Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Burung Cendrawasih Kebanggaan Masyarakat Papua

 

Jenis Burung Cendrawasih

Duniahobiku.com - Apa saja jenis burung cendrawasih yang ada di tanah Papua? Burung cendrawasih merupakan ciri khas dan kebanggaan penduduk Papua, karena hewan cantik ini hanya bisa ditemukan didaerah Papua dan termasuk hewan endemik. Tetapi meski begitu mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang jenis-jenis burung cendrawasih yang ada, bukan hanya masyarakat diluar Papua tetapi juga penduduk Papua sendiri. Umumnya kita hanya menyebut burung cendrawasih seolah-olah hanya ada 1 jenis burung cendrawasih padahal masih banyak jenis burung cendrawasih lainnya yang tidak kalah cantik dan menarik. Penasaran ingin mengenal burung yang dijuluki burung dari surga atau bird of paradise ini? Silahkan simak artikel selengkapnya.

Burung cendrawasih merupakan hewan langka yang berasal dari daerah Papua hingga Australia bagian timur. Dalam Mitologi burung cendrawasih bahkan dianggap sebagai utusan dari surga. Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam karena perburuan liar dulunya bulu burung ini menjadi aksesoris dalam pakaian adat Papua. Namun saat ini burung cendrawasih dilindungi di taman nasional dan terdaftar dalam appendix II CITES karena terancam punah. Langkanya burung cendrawasih membuat harga burung cendrawasih bisa mencapai 5-10 juta perekor. Kesadaran tentang pentingnya menjaga habitat burung cendrawasih dan cara melestarikan burung cendrawasih perlu ditingkatkan agar keberadaan burung ini bisa bertahan hingga anak cucu kita.

Keunikan burung cendrawasih terdapat pada warna dan bentuk bulu yang sangat cantik dan unik dan membuatnya sangat layak disebut burung dari surga karena keindahannya. Keunikan ini sulit ditemukan pada jenis burung lainnya. Untuk lebih mengenalnya lebih dekat berikut  beberapa jenis burung cendrawasih yang memiliki warna dan bulu indah dan unik:

1.      Burung cendrawasih Lesser Bird Of Paradise

Burung cendrawasih lesser bird of paradise merupakan jenis burung cendrawasih yang sangat cantik dengan perpaduan warna kuning coklat dan merah biasanya di bagian ekor burung ini sangat panjang. Mahkota burung ini berwarna kuning, untuk burung cendrawasih yang jantan biasanya memiliki postur tubuh yang lebih besar di bandingkan dengan yang betina. Ukuran burung ini pun berkisar 30-32 cm. Burung ini biasanya hidup dan tersebar di daerah Papua Nugini sampai Yapen, ciri khas burung ini pun sangat mudah di bedakan dari warna bulu ekornya saja. Suku-suku setempat biasanya mengunakan bulu burung ini untuk hiasan adat dan acara-acara adat, untuk memelihara burung yang satu ini pun tidak sembarangan dan biasanya harus memiliki ijin oleh negara.

Lesser Bird Of Paradise
gambar Lesser Bird Of Paradise

2.      Burung Cendrawasih Princess Stephanie’s Astrapia

Burung cendrawasih Astrapia stephaniae ini memiliki ciri khas yaitu memiliki bulu ekor yang panjang dan sangat cantik dan berwarna ungu. Ukuran burung cendrawasih ini pun sekitar 30-37 cm, untuk yang betina biasanya lebih kecil di banding jantan dan memiliki warna cokelat gelap dan kepala kehitaman. Burung ini terdapat di sekitar Papua terkhusus daerah pegunungan Papua.

Princess Stephanie’s Astrapia
gambar Princess Stephanie’s Astrapia

3.      Burung cendrawasih Botak

Burung Cendrawasih ini memiliki nama keren Wilson’s Bird of Paradise atau Cicinnurus respublica. Burung cendrawasih yang satu ini memilki bentuk yang sangat menonjol di bandingkan dengan jenis cendrawasih yang lainnya. Burung cendrawasih Wilson’s Bird of Paradise memiliki warna di sekitar batok kepalanya biasanya warna di atas kepala burung ini adalah biru laut. Burung ini sering juga disebut cendrawasih botak karena bentuk batok kepalanya. Burung Cendrawasih Wilson’s Bird of Paradise juga memiliki perpaduan warna kuning di bagian tekuk dan merah di bagian punggung, untuk di bagian ekor burung ini memiliki bulu yang melingkar dan sangat cantik. Burung cendrawasih Wilson’s Bird of Paradise ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar 20-21 cm dan penyebaran burung ini sekitar Papua Barat.

burung cendrawasih botak

Gambar burung cendrawasih botak

4. Burung Cendrawasih King of Saxony Bird Of Paradise atau Pteridophora Alberti

Burung cendrawasih King of Saxony ini merupakan jenis burung cendrawasih yang sangat unik di mana mahkota pada burung ini yang sangat panjang di bagian kepala. Dengan mahkota panjang di bagian kepala menjadikan burung ini menjadi burung yang sangat eksotis, ukuran burung inipun sangat kecil yaitu sekitar 20-25 cm dan biasanya ukuran mahkota burung ini 2 kali lipat dari ukuran badannya. Burung ini sendiri tersebar di sekitar daerah Papua Nugini bagian barat. Burung ini juga dikenal sebagai cendrawasih panji.

cendrawasih panji.
gambar cendrawasih panji

5.      Burung Cendrawasih Lawes’s Parotia atau Parotia Lawesii

Burung cendrawasih Lawes’s Parotia merupakan burung yang sangat exsotik dan memiliku keunikan tersendiri di mana burung ini memiliki mata biru muda dan juga hampir seluruh badannya berwarna hitam pekat. Di bagian dada burung ini memiliki warna kuning dan terkadang di padu dengan warna biru, pada bagian kepala burung ini pun memiliki mahkota yang panjang yang hampir setengah badannya dan biasanya mahkota burung ini berwarna hitam dengan sedikit menonjol di bagian ujungnya.

Parotia Lawesii

gambar Parotia Lawesii

6.      Burung Cendrawasih Red Bird Of Paradise

Burung cendrawasih Red bird Of Paradise merupakan burung cendrawasih yang sangat cantik dengan diselimuti warna merah di bulunya oleh karena itu bisanya burung ini disebut sebagai burung cendrawasih merah. Burung cendrawasih Red bird of paradise merupakan burung cendrawasih yang berwarna cantik dan tidak kalah dengan burung cendrawasih yang lainnya, sama dengan burung cendrawasih yang lain cendrawasih ini juga mempunyai keunikan yang sangat menonjol di bagian ekornya. Di bagian ekornya terdapat sebuah bulu cantik yang menyerupai tali dan menjadikan hal tersebut ciri khas burung cendrawasih ini. burung cendrawasih merah ini memiliki ukuran sekitar 33 cm dan jika sudah dewasa ukuran burung ini bisa mencapai 70 cm. Penyebaran burung ini meliputi daerah Irian Jaya Barat juga Raja Ampat.

Red Bird Of Paradise
gambar Red Bird Of Paradise

7.      Burung Cendrawasih Raggiana Bird Of Paradise

Burung cendrawasih Raggiana bird of paradise merupakan burung cendrawasih yang sedikit berbeda dengan burung cendrawasih yang lainnya, dimana burung ini tidak memiliki hiasan seperti burung yang lainnya. Burung cendrawasih Raggiana bird of paradise ini juga memiliki bulu yang sangat lebat di bagian atas ekornya, burung ini merupakan burung cendrawasih yang terkenal bisa di bilang burung ini merupakan ikon dari burung cendrawasih. Ukuran burung inipun sekitar 30-40 cm untuk ukuran yang dewasa dan biasanya untuk betinanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari jantan. Burung ini tersebar di Irian daerah selatan dan juga timur, mahkota burung ini untuk yang jantan memiliki warna kuning dan di bawah paruh burung ini berwarna zamrud.

Raggiana Bird Of Paradise
gambar Raggiana Bird Of Paradise

8.      Burung Cendrawasih Astrapia Ribbon-tailed

Burung cendrawasih Astrapia Ribbon-tailed merupakan burung yang sangat cantik di padu dengan warna hitam dan warna zaitun di daerah sekitar leher. Di ekornya terdapat sebuah bulu yang sangat panjang dan hampir sama dengan ukuran badan dari burung ini dan hanya pejantan saja yang memiliki bulu ini, untuk yang betina polos dan tidak memiliki bulu ekor seperti pejantan. Penyebaran burung yang satu ini tersebar di daerah Irian Tengah dan memiliki ukuran 29-33 cm untuk yang dewasa.

Astrapia Ribbon-tailed
gambar Astrapia Ribbon-tailed

9.      Burung Cendrawasih Blue Bird Of Paradise

Burung cendrawasih Blue bird of paradise memiliki ukuran sekitar 30 cm dengan warna di dominasi warna biru, burung ini juga merupakan burung khas di jenisnya yang memiliki suara yang merdu. Penyebaran Burung cendrawasih Blue bird of paradise ini pun mencakup daerah Irian Tengara tepatnya di daerah pegunungan Papua Nugini.

Blue Bird Of Paradise
gambar Blue Bird Of Paradise

10.      Burung Cendrawasih Riflebird Paradise

Burung cendrawasih Riflebird Paradise merupakan endemik di Australia, burung ini memiliki warna gelap di padu dengan warna zaitun. Burung ini juga memiliki keunikan dalam mencari pasangannya di mana burung ini akan menari-nari ke kiri dan kekanan untuk menarik perhatian pasangan mereka sembari melebarkan sayapnya.

Riflebird Paradise
gambar  Riflebird Paradise

Semoga artikel tentang 10 Jenis Burung Cendrawasih Kebanggaan Masyarakat Papua dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang kekayaan alam Indonesia berupa fauna yang sangat cantik, bernama burung cendrawasih.