Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Wisata Bukit Kapur Di Indonesia Yang Memiliki Pemandangan Unik

  wisata bukit kapur

Duniahobiku.com – Wisata bukit kapur mungkin tidak sepopuler dibandingkan beberapa tempat wisata lainnya seperti pantai, gunung, danau dan sungai, padahal berlibur ke perbukitan kapur juga tidak kalah menarik karena menyajikan pemandangan unik yang mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya. Artikel dibawah akan membawa anda kebeberapa bukit kapur di Indonesia yang bisa menjadi alternatif liburan anda bersama keluarga dan ingin merasakan sensasi berbeda saat berlibur.

Indonesia mempunyai alam yang indah serta potensi sumber daya alam yang melimpah. Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia memiliki bentang alam yang begitu mempesona, tersebar diseluruh wilayahnya mulai dari Sabang hingga Marauke. Maka tak heran jika dunia menyebut Indonesia sebagai Surga Khatulistiwa. Selain mempunyai pemandangan alam indah yang menjadi modal utama untuk mendukung sektor pariwisata di Indonesia, ternyata alam Indonesia juga menyimpan beragam potensi sumber daya alam yang berlimpah luas seperti wisata bukit kapur. Terbukti berdasarkan data dari Indonesia Mining Asosiation, negara kita menduduki peringkat ke-6 terbesar untuk negara yang kaya akan sumber daya tambang meliputi sumber daya batu bara, minyak dan gas bumi, emas, timah, tembaga serta nikel.

Banyak dari kita yang tentunya sudah tak asing lagi dengan sederet lokasi objek tempat wisata di Indonesia berupa pegunungan, perbukitan, lembah, pantai, pulau, goa, danau atau air terjun. Namun pernahkah terlintas dalam benak akan wisata alam di Indonesia lainnya selain itu semua? Jika kamu telah merasa bosan dengan beberapa nama besar tempat wisata di Indonesia terpopuler, maka ada baiknya kamu dapat mencoba wisata alternatif lainnya. Duniahobiku akan memberikan beberapa referensi tentang lokasi wisata bukit kapur di Indonesia dan kumpulan area bekas tambang yang kini telah menjelma menjadi tempat wisata indah di Indonesia yang sayang bila kamu lewatkan.

Terinspirasi dari beberapa daerah yang memiliki gugusan bukit kapur (karst) terindah di Indonesia yang beberapa lokasinya notabene merupakan daerah pertambangan yang telah sejak dahulu di eksploitasi untuk berbagai keperluan industri.  Bukit batu kapur (Gamping) dapat terjadi melalui beberapa cara antara lain secara organik, mekanik atau kimia. Kendati demikian secara umum batu kapur yang terdapat pada alam biasanya terbentuk secara organik yang berasal dari endapan cangkang (rumah kerang/siput), ganggang (foraminifera) atau bisa juga dari kerangka binatang koral/kerang. Dari beragam kegiatan pertambangan di Indonesia yang banyak tersebar hampir merata diseluruh kepulauan, ternyata dari beberapa lokasi tambang tersebut tanpa disadari juga memiliki potensi keunikan yang mampu membuat siapapun takjub akan keindahannya. Bahkan tak jarang dewasa ini banyak para wisatawan yang hanya datang sekedar untuk dapat berfoto bukit batu kapur terbaik ini. Penasaran lokasi mana saja yang dimaksud, kamu dapat menyimak ulasannya pada artikel dibawah ini:

1.      Gunung Masigit Padalarang

Salah satu objek wisata terbaru di Bandung yang saat ini terbilang sedang naik daun ialah Gunung Masigit. Sejak kemunculan foto-foto indah tempat ini di berbagai jejaring media sosial pada 2016 lalu, begitu mencuri perhatian khalayak luas terutama bagi para remaja atau berbagai komunitas panjat tebing. Mengapa demikian? Melalui beberapa foto yang diunggah memperlihatkan sekelompok remaja yang begitu asik bermain hammock diatas ketinggian sekitar 100 meter. Sontak saja hal tersebut membuat banyak orang penasaran akan lokasi tempat kegiatan ekstrem itu. Melalui beberapa informasi menyebutkan bahwa lokasi kegiatan tersebut ialah pada salah satu sudut di Tebing Masigit Padalarang.

Gunung Masigit Padalarang

Gunung Masigit Padalarang

Lokasi tebing Masigit terletak di kawasan gunung Masigit, Cipatat, Padalarang, Bandung dimana untuk menemukan lokasinya terbilang cukup mudah. Mungkin hal tersebut juga mempengaruhi tingginya minat wisatawan untuk datang berkunjung secara langsung ke tempat ini. Dari banyaknya pengunjung, secara umum mereka mengaku penasaran dengan tempat yang satu ini dikarenakan melihat beberapa foto yang di unggah pada berbagai media sosial. Apakah anda salah satu yang penasaran ingin menguji adrenalin ke gunung Masigit?

2.      Stone Garden Padalarang

Apa itu Stone Garden? Stone garden merupakan sebuah kawasan yang terletak pada bukit Citatah yang memiliki fungsi sebagai area khusus tambang batu kapur yang telah dilakukan bahkan sejak pertengahan abad ke-19 hingga saat ini. Sebenarnya dari segi karakteristik antara Stone Garden bukit Citatah hampir serupa dengan gunung Masigit, kemudian seiring berjalannya waktu kedua lokasi ini pun ramai diperbincangkan oleh para penggemar travelling semenjak kemunculannya di beberapa media sosial.

Stone Garden Padalarang
Stone Garden Padalarang

Bagi kamu yang gemar akan kegiatan outdoor dan panjat tebing mengunjungi kawasan Stone Garden Padalarang Bandung sangat direkomendasikan, dimana pada di kawasan ini terdapat setidaknya tiga titik jalur pemanjatan yang dapat kamu pilih sesuai dengan tingkat kesulitan. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, lokasi Stone Garden terletak di kawasan Citatah, Bandung Barat atau tepatnya tak jauh dari gunung Masigit.

3.      Bukit Arosbaya Madura

Kepopuleran bukit Arosbaya berawal dari sebuah lokasi tambang batu kapur yang kemudian kian lama kian banyak orang yang mengupload foto-foto indah tentang tempat ini, alhasil membuat rasa penasaran khalayak luas tentang lokasinya. Lokasi bukit Arosbaya terletak di desa Berbeluk, Arosbaya. Dengan akses jalan yang terbilang cukup mudah dari Surabaya membuatnya ramai diserbu oleh para penggemar travelling atau pun fotografi.

Bukit Arosbaya Madura
Bukit Arosbaya Madura

Kelebihan bukit Arosbaya jika dibandingkan banyak lokasi penambangan kapur pada umumnya ialah dari kegiatan penambangan secara tidak sengaja menghasilkan bentuk bukit yang unik sehingga mampu membuat siapapun terpukau memandangnya. Secara umum bentuk bukit ini memiliki bekas galian yang berbentuk kotak horizontal dengan ukuran dan panjang yang bervariasi, kemudian dari proses penggalian yang dilakukan secara terus menerus maka terciptalah rangkaian undakan seperti sebuah tangga, bahkan di beberapa titik pada bukit Arosbaya terdapat pula beberapa lubang yang hampir menyerupai sebuah goa. Tertarik berkunjung?

4.      Bukit Jaddih Madura

Mendengar namanya tentulah bagi kamu yang tak lepas dari dunia media sosial sudah tak asing bukan? Hal tersebut memang tak mengherankan, mengingat bukit Jaddih Madura sempat viral yang membuat banyak orang penasaran dengan tempat wisata di Madura yang satu ini. Bukit Jaddih memang sebetulnya bukanlah sebuah objek wisata, dimana sebagai lokasi pertambangan batu kapur yang masih beroperasi hingga saat ini, namun dikarenakan kepopulerannya tempat ini nyaris tak pernah sepi dari para pengunjung yang tertarik ingin datang secara langsung.

Bukit Jaddih Madura
Bukit Jaddih Madura

Memiliki keunikan bentuk fisik tambang dengan batu kapur terlihat begitu mempesona, terlebih terdapat sebuah danau di tengahnya yang memiliki warna air biru. Sungguh cantik bukan? Keindahan guratan pola-pola pada dinding tebing di bukit jadi terlihat begitu eksotis terlebih jika diabadikan dalam bentuk sebuah karya foto. Oleh sebab itulah tempat ini begitu terkenal dikalangan para remaja penggemar fotografi atau bagi pasangan muda yang mencari lokasi photoshoot prawedding. Lokasi bukit Jaddih terletak di desa Jaddih, Socah, Bangkalan atau tepatnya sekitar 10 km dari pusat kota Bangkalan.

5.      Bukit Jamur Gresik

Mengapa dinamakan bukit Jamur? bukan karena ditumbuhi banyak tumbuhan jamur, melainkan pada bukit seluas 1 hektar ini terdapat beragam batu dengan segala ukuran yang berbentuk seperti sebuah Jamur. Sungguh unik bukan? Dikarenakan keunikan tersebutlah maka pada 2015 lalu, bukit Jamur pernah didatangi oleh sebuah acara travelling miliki salah satu stasiun tv swasta. Melalui acara tersebut dan juga beberapa foto di media sosial maka saat ini tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Gresik terpopuler. Lokasi bukit Jamur terletak di desa Bungah, kecamatan Bungah atau tepatnya sekitar 40 menit waktu tempuh dari pusat kota Gresik. Berfoto ria merupakan hal wajib bilamana kamu berkunjung ke lokasinya, dengan latar belakang batu-batu jamur maka akan menghasilkan sebuah karya foto yang unik sekaligus mengagumkan. Oleh sebab itulah, bukit Jamur begitu ramai dikunjungi oleh para remaja yang ingin berfoto dan mengabadikan pemandangan unik tersebut.

Bukit Jamur Gresik
 Bukit Jamur Gresik

6.      Bukit Kapur Sekapuk Gresik

Lokasi bukit Sekapuk terletak di desa Sekapuk, Ujungpangkah atau tepatnya hanya sekitar 16.7 km dari bukit Jamur. Dengan lokasi yang cukup dekat, maka sangat sayang bilamana kamu melewatkan bukit Sekapuk. Mempunyai bentuk bukit tambang kapur yang tak biasa yakni berupa dinding-dinding bukit yang penuh dengan lubang menyerupai sebuah goa dengan ukuran yang sangat besar, kita akan melihat pemandangan truk-truk pengangkut batu kapur yang keluar-masuk kedalam goa tersebut. Kelebihan lainnya ialah goa atau lubang tersebut memiliki permukaan seperti sebuah balok-balok yang tersusun rapih sehingga bentuknya begitu tertata. Berfoto merupakan kegiatan yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin berkunjung, dimana kamu dapat berfoto dalam lubang-lubang unik tersebut, selain itu masih terdapat pula sebuah tebing yang memiliki bentuk seperti sebuah pilar dengan ukuran yang sangat besar. Sungguh mengagumkan bukan? Layaknya pada bangunan khas Romawi, dimana berada di bukit Sekapuk imajinasi kamu akan dibawa seakan sedang berada di jaman kuno.

Bukit Kapur Sekapuk Gresik
Bukit Kapur Sekapuk Gresik

7.      Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi notabene merupakan sebuah kawasan pengambangan batu breksi yang ada di wilayah Jogja, namun sejak 2015 lalu pihak Pemprov DIY memutuskan untuk menghentikan segala aktivitas penambangan pada area tersebut. Seperti yang telah diketahui, Jogja mempunyai sumber daya alam batu Breksi yang berlimpah. Oleh sebab itulah banyak kawasan Jogja yang menjadi pusat penambangan batu jenis tersebut, akan tetapi dari proses penggalian batu yang telah dilakukan sejak lama justru meninggalkan guratan atau pola pada permukaan tebing yang begitu menarik perhatian. Dikarenakan keindahan tersebutlah maka banyak orang yang secara kebetulan berlibur di Jogja tertarik untuk datang dan berfoto ria mengabadikan pemandangan yang ada. Seperti itulah asal usul tebing Breksi Jogja yang pada saat ini terbilang sangat populer dikalangan pecinta traveller ataupun fotografi.

Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi Jogja

Masyarakat setempat yang dulunya berprofesi sebagai penambang batu Breksi yang sudah tak mempunyai sumber mata pencarian berinisiatif untuk menjadikan area bekas tambang ini sebagai salah satu objek tempat wisata Jogja terbaru. Lokasi tebing Breksi terletak di desa Sambirejo, Prambanan, Kalasan, Sleman atau tepatnya berdekatan dengan Candi Prambanan.

8.      Watu Giring Jogja

Mungkin ada beberapa dari kamu yang masih cukup asing mendengar Watu Giring, ya hal tersebut memang cukup lumrah mengingat tempat ini merupakan wisata baru di Jogja yang belum begitu populer. Kendati demikian banyak para remaja kota Gudek ini yang sengaja datang untuk berfoto atau berselfie ria di lokasi ini, kemudian mereka mengupload foto-foto tersebut pada jejaring media sosial yang sontak saja membuat Watu Giring kini mulai di lirik khalayak luas. Dewasa ini lokasi Watu Giring yang terletak di desa Jelok, Semanu, Gunungkidul pun ramai dikunjungi pula oleh berbagai komunitas fotografi baik dari kota Jogja atau pun luar kota. Dimana menurut penuturan mereka sengaja datang untuk berburu spot-spot foto baru yang memiliki potensi keindahan seperti ditempat ini.

Watu Giring Jogja
Watu Giring Jogja

Mungkin bagi kamu tentu penasaran akan bentuk serta suasana di Watu Giring bukan? Sebenarnya lokasi ini merupakan sebuah area bekas tambang batu kapur yang menyisakan bentuk pola unik seperti sebuah anak tangga yang ada pada bangunan candi. Berkeliling dan mengagumi keindahannya para pengunjung akan terbawa suasana layaknya sedang berada pada jaman batu khas masa Megalitikum. Dikarenakan Watu Giring masih tergolong baru, maka kamu tak akan dikenakan biaya tiket masuk Watu Giring. Dimana nantinya kamu hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Bagi kamu yang ingin berkunjung, kamu dapat langsung mengarahkan kendaraan dari Jogja menuju Wonosari, lalu ikuti jalan menuju arah Semanu. Kemudian belok kanan sebelum rtumah sakit Pelita Husada, dari titik tersebut sudah ada beberapa plang petunjuk jalan menuju Watu Giring.

9.      Gunung Api Purba Jogja

Apa itu Gunung Api Purba? mungkin ada beberapa dari kamu yang belum mengenal tempat ini. Merupakan sebuah gunung berapi dengan ketinggian 700 mdpl yang telah ada sejak 60-70 tahun yang lalu, namun saat ini gunung tersebut sudah tak aktif lagi. Lokasi Gunung Api Purba Jogja terletak di desa Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul atau tepatnya sekitar 25 km dari Jogja. Berkunjung ke tempat ini sangat cocok bagi kamu yang gemar kegiatan outdoor, mengapa begitu? Pasalnya bukan hanya kamu dapat mendaki puncak gunung ini, tetapi kamu juga dapat menyalurkan hobi panjat tebing di kawasan ini. Selain itu terdapat pula beberapa kegiatan wisata seru yang dapat dilakukan seperti camping, berkunjung ke Kampung Pitu yaitu sebuah desa yang hanya khusus dihuni oleh 7 kepala rumah tangga saja, kemudian dapat berkunjung ke Embung Nglanggeran yaitu sebuah waduk/danau buatan yang terletak dipuncak gunung yang memiliki fungsi sebagai sumber air bagi Kebun Buah Nglanggeran dan dari titik ini kamu pun dapat melihat view Gunung Api Purba secara lebih jelas tanpa terhalang oleh apapun.

Gunung Api Purba Jogja
Gunung Api Purba Jogja

10.      Brown Canyon Semarang

Brown Canyon Semarang sebenarnya bukanlah sebuah objek tempat wisata Semarang, namun dikarenakan aktivitas penambangan material yang dilakukan sudah sejak lama secara terus menerus membuat bentuk bukit-bukit pada kawasan ini layaknya seperti Grand Canyon Amerika. Keindahan tempat ini menjadi salah satu tempat terfavorit bagi banyak pecinta fotografi. Tebing tinggi berpadu begitu harmonis dengan pepohonan pada puncaknya terlihat begitu eksotis dan fotogenik. Lokasi Brown Canyon Semarang terletak di Rowosari, Meteseh, Tembalang. Dimana bila kamu ingin berkunjung dapat menggunakan beberapa opsi jalan menuju Brown Canyon Semarang dengan rute sebagai berikut,

Brown Canyon Semarang
Brown Canyon Semarang

Dari arah Semarang Timur

Lewati Jl. Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang, lalu ambil arah kiri menuju perumahan Klipang (Klipang Golf). Setelah itu ikuti jalan hingga kamu melewati 3 buah jembatan besi pada sungai besar dan ada pertigaan kearah selatan lalu belok kanan. Ikuti jalan tersebut sekitar 2 km, maka kamu akan tiba di lokasi Brown Canyon.

Dari arah Batang, Kendal dan Simpang Lima Semarang

Arahkan kendaraan kamu hingga melewati Pasar Kambing, lalu lewati Mrican dan Kedung Mundu, setelah itu Sambiroto dan pada pertigaan Intan Permai Jl. Elang belok kiri. Kemudian ikuti jalan hingga tiba di perempatan Pasar Meteseh belok kiri, maka kamu akan langsung tiba di Brown Canyon.

Dari arah Solo, Jogja

Ikuti jalur menuju Banyumanik, Tembalang (Universitas Diponegoro), setelah itu arahkan kendaraan menuju Sigar Bencah hingga menemukan perempatan Pasar Meteseh dan ambil jalan lurus, maka kamu akan melihat lokasi Brown Canyon.

11.      Taman Purbakala Leang-Leang

Leang-leang dapat ditempuh dari kota Makassar kurang lebih selama 60 menit, lokasinya tidak jauh dari objek wisata  Bantimurung. Kata Leang berarti Goa. Memamng ditempat ini kita akan menemukan banyak goa yang konon dulunya ditempati oleh manusia purba. Hal ini  bisa dikonfirmasi dengan bukti-bukti yang berada pada dinding goa berupa lukisan babi rusa dan telapak tangan yang berusia ribuan tahun dan masih bisa kita saksikan hingga kini. Pemandangan menuju ketempat ini sangat indah dimana sawah dan deretan bukit kapur berpadu dengan hutan batu yang eksotik.

Hutan Batu Leang-leang
Hutan Batu Leang-leang

Semoga artikel 11 Wisata Bukit Kapur di Indonesia Yang Memiliki Pemandangan Unik dapat bermanfaat dan menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan kerabat.