Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Ikan Tenggiri Agar Hasil Pancingan Melimpah

 Cara Mancing Ikan Tenggiri

Duniahobiku.com - Bagaimana cara mancing ikan tenggiri agar tidak kecewa? Tentunya dalam memancing ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti waktu yang tepat mancing tenggiri, umpan yang baik, spot yang oke, kedalaman laut, pancing dan sarana perlengkapan yang baik. Kombinasi dari semuanya akan memperbesar peluang anda memperoleh hasil pancingan yang maksimal dan apabila “dewi fortuna” sedang berada dipihak anda maka dipastikan anda dan team akan pulang dengan wajah tersenyum puas.

Sekilas Tentang Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri memiliki postur tubuh memanjang dengan mocong meruncing, ikan ini memiliki gigi cukup tajam sehingga dapat memutus kenur yang memiliki ukuran dan  kualitas yang  kurang baik. Walaupun umumnya ikan yang berhasil dipancing berukuran dibawah 1 meter tetapi sejatinya ikan bisa tumbuh hingga sekitar 2,2 meter. Ikan ini hidup secara bergerombol dan termasuk ikan pelagis.

Ikan tenggiri (mackerel) merupakan ikan yang tidak asing bagi nelayan atau mancing mania. Ikan yang memiliki bentuk tubuh langsing memanjang, dengan warna keperak-perakan dan di tubuhnya hampir terdapat garis-garis seperti zebra cross selalu hidup berkelompok dalam mencari makan. Saat tertentu ia hidup di karang tertentu namun beberapa hari kemudian ia pergi mengembara untuk menyambung kehidupan. Jadi ikan ini tidak menetap pada satu satu lokasi layaknya ikan dasar seperti kakap, jenaha dan kerapu.

ikan tenggiri
Gambar ikan tenggiri

Postur tubuhnya yang langsing tentu saja mendukung tergolong karakter hidupnya sebagai penjelajah tinggi. Dari postur tubuhnya itu kita bisa mengerti bahwa ikan ini adalah ikan pemburu yang handal. Daya serangnya yang cepat di dukung dengan tajamnya giginya membuat ikan lain seperti ikan como, ikan selar dan ikan yang lebih kecil tidak berdaya menghadapinya.

Dari dahulu hingga sekarang ikan tenggiri terus menjadi target para mancing mania. Daya sergap dan kecepatannya berenang bagaikan torpedo membuat para pemancing menikmati sensasi saat umpan disambar oleh ikan. Ikan yang memiliki daging yang gurih ini keberadaannya selalu dirindukan karena selain dibakar, ikan ini juga memiliki rasa yang nikmat saat diolah menjadi asam pedas ikan tenggiri ataupun menjadi bahan pembuatan pempek ikan tenggiri, maka jangan heran bila musim memancing tiba para nelayan dan penggila olahraga mancing tenggiri selalu menanti, seperti di daerah Teluk Jakarta dan juga daerah lainnya.

Sebagai ikan predator sekaligus ikan pelagis maka ikan ini banyak dinantikan kehadirannya dalam setiap musimnya. Ikan tenggiri selalu mendatangi kawasan Teluk Jakarta bersamaan angin barat yang jatuh umumnya pada bulan Januari hingga Agustus.

Datangnya tenggiri tentu saja mengundang para nelayan dan para pemancing untuk saling mempersiapkan diri bagaimana mendapatkan ikan yang terkenal enak dagingnya ini. Jangan heran bila musimnya datang kapal-kapal penyewaan mancing di Teluk Jakarta ramai disewa para mancing mania. Sehabis memancing cerita akan terus berkembang di toko-toko pancing maupun media sosial.

Melihat banyaknya pemancing yang memberi apresiasi terhadap ikan tenggiri maka belakangan ini khusus ikan tenggiri diperlombakan dalam sebuah turnamen. Tercatat dua kali turnamen yang khusus memancing tengiri dan pesertanya cukup banyak dan antusias. Banyaknya peserta turnamen tenggiri tentu saja menjadi barometer bahwa ikan tenggiri memiliki penggemar tersendiri.

Karakter ikan tenggiri

Sebagai ikan pemburu yang handal, tenggiri selalu mengincar keberadaan ikan-ikan kecil yang menjadi santapannya. Ikan-ikan kecil seperti selar, como dan kembung biasanya mencari makan di daerah yang berkarang cukup luas dan dangkal.

Lokasi karang luas dan panjang yang merupakan rumah ikan-ikan kecil ternyata menjadi tempat yang menjanjikan bagi tenggiri, dengan melimpahnya makanan agar ikan dapat tumbuh dan berkembang.

Jika ikan tenggiri menjadi lebih besar ia tidak hanya tinggal di daerah yang berkarang dangkal, namun pergi mengembara ke tengah lautan lepas untuk mencari sumber makanan. Ikan tenggiri besar lebih memilih hidup secara solitaire atau menyendiri dalam memburu mangsanya.

Ikan tenggiri besar dalam mencari makan harus juga bersaing dengan ikan pelagis besar lainya seperti barakuda, marlin dan layaran. Maka jangan heran bila anda mancing trolling di lautan maka kemungkinan ikan disambar berbagai jenis ikan lain selain ikan tenggiri sangat besar.

Sarana dan Perlengkapan Mancing Tenggiri

Salah satu teknik yang digunakan dalam memancing ikan tenggiri dikenal dengan teknik Koncer. Teknik koncer sendiri merupakan teknik yang menggunakan umpan asli kespot yang dianggap memiliki potensi besar untuk disambar oleh ikan. Teknik ini sebenarnya teknik umum dan tidak mengenal batas wilayah.

Bobot ikan yang terpancing diperairan Kepulauan Seribu umumnya berkisar 3-4 kg, memang kadang-kadang tertangkap tenggiri yang berukuran besar dengan berat 10 kg, tentu saja jika di daerah Kepulauan Seribu ikan tidak terlalu besar maka untuk mendapatan perlawanan yang alot. enaknya lebih baik menggunakan perangkat yang kecil pun yaitu kelas kenur antara 2 - 8 kg sudah cukup.

Namun jika daerah mancing menghasilkan ikan tenggiri yang besar seperti daerah Indonesia Timur, atau Ujungkulon dan Binuangeun yang ikan tenggirinya boleh dibilang monster lantaran beratnya mencapai di atas 20 kg maka piranti pun haruslah sesuai.

Berikut beberapa sarana dan perlengkapan yang akan dibutuhkan saat akan memancing ikan tenggiri, antara lain :

Joran

Pilih joran jenis light spinning pendek (180 - 220 cm), bahan utama grafit yang terdiri dari satu atau dua batang. Aksi joran pilih yang melengkung dari tengah sampai ke ujung (kelas 2-4 kg) atau joran yang melengkung di ujungnya saja dengan kelas 65 kg-10 kg.

Reel

Penggunaan penggulung sebaiknya pilih yang model spinning dengan 2- 12 ball bearing logam anti karat. Kalo bisa wadah dan spulnya terbuat dari grafit. Ukuran reel sebaiknya sama dengan ukuran kelas kenur atau naik satu kelas di atas ukuran kenur.

Kenur

Penggunaan kenur yang IGFA test lebih baik karena bila anda mendapat ikan untuk kategori rekor maka lebih aman. Biasanya kenur kecil kelas 8 lbs-20 lbs. Prinsipnya semakin kecil semakin galak namun diperlukan kelihaian dan jam terbang yang tinggi. Sedangkan kenur PE sebenarnya bisa juga digunakan untuk mancing namun kenur ini tidak lazim bagi pemancing yang gemar mancing koncer dan kenur PE sering digunakan untuk mancing popping atau jigging.

Tali Ujung

Lantaran ikan tenggiri memiliki gigi yang tajam dan bentuknya menyerupai gergaji maka untuk mengantisipasinya anda menggunakan tali ujung dari kawat baja tunggal nomor 24-28 atau kawat serabut baja kelas 15-24 kg. Penggunaan kawat baja terbukti ampuh meredam keganasan sambaran tenggiri yang sering membuat pemancing kecewaakibat tali kenur yang terputus.

Rangkaian Pancing Tenggiri

Gigi tenggiri terkenal sangat tajam. Kebiasaanya menyambar umpan biasanya menyabar dari arah samping atau belakang dengan cara menyergap dan berenang secepat kilat. Karakter sambaran dan daya serangnya yang tinggi membuat pemancing perlu melengkapi diri dengan kawat pada tali penghujungnya.

Bagi pemancing yang gemar mancing dasar dengan tehnik koncer yang menggunakan umpan hidup, agar presentasi ikan bisa maksimal umpan biasanya dipasang dua kail yang kedua-duanya harus  tertanam ke badan ikan secara mantap.

Umpan ikan tenggiri

Ikan terggiri termasuk kategori ikan pelagis (permukaan). Di daerah Kepulauan Seribu ikan tenggiri lebih sering dipancing dengan cara koncer. Meski demikian ada juga pemancingya yang mancing dengan cara trolling.

Ikan umpan yang paling sering digunakan para nelayan dan pemancing adalah ikan kembung hidup atau ikan tongkol. Bagi pemancing yang suka trolling biasanya memilih ikan hidup yang tidak mudah mati.

Agar ikan kecil tetap mengumpul pada satu lokasi saja maka yang dilakukan adalah membuang rebon (ngebom/chuming) atau menggunakan  ikan kembung mati agar mendapat respon yang cepat dari  target ikan tenggiri.

Teknik Memancing Ikan tenggiri

Kebiasaan ikan tenggiri yang menyambar umpan dengan kecepatan tinggi tentu saja membuat kenur dalam sekejap keluar dari ril berpuluh-puluh meter. Jika tiba-tiba rill anda berderit keras janganlah panik. Biasanya hal ini hanya berlangsung sesaat, hal ini disebabkan karena daya renang ikan tenggiri yang cepat saat menyambar umpan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka stel drag pada kekuatan 30% dari kekutan kenur sehingga saat ikan membawa kabur kita tidak usah khawatir akan putusnya kenur.

Setelah perlawanan ikan tenggiri berhenti sekarang tinggal aksi pemancing untuk menaklukkan ikan ini. Mainkan joran anda secara berirama naik turun. Tarik joran ke atas lalu turunkan ke bawah lalu ikuti dengan memutar engkol rill. Jangan buru-buru dan terus kuasai keadaan hingga mendekati kapal.

Jika tenggiri berenang ke arah kapal maka anda harus mengantisipasinya dengan cara menggulung secara cepat. Setelah kondisi kenur tegang anda haruslah hati-hati agar ikan tidak berontak dan menangkan pertarungan melawan ikan tenggiri dengan “cantik”.

Trolling Tenggiri

Ikan tenggiri bisa juga dipancing dengan teknik trolling. Mancing trolling atau istilahnya mancing tunda adalah mancing dengan cara kapal berjalan. Umpan diulur di belakang kapal dalam beberapa meter lalu kapalpun berjalan.

Umpan yang sering digunakan untuk mancing ikan tenggiri pun beraneka ragam. Ada umpan buatan dan umpan alami. Umpan buatan seperti konahead, rapala merupakan umpan yang bisa dipakai untuk memancing tenggiri. Sedangkan umpan alami adalah ikan-ikan yang dijahit biasanya ikan kembung, dan tongkol.

Dalam mancing trolling biasanya yang memakan bukan hanya ikan tenggiri tapi terkadang ikan wahu, barakuda, bahkan terkadang ikan layaran dan ikan pelagis lainnya.

Arus mati

Pelampung atau belon yang sesuai digunakan untuk mengelakkan umpan berbelit dengan pancing lain. Jarak umpan dengan belon paling kurang 4 meter. Lebih panjang lebih bagus. Lepaskan umpan dalam jarak melebihi 30 meter dari bot. Ikan hidup seperti selar dan kembong hendaklah dicangkut dalam keadaan kepala mengarah ke hadapan.

Arus perlahan

Penggunaan teknik floating tanpa ladung atau belon. tetapi umpan ikan hidup hendaklah dicangkut dalam keadaan kepala menghadap bot. kalau menggunakan multiflier reel, bolehlah ikat perambut steelwire direct kepada mainline dengan ikatan albright dengan safety knot diujung.

Arus deras

Penggunaan teknik mid water dengan batu ladung bersize 2 atau 3. batu ladung dimasukkan kedalam mainline. Setelah lepaskan ikan hidup, ladung hendaklah dipegang. ulurkan tali sepanjang 10 meter baru ikatkan getah gelung pada mainline untuk jadikan stopper ladung. lepaskan sepanjang 30 meter dari bot.

Saat memancing ikan tenggiri malam hari perambut 50 lb digunakan sepanjang 1 kaki. Sekiranya bulan gelap cara pancingannya pula berbeda karena tenggiri hanya akan makan dibawah bayangan cahaya lampu bot. anda bisa menggunakan teknik bottom fishing tetapi dinaikkan sebanyak 8 mte. Teknik seperti siang boleh digunakan sekiranya bulan terang.

Hook Up:

Hook up hendaklah dibuat dengan kuat beberapa kali supaya mata kail  yang disangkut pada umpan hidup boleh tanggal dan menyangkut pula pada rahang ikan tenggiri. kalau dilawan dengan slow dan smooth species ini mudah menyerah tapi kalau ditarik dan dikerasi ikan ini akan lebih ganas dan lambat menyerah.

Spot Mancing Ikan tenggiri

Spot 1: Spot karang dimana terdapat banyak kawanan ikan tenggiri berkumpul, spot ini akan memudahkan kita memperoleh hasil berlimpah sebab umpan yang dilempar akan dengan cepat disambar oleh ikan.

Spot 2: karang yang sempit dimana banyak tenggiri hidup. Lokasi ini banyak disukai oleh nelayan karena hanya memancing tenggiri saja bisa mendapat hasil yang cukup memuaskan.

Spot 3: spot yang ada tenggiri tetapi tidak menjadi lubuk nelayan kerana kalau ditunggu pun hasilnya tak seberapa. seperti didalam unjam laut.

Spot 4: spot yang karangnya sangat luas. Dimana kita perlu bergantung pada nasib dan keberuntungan untuk mendapatkan species tenggiri.

Semoga artikel bagaimana Cara Mancing Ikan Tenggiri Agar Hasil Pancingan Melimpah dapat bermanfaat buat anda semua para mancing mania dimanapun berada. Salam Joran melengkung!