Ular laut memiliki racun miotoksin yang dapat menyebabkan otot tubuh menjadi kaku dan rusak.

ular laut
gambar ular laut

9.      Ular Tidak Takut garam

Kita sering mendengar dimasyarakat bahwa ulat takut akan garam. Hal ini tidaklah benar dan hanya mitos, bagi yang sering berkemah pun kerap menaburkan garam disekelilng tenda untuk mengyusir ular. Faktanya ular tidak takut garam. Ular bukan hewan yang memiliki kulit berlendir seperti siput tapi bersisik.

Semoga artikel tentang 9 Fakta Unik Dan Menarik Seputar Ular Di dunia dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang reptil yang ada di dunia.