Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara Pesona Indonesia Bagian Timur

 tempat wisata di sulawesi tenggara

Duniahobiku.com - Sulawesi Tenggara merupakan sebuah propinsi yang ada di Indonesia bagian timur dengan sejuta pesona tempat-tempat wisata yang sebagian masih sangat alami dan unik. Ada banyak tempat-tempat wisata disana namun belum begitu banyak masyarakat luas yang mengetahuinya, jadi perlu adanya pengembangan dan promosi sehingga keberadaannya dapat diketahui oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata Sulawesi Tenggara Pesona Indonesia Bagian Timur

Ada banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi jika berkunjung ke daerah yang dulunya dikenal dengan bumi Anoa (binatang khas Sulawesi, sering juga disebut kerbau kerdil). Berikut beberapa destinasi tempat wisata di Sulawesi Tenggara yang bisa menjadi destinasi wisata bagi anda saat berkunjung ke Sulawesi.

1.      Pulau Labengki

Tempat wisata yang pertama adalah Pulau Labengki yang letaknya berada di wilayah kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, tepatnya berada di desa Labengki, kecamatan Lasono. Pulau Labengki merupakan sebuah pulau dengan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Keindahan alam yang ada disana dapat dilihat dari darat maupun lautnya yang sangat eksotis.

Ada yang mengatakan kalau pulau ini adalah miniatur Raja Ampat dimana kondisi alamnya terdiri dari pulau-pulau kecil seperti serpihan batu karang yang tersebar di sekitar lokasi. Anda dapat menikmati surga kecil bersama teman atau pasangan anda dari atas bukit karang yang ada di sana, atau juga mengelilingi laut sekitar dengan menggunakan perahu. Selain itu bagi anda yang suka mancing, disekitar laut pulau Labengki kaya akan ikan-ikan yang dapat anda tangkap dengan umpan-umpan pada kail pancing anda. Pasti seru sekali mancing disini sambil menikmati keindahan alam yang jarang kita jumpai, apalagi ditemani kekasih tercinta.

pulau labengki miniatur raja ampat
Gambar pulau labengki miniatur raja ampat

Pulau Labengki
Pulau Labengki

2.      Danau Biru

Mencari kedamaian bukan berarti lari dari masalah, adakalanya kita perlu mencari ketenangan sebelum menyelesaikan persoalan hidup yang sedang kita hadapi. Nah, bagi anda yang ingin merefresh pikiran saat galau melanda, cobalah berkunjung ke Danau Biru. Suasana hening dan tenang dengan udara segar serta pemandangan danau berbackground tebing batuan karst adalah ciri khas wisata Danau Biru. Lokasi Danau Biru berada di Desa Wawo Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Selain menyajikan keindahan alam, tempat wisata Sulawesi Tenggara yang satu ini juga memiliki sejarah dan legenda cerita rakyat yang diyakini oleh masyarakat sekitar. Menurut beberapa kisah, konon pada jaman dahulu kala, saat sedang dilanda rasa kecewa karena keinginannya tidak terpenuhi, seorang putri raja Mokole mencari ketenangan ke sebuah hutan, lalu ketika putri tersebut bergegas meninggalkan hutan yang dia kunjungi, timbullah sebuah danau dengan air yang berwana biru, danau inilah yang hingga saat ini menjadi objek wisata Danau Biru.

Guna menarik perhatian wisatawan agar mengunjungi objek wisata ini, pemerintah kota Kolaka Utara terus melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas di sekitar tempat wisata Danau Biru. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung diharapkan dapat menambah pemasukan daerah dari sektor pariwisata.

danau biru kolaka utara
Gambar danau biru kolaka utara

3.      Air Terjun Samparona

Sekitar 13 km dari jantung Kota Bau-Bau terdapat sebuah air terjun menawan yang dapat anda kunjungi. Keindahan alam sekitar dengan nuansa pegunungan mampu memberikan kedamaian bagi pengunjungnya, suara derasnya air yang jatuh di air terjun Samparona serentak memecahkan keheningan, pohon dan bebatuan turut menghiasi lokasi air terjun yang menambah suasana alami alam sekitar.

Untuk sampai ke lokasi objek wisata Samparona, anda harus berjalan kaki dengan jarak beberapa kilometer, wisatawan akan melewati jalan setapak di area persawahan, perkebunan serta hutan tropis dengan diiringi suara sautan kicau burung yang ada di sana. Namun anda tidak perlu khawatir dengan jauhnya perjalanan menuju Samparona, pemandangan alam disepanjang perjalanan nampak begitu asri, apalagi saat sudah tiba di lokasi objek wisata air terjun Samparona, anda akan terpukau dengan derasnya aliran air dan pemandangan yang ada disana, rasa letih pun akan terbayar dengan eksotisme alam sekitar.

Tidak banyak yang mengetahui keberadaan objek wisata air terjun Samparona, wisatawan yang kesana juga masih sedikit, jadi wajar saja kalau kondisinya masih natural. Letak air terjun Samparona berada di Kota Bau Bau, Propinsi Sulawesi Tenggara tepatnya di Desa Kalisabu, Kecamatan Sorawolio. Anda dapat liburan ke tempat ini saat sedang berkunjung ke Kota Bau Bau.

air terjun samparona desa kalisabu
Gambar air terjun samparona desa kalisabu

4.      Sungai Tamborasi

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa sungai terpendek kedua di dunia letaknya berada di Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi merupakan sungai terpendek kedua di dunia setelah sungai Reprua di Georgia yang panjangnya hanya 18 meter saja, sedangkan Tamborasari memiliki panjang 20 meter.

Berbeda dengan sungai pada umumnya yang memiliki ukuran panjang dan aliran air yang sedikit, Sungai Tamborasi menyuguhkan keindahan alam yang menggoda kita untuk mengunjunginya, debit air yang mengalir sangat banyak bahkan seakan seperti danau, namun sejatinya Tamborasi adalah sungai dengan air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Letak sungai Tamborasi masih dalam wilayah Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kab. Kolaka, lokasinya berada tidak jauh dari pantai Tamborasi, jaraknya hanya beberapa meter saja, jadi bantaran sungai juga dikelilingi oleh pasir seperti layaknya di pinggir pantai. lokasi sungai berhimpitan langsung dengan dinding tebing karst yang disekitarnya juga ditumbuhi pepohonan yang nampak hijau, kondisi yang demikian tentu menambah segarnya pemandangan alam sekitar Tamborasi.

Saat anda berkunjung ke Kolaka, cobalah sempatkan diri untuk liburan ke sungai Tamborasi, selain dapat menikmati keindahan sungai yang menjadi salah satu tempat Wisata Sulawesi Tenggara, anda juga dapat mengunjungi pantai Tamborasi yang masih dalam satu wilayah. Keduanya memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat pikiran lebih tenang.

sungai Tamborasi
Gambar sungai Tamborasi

5.      Pemandian Air Panas Wawolasea

Letak pemandian air panas Wawolasea berada di Kecamaan Lasoso, Kecamatan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Di pemandian air panas ini anda dapat merasakan sensasi berendam di air hangat yang berasal dari sumber mata air alami, selain itu pemandangan yang ada di sekitar tempat wisata Wawolasea begitu memukau sehingga membuat pengunjungnya ingin berlama-lama di tempat ini.

Objek wisata pemandian air panas Wawonawe masih belum dikelola dengan baik, belum ada pihak yang megeelola tempat ini, jadi untuk dapat merasakan asyiknya berendam disini anda tidak perlu membayar tiket masuk kerena memang belum dikomersilkan.

Menurut cerita rakyat, sejarah terbentukya Wawolase dikarenakan kutukan Tuhan terhadap Mokele setelah menikahi putrinya sendiri. Namun tidak ada yang tahu pasti tentang kebenaran cerita tersebut. Terlepas dari legenda maupun sejarah terbentuknya Konawe, bagaimanapun tempat wisata Sulawesi Tenggara ini menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

permandian air panas wawolase
Gambar permandian air panas wawolase

6.      Pantai Pulau Bokori

Satu lagi Objek Wisata Sulawesi Tenggara yang sangat luar biasa adalah Pantai Pulau Bokori. Lokasi Pulau Bokori masih berada di kawasan Kendari. Untuk sampai di pulau Bokori membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit sampai satu jam perjalanan dari pusat Kota Kendari.

Pulau Bokori memiliki pantai yang cukup panjang, kondisi laut yang dangkal serta air laut yang berwarna biru jernih. Terdapat beberapa saung yang dapat anda sewa di sekitar pantai, anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan pantai pulau Bokori di saung / gubug tersebut. Selain itu di tempat wisata pulau Bokori terdapat beberapa wahana permainan, salah satu diantaranya adalah banana boat.

Pengembangan sektor pariwisara di Pulau Bokori masih perlu dikembangkan lagi mengingat potensi alam yang dapat menjadi pundi-pundi pemasukan daerah. Saat ini penginapan yang ada di Pulau Bokori masih belum memadai, soal makanan pun juga masih terbatas, jadi tips wisata ke pulau ini sebaiknya membawa persediaan makanan sendiri untuk berjaga-jaga. Kendati demikian, wisatawan yang datang ke Pulau Bokori terus mengalami peningkatan, mungkin karena sudah banyak yang mempromosikan keberadaan pulau Bokori seperti halnya unggahan foto-foto di media sosial oleh wisatawan yang pernah kesana.

pulau bokori
Gambar pulau bokori 

7.      Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Tidak hanya di pulau Jawa yang memiliki banyak taman nasional, ternyata di Sulawesi Tenggara juga terdapat Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang patut anda kunjungi. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah keindahan alam mulai dari pinggir laut sampai ke daratan. Adapun empat lokasi yang menjadi tempat favorit bagi wisata adalah hutan mangrove, padang savana, hutan pegunungan dataran rendah serta rawa.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memiliki keanekaragaman flora dan fauna khas Sulawesi Tenggara. Anda dapat berpetualang di tempat wisata ini bersama teman-teman anda sehingga dapat merasakan betapa indahnya Sulawesi Tenggara, selain itu kita juga dapat belajar bagaimana menghargai alam dengan tidak merusaknya dan tidak membuang sampah pada saat wisata ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Letak Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai berada di Kecamatan Tananggea, Konawe Selatan. Luas taman nasional ini mencapai 105.194 hektar sehingga mencakup beberapa Kabupaten di Sulawesi Tenggara. Adapun 4 Kabupaten yang termasuk dalam Rawa Aopa Watumohai adalah Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Kolaka, Timur dan Kabupaten Bombana.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

8.      Pantai Nirwana

Surga kecil Sulawesi Tenggara lainnya adalah Pantai Nirwana yang memiliki keindahan pantai dan laut yang luar biasa. Pantai Nirwana memiliki pasir putih dan kondiri air laut dengan kombinasi beberapa warna, diantaranya warna biru kehijauan, biru muda, dan warna putih.

Pantai Nirwana juga memiliki ombak yang cukup tenang dan bawah laut tanpa karang, jadi cocok sekali untuk berenang disini, apalagi airnya sangat jernih sampai-sampai untuk yang didekat bibir pantai kelihatan dasar lautnya. Barisan pohon-pohon kelapa di sekitar pantai menghiasi tempat wisata ini, lambaian daunnya seakan menyapa pengunjung dengan ramahnya, sepoi angin dan udara yang masih sejuk turut menambah suasana nyaman di sekitar pantai.

Letak Pantai Nirwana Berada di wilayah Kecamatan Betoambari, Bau-Bau, Buton, Propinsi Sulawesi Tenggara. Jarak pantai nirwana dari pusat kota Bau-Bau sekitar 9 km atau dapat ditempuh dengan waktu perjalanan selama 15 menitan. Oh iya, pantai Nirwana di Sulawesi Tenggara berbeda dengan Pantai Nirwana yang ada di Padang ya.

pantai nirwana sulawesi tenggara
Gambar pantai nirwana sulawesi tenggara

9.      Pulau Hari

Berbeda dengan gugusan pulau-pulau kecil yang ada di kawasan Sulawesi Tenggara, Pulau Hari masih belum begitu populer, tidak banyak wisatawan yang mengunjungi pulau Hari, mungkin karena ketidaktahuannya bahwa disana menyimpan daya tarik memukau yang akan membuat pengunjungnya lupa waktu karena keindahannya. Pulau hari merupakan salah satu dari sekian banyak pulau kecil Sulawesi Tenggara yang tidak berpenghuni.

Kondisi air laut yang sangat jernih membuat kita dapat melihat gugusan karang di dasar laut pulau Hari, jadi objek wisata ini sangat cocok untuk kita berenang sambil menikmati pemandangan bawah laut, selain itu di pantai pulau hari memiliki pasir putih yang lembut di kaki, pas banget buat kita jalan-jalan mengelilingi sekitar pantai.

Lokasi pulau Hari terletak di sebelah timur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Untuk tiba di lokasi, anda arus melewati perjalanan laut dengan menggunakan perahu atau speed boat yang dapat ditempuh dengan lama waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.

Pulau hari
Gambar Pulau Hari 

Semoga artikel berisi 9 Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara Pesona Indonesia Bagian Timur dapat menambah daftar destinasi wisata anda dan keluarga. Hanya satu pesan yang dapat kami sampaikan jangan meninggalkan sampah di tempat wisata manapun yang ada di Sulawesi Tenggara. Mari kita jaga bersama kekayaan wisata alam Indonesia. Selamat Berlibur!.