Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Kucing Makan Rumput Dan Alasannya

kucing makan rumput

Duniahobiku.com - Bolehkah kucing makan rumput? Mungkin anda pernah melihat kucing liar berjalan di antara rumput kemudian memakan lalu mengunyahnya. Mungkin anda sedikit bingung mengapa kucing tersebut memakan rumput kemudian tidak lama berselang akan memuntahkan isi perutnya, apakah kucing sudah menjadi hewan herbivora? Ternyata ada alasan dan manfaat mengapa kucing melakukan hal tersebut. Agar tidak penasaran simak informasinya pada artikel dibawah ini dan temukan jawaban atas fenomena tersebut.

Kucing  menurut cerita dongeng adalah “guru dari harimau”, sejatinya kucing lebih dikenal sebagai hewan karnivora yang cenderung mengkomsumsi daging sebagai makanannya. Salah satu ciri khusus yang dimiliki hewan karnovora adalah gigi taring yang berfungsi untuk menerkam dan mengoyak makanan dan gigi taring tersebut juga dimiliki semua kucing. Kucing makan rumput bukan tanpa sebab, secara naluriah setiap hewan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup begitupun dengan kucing, saat merasa ada sesuatu yang salah pada tubuhnya secara naluri mereka akan mencari cara mengobati diri mereka. Hal ini berbeda jika kucing terus dikandangkan sebab mereka akan bergantung terhadap pemiliknya jika terjadi masalah. Berikut alasan dan manfaat kucing makan rumput :

1.      Merangsang Saluran Pencernaan

Memakan rumput, adalah sebuah cara bagi kucing untuk membersihkan saluran pencernaannya dari sesuatu yang tidak menyenangkan atau tidak bisa dimakan, seperti bulu, tulang dan sebagainya. Memakan rumput bisa merangsang saluran pencernaan kucing untuk mengeluarkan makanan  yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh kucing.

Setelah mengunyah rumput, tak lama kemudian, biasanya kucing akan mengeluarkannya kembali. Itu bukan karena tersedak. Hal ini terjadi karena kucing tidak memiliki enzim yang cocok untuk mencerna makanan nabati.

2.      Membantu Mencerna Bola Rambut / Bulu

Seringkali kucing memakan hewan mangsanya yang memiliki banyak bulu dan duri seperti ikan dan tikus liar. Saat menyantapnya, bisa jadi bulu dan duri dari hewan yang dimakannya menggumpal. Membentuk seperti bola bulu/rambut (hairballs). Gulungan rambut akan sulit melewati saluran usus kucing sehingga membuat kucing merasa tidak nyaman dan untuk itu memerlukan suatu rangsangan untuk mengeluarkannya kembali, dan salah satunya dengan memakan dan menggigit rumput tertentu.

Secara naluri, kucing mengetahui apa yang harus dilakukan dan ini seperti “kode alam” yang dimiliki oleh setiap hewan. Serat dari rumput bisa membantu melumasi sesuatu yang dimakannya, termasuk gumpalan rambut. Dengan demikian gulungan rambut/bulu tersebut akan bisa melewati saluran pencernaan hingga proses akhir atau dengan cara dimuntahkan kembali.

kucing muntah
Gambar kucing muntah

3.      Menambah Nutrisi Makanan

Beberapa jenis tanaman memang disukai oleh kucing salah satunya adalah catnip. Sebuah survey yang dilakukan oleh para peneliti di School of Veterinary Medicine University of California menunjukkan hasil dimana kucing yang memakan rumput tetap normal dan tidak menunjukkan gejala yang membahayakan kesehatan kucing tersebut.

Teori lain adalah, kucing makan rumput karena kandungan nutrisinya. Biasanya, ketika kucing makan mangsa seperti tikus, ia juga akan memakan isi perut tikus tersebut. Perut mangsanya, biasanya juga berisi rumput dan biji-bijian. Kucing liar biasanya memiliki pola makan yang kurang baik sehingga untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya maka akan mencari alternative makanan tambahan.

Apakah Makan Rumput Berbahaya bagi kucing?

Tergantung ! rumput apa yang dimakan oleh kucing tersebut.  Kucing makan rumput adalah hal yang lumrah. Hal tersebut biasa terjadi dimana saja. Ada beberapa teori yang menujukkan bahwa memakan rumput itu adalah sesuatu yang bermanfaat bagi kucing. Dan setelah memakan rumput, biasanya kucing akan memuntahkannya/mengeluarkannya kembali. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan.

Yang perlu kita waspadai adalah rumput yang ada di halaman kita dirawat dengan pupuk kimia dan zat kimia yang melekat pada rumput bisa berbahaya bagi kesehatan kucing ketika kucing memakan rumput tersebut. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut kita bisa mengakalinya dengan menanam rumput pada beberapa pot agar aman jika dikomsumsi kucing milik kita. Jenis rumput cat grass bisa menjadi pilihan terbaik untuk pot anda.

rumput dalam pot
Gambar rumput dalam pot

Rumput liar juga bisa terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia berbahaya seperti solar, bensin,dan bahan-bahan lain yang bisa membahayakan kesehatan kucing.

Semoga artikel tentang 3 Manfaat Kucing Makan Rumput dan Alasannya dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang perilaku kucing. Memakan rumput adalah kegiatan alami dari seekor kucing dan memiliki manfaat bagi kesehatan kucing jadi hilangkan rasa khawatir anda.