Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Kulit Semangka Untuk Wajah Agar Tetap Cantik Alami

 manfaat kulit Semangka Untuk Wajah

Duniahobiku.com - Apa saja manfaat kulit semangka untuk wajah? Mungkin sebagian besar diantara kita selalu membuang kulit buah semangka begitu saja ketika selesai memakan daging buahnya. Namun ternyata tanpa disadari banyak manfaat yang terkandung didalam buah berukuran jumbo ini menjadi terbuang sia-sia. Salah satu manfaatnya adalah dapat membuat wajah Anda terutama kaum hawa tetap cantik alami dan tidak terlihat kering. Penggunaan bahan alami jelas jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang mungkin tidak cocok dengan kulit anda. Penggunaan kulit semangka pun tergolong mudah dan tidak memerlukan bahan tambahan yang ribet. Untuk lebih jelasnya simak apa saja manfaat kulit semangka untuk wajah pada artikel dibawah ini.

Semangka merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Masyarakat sering mengkomsumsi buah ini secara langsung saat matang, dibuat jus terlebih dahulu ataupun membuat puding semangka yang menggoda selera. Olahan lain yang tidak kalah populer dari buah ini adalah kuaci. Negara Jepang bahkan memodifikasi buah semangka yang dulunya berbentuk lonjong menjadi berbagai bentuk unik seperti bentuk kotak maupun bentuk lainnya. Namun sayangnya saat mengkomsumsi buah semangka kita sering membuang kulit buah semangka kedalam tempat sampah padahal kulit buah tersebut memiliki berbagai manfaat terhadap kesehatan baik itu untuk pria, penyakit maag, kulit dan wajah. Berikut beberapa manfaat kulit semangka untuk wajah :

1.      Mencegah penuaan dini

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan likopen. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin C dan vitamin A meskipun vitamin C nya tidak sebanyak buah jambu merah. Sama seperti halnya pada daging buah semangka, kulit buah semangka dapat menghasilkan zat-zat antioksidan yang berfungsi sebagai anti radikal bebas. Penuaan dini adalah salah satu akibat dari paparan radikal bebas yang merusak tubuh kita.

semangka mencegah penuaan dini
semangka mencegah penuaan dini

2.      Masker kulit semangka

Ketika kita sedang beraktivitas di luar ruangan, tentu tida bisa dipungkiri debu-debu yang tidak diinginkan dapat menempel secara tidak langsung pada wajah kita. Terik matahari juga dapat membawa dampak bagi kesehatan kulit wajah. Paparan debu dan sinar matahari dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat, flek hitam pada wajah dan lain-lain. Masker semangka adalah salah satu solusi alami untuk menjaga kebersihan wajah Anda karena kulit semangka memiliki zat yang kaya akan vitamin yang baik untuk kulit wajah.

Cara membuat masker kulit semangka untuk wajah cukup mudah yaitu dengan membuat jus kulit semangka yang sudah dibersihkan. Setelah itu saring jus kulit semangka yang telah di blender sehingga ampas dan air jus terpisah, lalu campurkan ampas dengan madu kemudian oleskan secara merata pada bagian wajah dan leher.

masker kulit semangka
Gambar masker kulit semangka

3.      Toner wajah

Manfaat kulit semangka untuk wajah ternyata sangat bermanfaat untuk membantu membuat wajah tampak lebih bersih dan halus. Sebagai contohnya, kulit semangka dapat dijadikan sebagai toner alami dengan cara mencampurkan irisan semangka dengan madu secukupnya. Kemudian dioleskan secara merata pada bagian wajah dan leher. Anda dapat melihat hasilnya setelah pemakaian rutin selama 1 sampai 2 minggu.

toner kulit semangka
Gambar toner kulit semangka

4.      Membantu mengatasi gangguan jerawat

Jerawat memang salah satu gangguan kulit wajah yang sekilas terlihat sepele namun cukup menyebalkan. Jerawat dapat timbul bukan hanya oleh wanita dewasa, namun juga bisa terjadi pada kaum remaja.

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, diantaranya jarang mencuci muka, hormon tubuh , tumpukan lemak yang berlebihan akibat kulit berminyak, atau faktor “darah kotor” yang bisa menjadi salah satu timbulnya gangguan jerawat.

Tahukah Anda bahwa kulit buah semangka dapat digunakan sebagai obat pembersih alami untuk kulit berjerawat ataupun sebagai pencegahan timbulnya jerawat. Namun dalam pencegahan dan pengobatan jerawat harus disertai dengan pola hidup yang sehat seperti sering membersihkan muka terutama setelah beraktivitas yang berhubungan dengan debu, terutama untuk kulit wajah yang sering berminyak. Makan sayur dan buah juga dapat mengurangi timbuknya jerawat disamping bisa membuat kulit semakin bersih dan sehat.

kulit semangka untuk wajah berjerawat
kulit semangka untuk wajah berjerawat

5.      Sebagai pembersih make-up

Penggunaan make up merupakan salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh kaum hawa. Make up dapat membuat kaum hawa tampil lebih cantik dengan padanan wajah yang disesuaikan dengan jenis make up yang digunakan.

Seiring dengan akivitas seharian, make up ternyata memiliki dampak negatifnya. Jika kita tidak sering membersihkan muka sehabis memakai make up. Maka resiko timbulnya komedo dan jerawat cukup besar. Karena selain make up tersebut menyatu dengan debu yang datang dari sekitar kita, bahan kimia yang terdapat pada make up juga tidak baik untuk wajah.

kulit semangka memiliki kandungan air beserta vitamin yang baik digunakan sebagai pembersih make up. Caranya cukup dengan sedikit air bersih diusapkan pada wajah anda, kemudian gosok-gosokan secara perlahan kulit semangka pada bagian wajah yang ingin dibersihkan.

kulit semangka untuk pembersih make-up
kulit semangka untuk pembersih make-up

Semoga artikel tentang 5 Manfaat Kulit Semangka Untuk Wajah Agar Tetap Cantik Alami akan membuat anda menyadari manfaat tersembunyi dari kulit semangka yang selama ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Kulit semangka bisa menjadi alternatif memiliki wajah yang bersih dan sehat dengan biaya sangat minim.