Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Dan Minuman Untuk Radang Tenggorokan

 Makanan Dan Minuman Untuk Radang Tenggorokan

Duniahobiku.com – Radang tenggorokan dalam dunia medis dikenal dengan nama faringitis, oleh masyarakat awam terkadang menyebutnya dengan istilah “panas dalam” meskipun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan baik penyebab dan gejala yang ditimbulkan. Penyebab utama radang tenggorokan ini adalah karena infeksi oleh virus dan bakteri yang menyebabkan iritasi atau luka pada tenggorokan. Ada banyak cara untuk menangani penyakit radang tenggorokan baik secara medis (obat-obatan) ataupun dengan mengkomsumsi makanan dan minuman yang bisa mengobati radang tenggorokan. Untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa anda komsumsi jika terkena radang tenggorokan, simak informasi lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Radang tenggorokan yang menyerang tentunya akan menganggu aktivitas sehari-hari karena terjadinya gangguan kesehatan, tetapi sebelum penyakit ini menyerang biasanya akan muncul gejala yang harus cepat ditangani. Umumnya para penderita yang terkena radang tenggorokan akan merasakan gejala seperti dibawah ini :

  • Sakit saat hendak menelan sesuatu
  • Gatal pada tenggorokan dan terkadang diikuti flu dan batuk
  • Suara teredengar serak
  • Jika radang tenggorokan tergolong parah maka timbul bengkak pada leher atau rahang
  • Amandel membengkak dan berwarna kemerahan

Umumnya kondisi akan berangsur membaik setelah 3-10 hari setelah mendapatkan penanganan berupa obat antibiotik ataupun memperoleh asupan makanan dan minuman bergizi yang akan mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri.

Tidak semua makanan dan minuman cocok untuk mengobati radang tenggorokan. Jika anda salah memilih jenis makanan dan minuman maka penyakit radang tenggorokan anda bukannya sembuh malah akan semakin bertambah parah. Agar tidak salah berikut beberapa jenis makanan dan minuman untuk radang tenggorokan yang bisa membantu anda segera pulih :

1.      Jus lemon dan madu

Campuran jus lemon dan madu sangat baik dikomsumsi sebagai minuman bagi penderita radang tenggorokan. Kandungan anti virus dan bakteri pada lemon dan madu telah terbukti berkhasiat dalam meredakan nyeri dan sakit pada tenggorokan . Meminumnya secara teratur selama terkena radang tengggorokan akan membantu meredakan sakit tenggorokan saat kita menelan dan juga menghilangkan sensasi panas ditenggorokan yang diakibatkan oleh adanya peradangan.

Jus lemon dan madu
  Jus lemon dan madu

2.      Teh jahe atau teh madu.

Rasa gatal pada tenggorokan akan membuat anda merasa tidak nyaman saat radang tenggorokan menyerang. Teh jahe atau teh madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam upaya meredakan rasa gatal dan juga rasa sakit pada tenggorokan. Mengkomsumsi teh jahe atau teh madu akan melegakan saluran pernafasan anda juga mencegah iritasi pada tenggorokan dan mempercepat proses pemulihan.

teh jahe
Teh jahe

3.      Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat mudah diperoleh dan harganya pun sangat terjangkau. Kandungan protein, vitamin D dan B12 pada telur dapat memperbaiki sel yang rusak serta meningkatkan kekebalan tubuh, lebih baik jika tidak menambahkan bumbu terutama vetsin atau penyedap rasa lainnya pada telur untuk menghindari iritasi. Mengkomsumsi telur rebus menjadi alterenatif terbaik saat mengobati radang tenggorokan.

Telur rebus
Telur rebus

4.      Wortel rebus

Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan juga potassium pada wortel tentunya sangat dibutuhkan untuk tubuh dalam mendapatkan asupan nutrisi bergizi. Umumnya penderita radang tenggorokan akan merasakan rasa sakit saat menelan sehingga diperlukan makanan bertekstur lembut untuk mencegah iritasi. Pastikan bahwa wortel tersebut dikukus atau direbus sampai benar benar matang, agar bisa mendapatkan tekstur yang lembut dan tidak melukai tenggorokan anda.

wortel rebus
wortel rebus

5.      Sup ayam

Sup ayam hangat merupakan salah satu obat tradisional yang sudah dipercaya dari jaman nenek moyang sebagai salah satu cara untuk membantu memerangi infeksi karena sakit tenggorokan, rasa hangat dari sup tersebut bisa melegakan saluran pernapasan sehingga akan membuat tubuh semakin nyaman. Sup ayam ternyata memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup tinggi dan bisa membasmi virus sehingga cukup ampuh dalam menghambat perkembangan pada selaput lendir. Anda bisa tambahkan juga wortel, bawang, ubi jalar, bawang putih dan juga lobak agar khasiatnya jauh lebih baik.

sup ayam
sup ayam

6.      Buah Penyembuh Radang Tenggorokan

Ada banyak buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi tetapi tidak semuanya bisa dikomsumsi bagi pasien penderita radang tenggorokan,  beberapa buah yang boleh dimakan saat radang tenggorokan antara lain nanas, delima, jeruk nipis, belimbing dan juga pisang. buah-buahan tersebut memilki kandungan vitamin A, B, B1, B6 dan C, mineral dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu proses pemulihan tubuh.

buah penyembuh radang tenggorokan
Buah penyembuh radang tenggorokan

7.      Bubur Oatmeal

Oatmeal berasal dari serealia bernama latin Avena sativa yang diklaim sebagai bijian tersehat didunia karena kandungan serat, protein, dan mineralnya yang kaya akan nutrisi. Kandungan tersebut dapat membantu melancarkan pencernaan akibat kekurangan serat yang dapat menjadi gejala konstipasi saat radang tenggorokan ataupun panas dalam menyerang.

Bubur Oatmeal
  Bubur Oatmeal

Untuk mempercepat proses penyembuhan ada beberapa pantangan makanan dan minuman bagi para penderita radang tenggorokan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi diantaranya :

  • Makanan pedas dan berminyak
  • Makanan dengan kandungan gula tinggi
  • Makanan bertekstur keras seperti kacang-kacangan
  • Minuman bersoda dan alkohol.

Semoga artikel tentang 7 Makanan Dan Minuman Untuk Radang tenggorokan dapat bermanfaat dan membantu anda mempercepat proses penyembuhan apabila terkena radang tenggorokan yang menyerang secara tiba-tiba.