Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Ramuan Pestisida nabati dari Bawang Putih

Pestisida nabati dari Bawang Putih

Duniahobiku.com – Tanaman dirumah anda terkena serangan Hama ? Gunakan saja bahan sederhana yang tersedia didapur anda untuk mengatasinya. Salah satu bahan utamanya adalah bawang putih. Bawang putih sudah dikenal sebagai bahan pestisida alami, Tanaman ini bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya seperti kunyit, lengkuas dan merica. Saat berkebun kita tentunya tidak lepas dari hama dan penyakit apalagi jika penanaman dilakukan diruang terbuka yang memungkinkan serangan hama menjadi lebih intensif. Untuk menanggulangi problem di kebun seperti itu, kita bisa mencoba membuat ramuan pestisida alami ramah lingkungan yang cukup mudah dalam proses pembuatannnya.

Pestisida nabati adalah pestisida yang memanfaatkan potensi senyawa kimia yang terdapat pada berbagai jenis tanaman. Senyawa tersebut mudah terurai sehingga residu dalam tanaman yang disemprotkan relative lebih sedikit atau bahkan tidak ada dibandingkan menggunakan semprotan hama berbahan kimia yang bisa kita jumpai ditoko pertanian. Pestisida sintetik memiliki senyawa aktif yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai sehingga bisa mnejadi salah satu karsinogenik (penyebab kanker).

Pestisida kimia (sintetik) memang lebih efektif membasmi hama sebagai racun kontak. namun dari sisi kesehatannya, pestisida alami ataupun disebut juga pestisida organik lebih ramah lingkungan, lebih sehat apalagi  jika tanaman tersebut nantinya diolah untuk dimakan.

Sebelum memulai, perlu diperhatikan kondisi tertentu bahwa ramuan pestisida alami ini membutuhkan pengalaman yang baik soal hama, jadi perlu usaha praktek berkelanjutan, semacam trial and error. yap, berkebun membuat kita perlu belajar sedikit mengenai bagaimana menjamu tamu tak diundang di kebun rumah kita.

Jadi, walaupun pembuatan pestisida alami ini cukup mudah, perlu banyak praktek.  Selanjutnya, mari memanfaatkan beberapa bahan dapur untuk membuat pestisida alami.

Bahan-bahan Pestisida

Bawang putih 1 ons

Kunyit 1 ons

Lengkuas 3 ons

3 batang serai

Merica secukupnya

Hama Sasaran

Semut, lalat buah, tungau, ulat daun, jangkrik, belalang, laba-laba, kutu, dan lain-lain

Cara Membuat Pestisida Alami

Tumbuk atau blender bahan-bahan yang sudah disiapkan tersebut hingga halus.

Campurkan dengan 1 Liter air dan didihkan.

Setelah mendidih, pindahkan ke dalam mangkok besar atau wadah yang lain.

Lalu tambahkan sabun cuci piring (perekat pestisida) secukupnya. Aduk hingga rata kemudian dinginkan

Sebelum digunakan, saring campuran tersebut agar tidak menyumbat pada semprotan

Setelah semua bahan tercampur, didihkan, lalu saring dan simpan pada wadah penyemprot. Ramuan siap diaplikasikan ke tanaman. Sebaiknya gunakan ramuan tersebut paling lama 3 hari untuk memperoleh efektifitas dari ramuan  pestisida tersebut.

Cara Aplikasi

Setiap penggunaan 100 cc hingga 200 cc, tambahkan air 3 liter hingga 4 liter. Semprotkan pada tanaman yang terkena hama. Penyemprotan ini bisa menjadi alternatif apabila pestisida sintetik yang sering anda gunakan telah membuat hama menjadi resisten (kebal).

Saat meramu pestisida nabati diatas tak ada salahnya melakukan berbagai eksperimen  untuk mengembangkan ramuan di atas, karena ada berbagai tanaman yang juga memiliki kandungan khusus yang berfungsi sebagai pestisida nabati seperti brotowali, daun pepaya, mimba, suren. Daun pepaya, kipait dan jarak pagar .

Pada kesempatan lainnya, kita akan mencoba lagi membuat aneka ramuan pestisida organik untuk mengatasi hama yang sering merusak tanaman kita, Penanganan hama secara dini akan memperbesar peluang kesuksesan dalam berkebun. Sebab jika terlambat ditangani dapat membuat tanaman rusak bahkan mati.

Semoga artikel tentang Cara Membuat Ramuan Pestisida Nabati dari Bawang Putih dan Kunyit dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang penanganan hama dan penyakit dengan bahan alami yang tersedia disekitar kita.