Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Keuntungan Beternak Kambing Bagi Pemula

 keuntungan beternak kambing

Duniahobiku.com - Apa saja keuntungan beternak kambing? Beternak kambing merupakan usaha yang sudah dilakukan masyarakat pedesaan sejak lama. Beternak kambing menjadi salah satu pilihan wirausaha yang menguntungkan. Saat ini, beternak kambing banyak dilirik karena pemeliharaan yang mudah dan bisa dimulai dari modal yang tidak terlalu besar. Bagi pemula yang tertarik beternak kambing sebaiknya menyimak artikel dibawah ini Untuk mengetahui apa saja keuntungan beternak kambing dibandingkan ternak lainnya.

Perkembangan ternak kambing sangat berkontribusi besar terhadap ekonomi dan perkembangan gizi dalam suatu negara. Kambing merupakan hewan yang multifungsi. Kita dapat menghasilkan berbagai produk dari ternak kambing seperti susu, daging, pupuk, dan lain-lain. Susu kambing dapat digunakan untuk memproduksi susu bubuk, mentega, susu segar, dan lainnya. Daging kambing merupakan sumber konsumsi daging yang enak, bergizi dan sehat.

Kentungan Ternak Kambing

Ada banyak jenis kambing yang bisa anda pilih untuk memulai bisnis ini. Kita juga dapat memelihara hewan lain bersama dengan ternak kambing. Kambing telah dianggap sebagai pondasi peternakan utama masyarakat karena memiliki kontribusi besar dalam perekonomian pedesaan dan pendapatan nasional. Dengan ukuran postur badan yang kecil, kambing sangat mudah untuk digembalakan bahkan oleh perempuan dan anak-anak. Untuk memaksimalkan ternak kambing maka kita perlu untuk memperhatikan beberapa hal utama seperti pola dan jenis pakan, pemerahan susu, dan kebersihan kambing tersebut. Pekerjaan tersebut tidak memerlukan banyak peralatan, modal, dan tenaga kerja. Harga anakan kambing berumur 3 hingga 6 bulan bisa laku seharga 500 ribu hingga 1 juta dan cenderung naik setiap tahunnya. Kambing dewasa bahkan bisa berharga jutaan (tergantung jenisnya) dan tentunya ini merupakan peluang menarik untuk dikembangkan didaerah pedesaan yang masih memiliki sumber pakan yang melimpah.

Ada banyak hewan ternak yang bisa anda jadikan investasi untuk masa depan. Bagi pemula mungkin sedikit bimbang apakah memilih ternak sapi atau kambing. Kedua-keduanya bagus, namun agar lebih mantap mungkin artikel dibawah bisa membantu anda menentukan sikap dan membuat persiapan budidaya kambing. Berikut keuntungan bisnis ternak kambing :

1.      Investasi lebih Kecil

Ternak kambing tidak memerlukan investasi atau modal yang besar. Bahkan bisa dimulai hanya dengan sepasang kambing jantan dan betina. Ternak kambing modal 10 juta pun anda sudah bisa memulai dengan memelihara 1-2 betina dan 1 ekor pejantan. Modal memulai beternak kambing jauh lebih sedikit dibandingkan ternak lain seperti sapi dan kerbau yang memerlukan modal lebih besar.

kambing
gambar kambing

2.      Kandang Dan Lahan Yang lebih Kecil

Ternak kambing tidak memerlukan lahan yang luas karena ukuran tubuh kambing relatif kecil dibandingkan sapi dan kerbau. Kandang dengan luas sekitar 6-10 meter2 anda sudah bisa memelihara sekitar 3-5 ekor kambing dewasa. Kita tidak perlu membuat lahan ternak dengan fasilitas yang rumit. Bahkan kambing dapat dengan mudah hidup berdampingan dengan tempat tinggal manusia.

kandang kambing
gambar kandang kambing

3.      Pakan kambing mudah diperoleh

Pakan kambing relatif mudah didapatkan selain dari rumput, kita juga bisa memanfaatkan limbah pasar seperti limbah sawi, singkong, sawit, dll. Untuk menjamin ketersedian pakan kita bisa menanam beberapa tanaman disekitar kandang sebagai sumber pakan ternak seperti indigofera, lamtoro dan berbagai jenis rumput. Setiap ekor kambing dengan bobot 15-25 kg membutuhkan pakan sekitar 1,5-3 kg/ekor/hari.

pakan kambing
gambar pakan kambing

4.      Masa Panen Lebih Singkat

Kambing menghasilkan anak dengan cara beranak. Kambing mencapai kematangan seksual dalam usia 7-12 bulan tergantung jenis kambing tersebut. Jika terjadi perkawinan antara kambing jantan dan betina maka akan terjadi kebuntingan dan masa ini berlangsung sekitar 5-6 bulan hingga induk betina siap melahirkan. Anak yang dihasilkan bisa mencapai 1-4 ekor dan dalam dua tahun bisa menghasilkan sedikitnya 3 ekor anakan atau lebih.

anak kambing
gambar anak kambing

5.      Minim Resiko

Setiap hewan ternak tentunya memiliki resiko kematian tetapi faktor resiko beternak kambing jauh lebih kecil, menurut beberapa kajian resiko kegagalan beternak kambing  hanya mencapai 5-10% saja. Tetapi semua itu tentunya tidak lepas dari tata laksana bagaimana cara memelihara kambing yang baik sehingga resiko bisa diantisipasi dan diminimalisir. Kambing memang memiliki daya adaptasi yang tinggi Bahkan ditempat yang relatif kering hewan ini masih mampu hidup dengan baik.

resiko beternak kambing
gambar resiko beternak kambing

6.      Harga Kambing Relatif Stabil

Setiap barang dan jasa umumnya terkena dampak inflasi sehingga kenaikan harga terjadi setiap tahunnya. Kambing memiliki harga cukup stabil dan cenderung naik setiap tahunnya terlebih ketika memasuki Idul Adha dimana permintaan akan hewan kurban mengalami peningkatan. Kambing standar berbobot sekitar 25 kg bisa mencapai 1,5-2 juta rupiah/ekor sedangkan harga kambing premium untuk kurban bisa mencapai 3-4  juta rupiah/ekor. Harga kambing cenderung naik setiap tahunnya.

harga kambing
gambar harga kambing

7.      Ragam Jenis Olahan Kambing

Daging kambing bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti sate, gulai kambing, tongseng kambing, kambing guling, nasi goreng kambing dll. Meskipun demikian sebaiknya komsumsi dalam jumlah terbatas karena kandungan zat besi dan zat tiramin yang tinggi pada daging kambing dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

kambing guling
gambar kambing guling

8.      Susu kambing Berkhasiat Kesehatan

Susu kambing mungkin belum sepopuler susu sapi padahal susu kambing tidak kalah dengan susu sapi. Umumnya susu kambing diambil dari jenis kambing etawa. Ada banyak manfaat susu kambing baik untuk penyakit paru-paru, untuk kulit, penyakit jantung, dll. Harga 1 liter susu kambing bisa mencapai 30-35 ribu / liter.

susu kambing
gambar susu kambing

9.      Kotoran kambing bisa menjadi Pupuk

Kambing adalah hewan ternak yang multifungsi. Mereka dapat menghasilkan susu, daging, kulit, dan kotoran pada waktu bersamaan. Limbah kotoran yang dihasilkan setiap hari bisa diolah menjadi pupuk kandang maupun pupuk cair.  Meskipun kotoran hewan (kohe) kambing  bisa digunakan langsung tetapi sebaiknya lakukan fermentasi terlebih dahulu untuk mematangkan proses penguraian kotoran menjadi pupuk siap pakai. Kandungan nitrogen, kalium dan sulfur pada kohe kambing dapat meningkatkan kesuburan tanah dan juga mengandung zat pengatur tumbuh yang baik.

Kambing dewasa bisa menghasilkan kotoran sekitar 0,63 kg/ekor/hari dan jika anda memiliki 100 ekor kambing dewasa maka maka kotoran yang dihasilkan bisa mencapai 63 kg / hari atau sekitar 1890 kg/bulan. Jika diasumsikan harga pupuk kambing sekitar Rp 2000/kg maka hasil yang didapatkan bisa mencapai 1890 X 2000 = Rp 3.780.000/bulan . cukup lumayan bukan?

kotoran kambing
gambar kotoran kambing

Itulah gambaran dari 9 Keuntungan Beternak Kambing Bagi Pemula. Semoga bisa memberikan manfaat dan memberikan motivasi untuk mengembangkan usaha ternak yang kadang diangap sebelah mata namun menghasilkan pundi-pundi yang hasilnya ternyata menggiurkan.