Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lontong Balap Makanan Khas Surabaya

 lontong balap makanan khas

Duniahobiku.com - Surabaya terkenal dengan makanan khas yang unik dengan nama makanan khas yang nyeleneh seperti lontong balap, rujak Cingur, rawon, tahu tek, sate klopo, pecel semanggi. Lontong balap adalah salah satu makanan khas daerah Surabaya yang cukup terkenal dan akrab di telinga masyarakat Jawa Timur. Nama lontong balap ini di ambil berdasarkan kisah para penjual lontong yang saling balapan adu cepat untuk menyelesaikan pesanan dari para pelanggannya sehingga muncul istilah lontong balap.

Lontong balap menjadi trademark tersendiri untuk masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya, bahkan nama lontong balap sendiri menjadi ikon untuk wisata kuliner Surabaya. Harga untuk satu porsi lontong balap Surabaya berkisar antara 8.000 sampai 10.000, cukup murah untuk rasa dan nikmatnya makanan khas Surabaya ini.

Tempat untuk mendapatkannya cukup mudah anda bisa cari di sekitar kota Surabaya pasti anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menjual lontong balap, dan berikut tempat penjual lontong balap Surabaya yang cukup terkenal.

1. Lontong Balap Pak Gendut

Bertempat di jalan Kranggan Surabaya atau di depan gedung bekas bioskop garuda, pak gendut berjualan lontong balap dari jam 15.00 sampai jam 22.00 malam. Tempat ini banyak dikunjungi oleh para pecinta kuliner khususnya lontong balap Surabaya karena lontong balap disini cukup lezat dengan tambahan lentho sebagai pelengkap sajian lontong balap pak gendut. Lentho adalah makanan yang terbuat dari kacang tolo yang ditumbuk dan diberi bumbu resep pak gendut yang super yummy. Saya sarankan bagi anda yang ingin menikmati lontong balap pak gendut untuk datang lebih awal karena ketika malam tempat ini akan diserbu oleh para pelanggannya yang setia menikmati kuliner asli Surabaya ini.

2. Lontong Balap Pak Tjip Kertajaya

Berada di jalan Gubeng Kertajaya  XV Surabaya  lontong balap pak Tjip ini cukup terkenal dengan menu andalan lontong balap yang menarik banyak pengunjung untuk mencicipi kuliner berbahan dasar lontong ini. Lontong balap pak Tjip buka jam 10.00 pagi tapi ingat karena saking ramainya ketika istirahat makan siang lontong balap pak Tjip biasanya sudah habis. Yang paling membedakan lontong balap pak Tjip dengan yang lainnya adalah sate kerang yang tidak ditusuk tapi disajikan langsung dalam piring.

Untuk penyajian lontong balap biasanya terdiri dari potongan irisan lontong yang di taburi potongan irisan tahu goreng  dan juga lentho serta tauge terus disiram dengan kuah segar terkadang juga disajikan bersama sate kerang. Untuk menambah selera anda bisa menambahkan kecap, sambal bagi anda yang suka makanan pedas serta kerupuk dan bawang goreng untuk menambah aroma khas lontong balap.

Membuat menu masakan lontong balap yang lezat dan nikmat tersebut bukanlah hal yang sulit, untuk itu kami akan memberikan resep membuat menu masakan lontong balap Surabaya untuk anda. Berikut resep untuk membuat hidangan lontong balap:

Bahan-bahan:

1 buah lontong potong dengan irisan tebal 1 cm

1 buah tahu goreng potong-potong kecil

Tauge setengah matang yang direndam dalam air hangat secukupnya

Kerupuk

Bawang goreng

Kecap manis

Bahan untuk membuat Lentho:

100 gram kacang tolo yang dihaluskan

25 gram kacang tolo utuh

Putih telur

Kecap manis dan minyak goreng

Bumbu untuk membuat lentho:

Haluskan 3 siung bawang merah, 3 biji cabe rawit, 1 cm kencur dan 1 lembar daun jeruk, campurkan bumbu yang sudah di haluskan dengan kacang tolo yang sudah dihaluskan buat adonan dengan putih telur campurkan dengan kacang tolo yang masih utuh dan goreng dengan minyak goreng dengan api yang sedang.

Bumbu Kuah Lontong Balap:

Haluskan 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, ½ sendok bubuk pala, merica dan garam secukupnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan 1 liter air rebusan daging sapi (kaldu sapi) tambahkan irisan daun bawang untuk menambah aroma sedap.

Itulah pengalaman saya dalam menikmati kuliner asli Surabaya yang bernama lontong balap yang nama serta lezatnya tersohor seantero Jawa Timur sebagai makanan khas daerah Surabaya. Jika anda berlibur dan menikmati tempat wisata di Surabaya sempatkanlah untuk mampir dan mencicipi lontong balap sehingga rasa penasaran anda akan terbayar dengan kenikmatan hidangannya.

Semoga artikel tentang Lontong Balap Makanan Khas Surabaya dapat menambah wawasan kita tentang berbagai makanan khas Indonesia yang patut untuk dilestarikan.