Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Wisata Di Binjai Langkat Sumatera Utara

 tempat wisata di binjai

Duniahobiku.com - Apa saja tempat wisata di Binjai? Tidak banyak orang yang tahu tentang Binjai. Mungkin anda lebih mengenal produk pertanian kota ini berupa rambutan Binjai yang terkenal dan membuatnya mendapat julukan kota rambutan. Ya, harus kita akui bahwa letaknya yang agak jauh dari keramaian kota metropolitan menyebabkan Binjai menjadi salah satu kota yang kurang populer bahkan mungkin bagi sebagian orang hampir tidak tahu dimana dan seperti apa Binjai sebenarnya, namun ternyata ada banyak tempat wisata di Binjai yang layak untuk anda kunjungi.

Binjai merupakan sebuah kota yang kaya dengan sejarah. Sejarah tentang penjajahan dimasanya dan sejarah tentang perubahan kota administratif menjadi kota otonom. Ya, dua bentuk kota ini pernah dirasakan oleh Binjai. Di tahun 1950-1956 kota Binjai merupakan sebuah kota administratif kemudian kiprahnya berubah di tahun 1956 yang kemudian menjadi sebuah kota otonom. Kota Binjai sendiri berjarak tidak jauh dari kota Medan. Jika anda berada di Medan alangkah sayang jika tidak menyempatkan waktu anda untuk singgah di kota Binjai. Binjai hanya berjarak sekitar 22 km dari kota Medan.

Kota Binjai bisa dikatakan cukup luas. Kota Binjai memiliki luas yaitu sekitar 90,23 km2 dengan jumlah penduduk cukup padat.Binjai terletak sekitar 22 k m disebelah barat ibu kota provinsi Sumatera Utara. Luas kota Binjai yang mumpuni ini terdiri dari beragam petak lokasi yang digunakan sebagai pemukiman bahkan masih terjaga kealamiannya sehingga berpotensi dijadikan sebagai sebuah objek wisata. Jika kita berada di Binjai rasanya akan sangat menyenangkan jika kita mencicipi panorama wisatanya yang sangat memukau. Nah, berikut ini akan kami uraikan untuk anda tentang beberapa Objek Wisata di Binjai, diantaranya

1.      Arung Jeram Sungai Binge

Tahukah anda seperti apakah Sungai Binge? Sungai Binge merupakan sungai yang memiliki arus deras dengan bebatuan yang sangat indah. Lokasinya dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam dari kota Medan. Disini akan menjadi spot indah untuk objek fotografi kita. Selain itu kita juga dapat menikmati suasana arung jeram dengan fasilitas yang sudah tersedia di Sungai Binge. Bagi yang menyukai olahraga yang bisa memacu adrenalin anda tentunya berpetualang dengan arung jeram ditempat ini, sayang untuk dilewatkan.

Arung Jeram Sungai Binge
Gambar Arung Jeram Sungai Binge

2.      Masjid Agung Binjai

Masjid Agung Binjai terdapat di Binjai. Masjid ini merupakan destinasi menarik yang dapat dikunjungi bagi anda yang ingin berwisata religi. Bangunan dari Masjid Agung Binjai menyerupai bangunan di masjid Madinah dengan kubah tinggi yang khas. Mesjid ini merupakan tempat persinggahan para musafir yang datang dari Aceh  menuju Sumut .

Masjid Agung Binjai
Gambar Masjid Agung Binjai

3.      Taman Balita

Taman ini berada di kelurahan Tangsi. Taman Balita merupakan salah satu spot menarik yang dapat anda kunjungi bagi anda yang memang memiliki anak balita karena di tempat wisata ini tersedia beraneka ragam permainan untuk anak balita. Tempat ini sering dikunjungi oleh pihak sekolah sebagai tempat bermain sekaligus belajar tentang alam.

Taman Balita
Gambar Taman Balita

4.      Kuil Shri Mariamman

Bagi anda yang menyukai objek wisata religi maka kuil cantik ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Bangunan yang terletak di Jl.Tanjung Jati ini telah berusia sekitar seratus tahun tetapi keindahan dan kokohnya    bangunan ini masih terjaga hingga kini. Bangunan kuno ini dodominasi oleh warna merah, hijau dan kuning emas.

Kuil Shri Mariamman
Gambar Kuil Shri Mariamman

5.      Pasar Kaget Binjai

Jika anda mencari jajanan kuliner khas medan seperti mie medan, lemang, roti kanai, dll jangan lewatkan pasar kaget yang beroperasi mulai pukul 6 sore hingga 4 pagi dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan ditempat ini kita bisa menemukan makanan ekstreem berupa sate kodok dan sate ular. Lokasinya bisa anda temukan dijalan Jend.Ahmad Yani.

Pasar Kaget Binjai
Gambar Pasar Kaget Binjai

6.      Taman Merdeka Binjai

Setiap daerah tentunya memiliki taman kota yang menjadi andalan  tidak terkecuali taman merdeka yang menjadi ajang berkumpul warga medan. Luas taman merdeka sekitar 1,5 hektar dan menjadi tempat kegiatan berskala lokal maupun internasional.

Taman Merdeka Binjai
Gambar Taman Merdeka Binjai

7.      Ovany Water Park

Bagi anda yang suka dengan wahana air, tempat ini tentunya bisa menjadi destinasi paling oke untuk bermain air. Tempat ini lebih dikhususkan untuk anak-anak hal ini dapat dilihat dari ukuran water slide yang tersedia. Fasilitas tempat ini terbilang cukup lengkap diantaranya food court, tempat ibadah, kamar mandi dan aula.

Ovany Water Park
Gambar Ovany Water Park

8.      Air Terjun Siluman

Objek wisata alam di binjai Ini memiliki nama yang cukup menyeramkan, Air terjun siluman. Tentunya anda penasaran mengapa tempat ini bernama air terjun siluman? Air terjun setinggi 15 meter ini mendapat julukan tersebut karena aliran air terjun tersebut kadang mengalir deras dan terkadang menghilang. Lingkungan sekitar air terjun  yang terdiri atas tebing tinggi masih sangat alami dan terkesan angker. Air terjun yang terletak di Garunggang ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota.

Air Terjun Siluman
Gambar Air Terjun Siluman

9.      Kolam Abadi Langkat

Kolam abadi langkat masih satu aliran dengan air terjun teroh-teroh. Anda tidak perlu khawatir berenang karena kolam ini tidak terlalu dalam sehingga aman bagi pengunjung yang ingin merasakan sejuknya air kolam ini. Jika masih ragu anda bisa menyewa life jacket untuk menjamin keamanan anda. Air kolam berwarna kehijauan ini sangat jernih bahkan kita melihat dasar kolam dengan jelas, dan jika anda membawa camera underwater jangan lewatkan mengambil foto didalam air yang bisa menjadi foto yang sangat menarik untuk dipajang di media sosial yang anda miliki.

Kolam Abadi Langkat
Gambar Kolam Abadi Langkat

Semoga artikel tentang 9 Tempat Wisata di Binjai Langkat Sumatera Utara ini dapat memberikan informasi tentang tempat-tempat wisata di Indonesia yang bisa anda kunjungi saat liburan tiba.