Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu! Penyebab Pemakaian Bensin Boros Pada Mobil Dan Motor

 Penyebab Pemakaian Bensin Boros

Duniahobiku.com - Memiliki motor atau mobil dengan bahan bakar yang boros, pasti akan membuat pengeluaran anda semakin bengkak. Sebenarnya saat ini ada banyak sekali motor dan mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit. Kendaraan yang memiliki bahan bakar irit, lebih ramah lingkungan dan tidak akan membuat kantong anda semakin tipis. Tetapi ternyata konsumsi bahan bakar yang boros bisa disebabkan oleh berbagai hal. Buat anda yang sedang mencari tahu masalah bensin boros pada kendaraan anda, inilah beberapa penyebab yang membuat pemakaian bahan bakar kendaraan anda menjadi boros.

Namun sebelum anda pergi ke bengkel untuk memperbaiki kendaraan anda, alangkah baiknya mencoba beberapa hal sederhana yang mungkin bisa anda lakukan sendiri di rumah. Karena memang pemborosan yang terjadi pada mesin motor anda biasanya karena hal yang sepele, jadi bagi anda yang suka dengan dunia bongkar membongkar mesin mungkin hal ini perlu anda coba terlebih dahulu. Silakan langsung saja anda lihat penyebab dan sedikit tips dari kami.

Penyebab Bahan Bakar Boros Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Bahan Bakar Kita Boros?

Pertanyaan itu mungkin kerap sekali terlintas dipikiran kita, kok bahan bakar motor kita boros banget! Mungkin ada sesuatu yang salah dengan kendaraan anda. Silakan cek dahulu penyebab yang mungkin terjadi dengan kendaraan kesayangan anda.

1.      Karburator Kotor Dan Rantai Kendur

Penyebab bahan bakar boros pada motor dan mobil bisa dikarenakan karburator kotor dan rantai yang kendur. Pada saat anda membeli bensin di pom bensin, kebersihannya tidak akan terjamin. Ketika menumpuk terus menerus akan membuat karburator kotor. Kemudian akan mengganggu kinerja karburator anda dan akhirnya pembakaran tidak maksimal. Pada saat rantai kendur, proses penyaluran tenaga mesin ke roda akan terganggu. Kemudian membuat tarikan mesin semakin butuh tenaga besar. Hal ini membutuhkan energi tambahan yang lebih besar. Kemudian konsumsi bensin boros.

karburator kotor
Gambar Karburator kotor

2.      Klep Bocor Dan Tuas Gas Seret

Ketika klep bocor konsumsi bensin ikut boros. Oleh karena itu penyetelan klep sangatlah penting. Jangan sampai klep kendor dan membuat bensin menjadi boros. Anda juga harus memperhatikan bagian tuas gas seret. Ketika tuas gas seret pada saat ditarik, akan membuat pergerakan skep karburator terhambat. Skep yang tidak bekerja dengan baik, akan membuat kecepatannya terhambat. Sehingga tenaga yang dibutuhkan lebih besar. Hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

Klep Bocor
Gambar Klep Bocor

3.      Cara Berkendara

Perilaku dari si pengendaranya sendiri juga sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, ketika pengendara sering berkendara dengan agresif dan selalu menggunakan kecepatan tinggi. Ini akan membuat konsumsi bensin boros. Jadi selain dari masalah pada motor dan mobilnya, cara berkendara si pengguna juga harus diperhatikan.

cara berkendara
Ugal-ugalan berkendara

Selain cara berkendara yang baik tentunya perawatan motor dan mobil juga harus selalu diperhatikan. Ini akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan anda lebih irit dan bisa menghemat pengeluaran anda.. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi yang bermanfaat.