Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips membeli Sepeda Agar Tidak Kecewa

 Tips membeli Sepeda

Duniahobiku.com - Ingin membeli sepeda? Jangan terburu-buru membelinya. Ada beberapa hal yang mesti anda ketahui sebelum memutuskan akan membeli sebuah sepeda baik itu sepeda bekas, baru, ataupun sepeda listrik. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam membeli sepeda yang bisa membuat anda kecewa karena salah membeli. Anda perlu sedikit tahu tentang sepeda agar  dapat memilih jenis sepeda yang cocok digunakan untuk anda dan keluarga. Artikel dibawah akan memberikan beberapa tips yang bisa anda jadikan panduan sebelum melakukan transaksi untuk memperoleh sepeda idaman anda.

Bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan. Dahulu sebelum adanya sepeda motor, sepeda digunakan sebagai transportasi sehari-hari. Kini seperti para gowes ketahui bahwa bersepeda sudah menjadi gaya hidup yang baru (tren hidup sehat). Sebelum kita bersepeda tentu saja kita harus membeli sepeda dan perlengkapannya tersebut. Lalu apa sajakah yang harus diperhatikan dalam membeli sepeda tersebut? Yuk para gowes, mari kita simak 8 Tips untuk membeli sepeda.

1.  Menentukan membeli langsung jadi atau para gowes ingin merakit sendiri

Saat kita akan membeli sepeda, terkadang kita bingung untuk menentukan apakah akan membeli jadi (full-bike) atau merakit sendiri. Jika para gowes adalah seorang pemula dalam dunia sepeda, maka full-bike atau membeli jadi adalah solusi terbaik, jika hanya digunakan sekedar untuk berolahraga dan sebagai alternatif olahraga saja. Kelebihan dari membeli jadi adalah lebih murah karena sepeda ini diproduksi massal dalam jumlah yang banyak. Tetapi juga ada kekurangannya yaitu terkadang tidak sesuai dengan selera kita. Selanjutnya adalah merakit sendiri. Jika merakit sendiri, kelebihannya adalah terdapat kepuasan tersendiri karena punya kita berbeda dari yang lain tapi kekurangannya pada biaya akan lebih mahal daripada membeli jadi. Biasanya yang merakit sendiri sepedanya adalah mereka yang sedang menekuni hobi bersepeda, bukan pemula.

sepeda full-bike

2.      Menentukan anggaran

Anggaran berperan sangat penting disini. Sepeda dengan spesifikasi yang bagus otomatis akan membutuhkan biaya yang lebih mahal dalam membelinya daripada yang biasa saja. Tergantung penggunaannya, jika hanya dgunakan sebagai alat transportasi dan olahraga maka harga dibawah 3 juta sudah cukup untuk memenuhi hal tersebut. Akan tetapi jika kita ingin menekuni hobi bersepeda, belilah sepeda dengan spesifikasi bagus yang mempunyai harga diatas 5 juta karena nantinya pasti ada keinginan kita untuk mengupgradenya ke yang lebih bagus lagi.

anggaran sepeda
Gambar Anggaran Sepeda

3.      Menentukan kegunaannya

Disini para gowes harus benar-benar memahami bahwa saat kita ingin membeli sepeda, tetapkanlah tujuan sepeda tersebut untuk apa, apakah hanya untuk bersepeda santai dan berolahraga, atau untuk balapan, atau juga untuk ke medan yang berat, terjal, dan berbatu.

Sepeda balap (road bike)dibuat untuk balapan dan  kecepatan. Didesain dengan bahan yang ringan dan aerodinamis sehingga membuat jalannya lebih cepat di jalan raya. Kekurangannya adalah sepeda ini tidak cocok dipakai di medan yang jalannya tidak rata dan berbatu karena lebih didesain untuk kecepatan di jalan raya yang lurus. Harganya pun cukup mahal, bahkan ada yang dibanderol hingga 200 jutaan.

sepeda balap
Gambar sepeda balap

Sepeda gunung (MTB). Sepeda ini banyak macamnya. Fungsinya dalah untuk berjalan di jalan yang tidak rata sesuai dengan kebutuhan. Cocok digunakan di kampung-kampung atau melintasi alam yang tidak rata jalannya.

sepeda gunung
Gambar sepeda gunung

Sepeda lipat (seli) adalah sepeda yang praktis yang dapat dilipat sehingga kita mudah membawanya kemana-mana. Sepeda ini cocok dipakai mereka yang sering bepergian jauh, berpindah tempat dengan kereta atau bis. Itulah beberapa jenis sepeda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kita, road bike dan MTB itu masih dibagi menjadi beberapa kategori lagi loh.

sepeda lipat
Gambar sepeda lipat

4.      Menentukan Full suspension (fulsus) atau hardtail (HT)

Fulsus lebih mengarah kepada kenyamanannya dan kontrol yang lebih baik karena terdapat suspensi di bagian belakang dan bagian depan. Kalau hardtail (HT) lebih ke efisiensi saat menggowes sepeda. Tergantung anda mana yang anda inginkan, apakah mementingkan dari sisi kenyamanan atau efisiensi.

5.      Memilih komponen, part, atau groupset

Sepeda terbaik adalah sepeda dengan perpaduan tepat antar komponennya dan kegunaannya. Banyak sekali parts sepeda yang beredar saat ini, tergantung kita ingin merakit sepeda yang seperti apa. Jika sudah puas dengan desain pabrikan, maka pakailah itu dan maksimalkan. Akan tetapi jika anda sudah banyak pengalaman dalam dunia sepeda, merangkai dengan groupset dan komponen yang tepat akan membuat sepeda anda lebih baik lagi akan tetapi juga malah membuat sepeda lebih lambat.

6.      Memilih merk

Banyak sekali pabrikan sepeda di indonesia. Macam-macam proses pembuatan dan bahannya dari pabriknya sendiri-sendiri. Tergantung budget kita apakah membeli sepeda dengan merk lokal atau merk impor. Saat ini kebanyakan sepeda yang banyak peminatnya dan cukup awet adalah sepeda merk Polygon dan United. Untuk membeli sepeda tersebut kita dapat memilih ditoko-toko resmi yang tersebar diseluruh indonesia. Untuk sepeda dengan merek impor seperti Giant, Trek, Specialized, Scott, sudah diakui terbaik dan cukup tangguh. Namun para gowes harus merogoh kocek cukup dalam untuk membelinya.

7.      Sisakan uang untuk membeli perlengkapan bersepeda

Terkadang karena budget yang pas-pasan kita membeli sepeda dengan menghabiskan uang yang ada. Padahal setelah membeli sepeda kita pasti memerlukan aksesoris lainnya yang mendukung kita dalam olahraga sepeda seperti pakaian, kacamata, helm, sepatu dan lainnya. Jadi sisakan uang sedikit untuk membeli perlengkapan sepeda tersebut.

perlengkapan sepeda
Gambar perlengkapan sepeda

8.      Saatnya Eksekusi

Jika uang sudah terkumpul, pengetahuan tentang sepeda sudah cukup dan kita segera ingin membeli sepeda itu tunggu apa lagi. Segera belilah sepeda di dealer-dealer resmi yang ada disekitar anda agar keasliannya terjamin. Jika tempat dealer resmi jauh tak apa, yang penting itu dari produsen yang resmi dan bukan barang yang tiruan. Semisal kita mau membeli sepeda merk Polygon atau United, dealer resminya sudah tersebar banyak di indonesia.

Semoga artikel tentang 8 Tips membeli Sepeda Agar Tidak Kecewa dapat bermanfaat dan membuat anda bisa menentukan dengan tepat sepeda apa yang akan menjadi teman anda berpetualang.