Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Hewan Hibrid Yang Sangat Menarik Dan unik

 hewan hybrid

Duniahobiku.com - Perkawinan silang antar hewan akan menghasilkan hewan hybrid yang memiliki penampilan berbeda dibandingkan hewan sejenisnya. Perkawinan ini tak hanya terjadi pada spesies yang sama. Ada pula perkawinan yang melibatkan dua hewan yang berlainan spesies namun masih terikat hubungan. Kadang perkawinan antar spesies tersebut terjadi secara alami atau buatan dengan bantuan manusia. Penasaran bagaimana bentuk hewan hybrid tersebut? Simak terus artikel dibawah ini.

Perkawinan silang dilakukan dengan berbagai tujuan baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hewan tersebut ataupun  maksud lain. Para ilmuwan terus berkreasi untuk menghasilkan hewan-hewan baru dan beberapa diantaranya memiliki penampilan yang unik. Dari sekian banyak binatang hibrid, terdapat 10 hewan yang memiliki penampilan sangat menarik. Berikut adalah 10 binatang hibrid tersebut.

1.       Liger

Nama binatang hibrid ini diambil dari kedua orang tuanya, yakni singa jantan (lion) dan harimau betina (tiger). Kedua binatang ini memang berlainan spesies namun masih dalam satu genus. Dengan memadukan kedua jenis kucing ini, Liger menjadi kucing terbesar, mengalahkan ukuran kedua orang tuanya.

Liger ternyata juga ditemukan di alam liar. Para peneliti sempat beranggapan bahwa liger adalah hewan yang mandul. Namun anggapan tersebut terbantahkan pada tahun 1953, ketika seekor liger berusia 15 tahun sukses kawin dengan singa jantan. Sayangnya, bayi hasil perkawinan liger dengan singa memiliki tingkat kesehatan yang buruk.

liger
Gambar Liger

2.      Lebah pembunuh

Hewan hibrid yang satu ini merupakan salah satu bentuk perpaduan yang salah. Binatang ini merupakan perpaduan antara lebah Afrika Apis mellifera scutellata dengan lebih madu Eropa jenis A.m. ligustica dan A. m. iberiensis.

Lebah ini pun terkenal sangat berbahaya. Mereka sangat agresif dan tak jarang menyerang siapapun yang dianggap mengganggu. Serangan tersebut biasanya dilakukan secara berkelompok. Setidaknya dua orang meninggal tiap tahun di Amerika akibat serangan lebah pembunuh.

Lebah pembunuh
Gambar lebah pembunuh

3.      Wholpin

Hewan ini adalah hasil persilangan antara paus dengan lumba-lumba. Wholpin juga pernah ditemukan di alam liar. Ikan ini pun memiliki karateristik yang berbeda dengan kedua orang tuanya. Wholpin punya gigi sebanyak 66, sementara paus mempunyai 44 gigi dan lumba-lumba kepala botol sebanyak 88 gigi.

Wholpin
Gambar Wholpin

4.      Kucing Savannah

Kucing Savannah merupakan binatang hibrid yang telah diakuis secara resmi oleh asosiasi kucing internasional pada 2001. Kucing jenis ini merupakan hasil perpaduan antara kucing domestik dengan Serval Amerika. Kucing ini pun memiliki kebiasaan lebih jinak dibanding kucing domestik. Selain itu, kucing savannah juga memiliki loyalitas yang tinggi, seperti halnya seekor anjing. Warna bulunya hampir mirip macan tutul. Kucing ini termasuk salah satu jenis kucing termahal yang pernah terjual dengan harga sekitar 350 juta rupiah.

Kucing Savannah
Gambar Kucing Savannah

5.      Coywolf

Perpaduan antara coyote dengan srigala akan menghasilkan binatang hibrid bernama coywolf. Fenomena perkawinan tersebut pun bisa terjadi di alam liar. Binatang ini memiliki sifat dua orang tuanya, suka berburu dan agresif seperti serigala namun takut dengan pemukiman penduduk seperti halnya coyote.

Coywolf
Gambar Coywolf

6.      Grizzly-Polar bear

Nama beruang ini diambil dari kedua orang tuanya, yakni seekor beruang grizzly serta beruang kutub. Beruang grizzly dan beruang kutub sejatinya hidup sangat berjauhan. Grizzly suka hidup di dalam hutan, sementara beruang kutub biasa tinggal di daerah yang dingin.

Keberadaan binatang hibrid beruang grizzly-polar ini pun menimbulkan pertanyaan di kalangan para peneliti. Mereka pun beranggapan bahwa ada kalanya beruang kutub terpaksa harus hijrah ke dalam hutan karena es mencair.

Beruang grizzly-polar merupakan hewan fertil. Pernah sebuah kejadian, seekor beruang grizzly-polar ditembak di pulau Victoria. Dan setelah dilakukan tes DNA, diketahui bahwa beruang tersebut hasil perkawinan antara beruang grizzly-polar betina dengan beruang grizzly jantan.

Grizzly-Polar bear
Gambar Grizzly-Polar bear

7.      Cama

Binatang bernama cama ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di sebuah laboratorium di Dubai. Cama dihasilkan dari seekor unta jantan dengan laama betina. Para peneliti bertujuan untuk bisa menghasilkan hewan baru dengan ukuran dan kekuatan seekor unta namun memiliki temperamen yang mudah diatur dan bisa menghasilkan wool seperti halnya laama.

Cama dilahirkan dari hasil inseminasi buatan dan sejauh ini belum ditemukan adanya laporan bahwa terjadi perkawinan silang secara alami antara unta dan lama di alam liar. Total hanya ada 6 kelahiran cama yang berhasil terjadi. Hewan ini memiliki ukuran enam kali lebih ringan dan kecil dibandingkan unta.

Cama
Gambar Cama

8.      Dzo

Dzo yang juga dikenal dengan nama yakow merupakan hasil persilangan antara yak dengan sapi. Binatang ini memiliki ukuran tubuh lebih besar dibandingkan orang tuanya dan memiliki tingkat produksi susu yang lebih tinggi.

Dzo betina biasanya lahir fertil dan bisa melahirkan jika dikawinkan dengan sapi atau yak. Sementara Dzo jantan selalu lahir dengan kondisi tidak fertil. Hewan ini dikembangkan di Tibet dan Mongolia sebagai ternak pekerja, karena mereka memiliki tenaga yang kuat.

Dzo
Gambar Dzo

9.      Zebroid

Zebroid merupakan kelompok dari persilangan antara zebra jantan dengan hewan betina lainnya yang berasal dari famili equidae. Beberapa di antaranya disebut dengan Zorse (zebra dengan kuda), Zonkey (zebra dengan keledai) dan Zoni (zebra dengan kuda poni).

 Gambar  Zebroid

10.      Blood parrot cichlid

Blood parrot cichlid merupakan seekor cichlid hibrida. Hewan ini diciptakan sekitar tahun 1986 di Taiwan dengan menggabungkan antara Midas cichlid dengan Redhead cichlid atau Red devil cichlid. Hasil dari perpaduan chiclid tersebut pun kadang menghasilkan bentuk yang aneh. Tak jarang hewan ini memiliki mulut yang vertikal yang menyulitkannya makan.

blood parrot cichlid
Gambar blood parrot cichlid

Semoga artikel tentang 10 Jenis Hewan Hibrid Yang Sangat Menarik Dan unik dapat menambah wawasan anda tentang berbagai hewan unik yang ada didunia.