Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Lovebird

 

Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Lovebird

Duniahobiku.com - Bagaimana cara menghilangkan kutu pada burung lovebird kesayangan anda? Kutu bukan hanya menyerang pada manusia tetapi juga menjadi parasit pada burung/unggas termasuk burung lovebird milik anda. Kutu pada burung mesti mendapat penanganan yang tepat dan cepat mengingat hewan ini bisa berkembang dengan sangat cepat dan akhirnya membuat burung anda mengalami masalah kesehatan. Anda bisa menemukan cara mencegah dan menghilangkan kutu lovebird pada artikel dibawah, Selamat membaca!

Lovebird merupakan salah satu burung yang banyak dikoleksi oleh pencinta hewan. Bagi masyarakat awam burung ini sering disamakan dengan burung parkit, padahal sejatinya keduanya memiliki perbedaan. Lovebird bukan merupakan burung asli Indonesia tetapi memiliki habitat asli di Afrika dan termasuk dalam anggota suku Psittacidae (burung paruh bengkok). Burung yang termasuk dalam marga agapornis ini memiliki warna bulu yang beragam dan sangat cantik, lovebird sendiri sering disebut sebagai burung cinta. Memelihara burung ini tentunya akan menambah semarak rumah anda, tetapi seperti hewan peliharaan lainnya burung lovebird juga tidak luput dari masalah kesehatan salah satunya adalah Kutu.

Burung yang sering menggaruk-garuk tubuhnya bisa menjadi salah satu  indikator burung mengalami masalah dengan kutu, bahkan jika serangan kutu mulai parah lovebird akan mencabuti bulunya sendiri sehingga rentan mengalami kebotakan bahkan tubuhnya akan semakin lemah dari hari kehari, burung akan nampak lesu akibat kekurangan darah dan infeksi akibat gigitan kutu. Tapi tenang sebelum semua itu terjadi berikut ciri-ciri khusus  lovebird yang kena kutu sehingga bisa kita atasi lebih dini.

bulu rontok pada lovebird
bulu rontok pada lovebird

1.      Ciri  ciri Burung Kena Kutu

  • Nafsu makan jadi berkurang sehingga badan lovebird menjadi kurus
  • Jika kita lihat lebih dekat maka akan terlihat bintik bintik putih atau merah pada bagian bulunya.
  • Pada bagian ekor akan terlihat bolong bolong atau rusak
  • Lovebird menjadi malas bunyi apalagi ngekek panjang
  • Sering menggaruk atau mematuk bulunya sendiri

Sebelum beralih pada cara mengobati lovebird yang terkena kutu, kita harus tahu terlebih dahulu cara mencegah agar lovebird tidak kutuan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

2.      Pencegahan Lovebird Kutuan

  • Jika burung yang kita miliki dari hasil beli, jangan dulu disatukan dengan lovebird lain, bila perlu semprot terlebih dahulu dengan larutan anti kutu yang bisa anda dapatakan di toko obat (toko burung).
  • Jika ada burung yang sudah terlanjur kena kutu, harus dipisahkan dan bekas airnya langsung di buang karena bisa saja terdapat telur telur kutu.
  • Jangan menggunakan kerodong yang sama dengan lovebird yang berkutu. Usahakan memiliki kerodong sendiri dan jika ingin menggunakan kerodong bekas burung lain sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu dan berikan obat anti kutu.
  • Bersihkan kandang secara rutin, bisa 1 hari 1 kali atau paling tidak 1 minggu sekali agar kebersihannya selalu terjaga terutama dari kutu..
  • Jika kandang yang kita gunakan hasil pinjam dari tetangga/teman bersihkan terlebih dahulu kandang tersebut hingga benar benar bersih bila perlu dan bila perlu gunakan antiseptic seperti rodalon.

Itulah beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan agar burung lovebird tidak terkena kutu dan menjangkiti burung lovebird lainnya

3.     Cara Menghilangkan Kutu dari Sangkar

Jika sangkar yang anda gunakan adalah sangkar baru kecil kemungkinannya kandang terjangkiti kutu. Tetapi untuk amannya sebaiknya anda membersihkan kandang yang akan digunakan dengan menggunakan air sampai bersih. Setelah semuanya selesai semprotkan obat anti kutu lalu jemur kandang dibawah sinar matahari. Penggunaan obat anti kutu akan membuat anda semakin aman dan nyaman, siapa tahu ada telur telur kutu yang menempel pada sangkar tersebut.

sangkar burung lovebird
sangkar burung lovebird

4.     Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Lovebird

Selanjunya kita beralih pada cara perawatan lovebird yang sudah terlajur kena kutu. Jadi jangan dibiarkan burung lovebird yang terkena kutu tanpa penanganan karena akan menurunkan performa dari burung lovebird anda. Jika sudah demikian akan lebih sulit untuk mengobati dan mengembalikaanya seperti semula.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati lovebird yang terkena kutu, bisa dengan menggunakan obat penghilang kutu ataupun membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang ada dirumah. Berikut beberapa ramuan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutu pada burung lovebird :

1.      Menggunakan rebusan daun sirih

  • Siapkan 10 daun sirih dalam keadaan bersih
  • Rebus daun sirih dengan 100 ml air bersih sampai benar benar mendidih
  • Setelah air dingin masukan dalam semprotan dan gunakan untuk mandi burung lovebird

2.      Menggunakan air cucian beras

  • Cukup sediakan beras secukupnya, bisa 2 gengaman tangan saja
  • Kemudian cuci dan airnya ditampung pada wadah yang bersih
  • Kemudian kocok air beras sampai rata kurang sekitar 1-2 menitan
  • Terakhir masukan air tadi kedalam semprotan dan semprotkan ke tubuh burung yang terkena kutu.

3.      Memandikan burung dengan sampo bayi

Cara menghilangkan kutu pada burung dengan sampo bayi telah banyak digunakan olah para kicau mania. Shampo bayi digunakan karena memiliki komposisi yang lebih soft sehingga lebih aman saat digunakan. Jika anda kesulitan bagaimana cara memandikan burung lovebird anda bisa menemukan caranya baik di Youtube maupun website yang bertebaran didunia maya.

4.      Menggunakan Obat Anti Kutu

Selain obat alami bisa juga dengan menggunakan obat dari toko yang bisa dengan mudah kita temukan baik ditoko online maupun toko yang menjual perlengkapan dan sarana burung kicau. Untuk mereknya sendiri bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan obat kimia adalah cara penggunaannya yang harus sesuai dengan takaran dan aturan yang berlaku jangan sampai melebihi dosis yang telah ditentukan.

5.      Mencegah Kutu Pada Burung lovebird

  • Jaga kebersihan sangkar agar  selalu dalam keadaan bersih, ukurannya sesuai dengan jumlah burung dalam satu sangkar dan disimpan pada tempat yang aman dan nyaman.
  • Perhatikan pakan yang diberikan pada lovebird, sesuaikan dengan keadaan burung saat itu jangan sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan burung menjadi gemuk. Terutama dalam pemberian extra fooding (EF).
  • Mandikan burung di pagi dan sore hari serta jangan lupa untuk di jemur dibawah sinar matahari untuk mematikan kutu, virus dan bakteri dan angin-anginkan terlebih dahulu sebelum di masukan kedalam ruangan (dikerodong).
  • Jangan gunakan wadah pakan dari burung yang terindikasi terkena kutu
  • Gunakan kerodong sendiri yang lebih terjamin kebersihannya

Semoga artikel tentang 5 Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Lovebird dapat bermanfaat dan membuat burung lovebird kesayangan anda  semakin sehat dan ceria.