Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rakit Apung Hidroponik Buat Pemula

 rakit apung hidroponik

Duniahobiku.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat rakit apung atau wadah yang sederhana untuk menanam secara Hidroponik. Sebelum memulai membuatnya silahkan anda siapkan bahan bahan yang akan diperlukan untuk pembuatan rakit apung ini. Silahkan disimak dan dibaca secara perlahan sampai selesai dan kalau bisa sambil dipraktekkan.

Berikut ini adalah bahan bahan yang akan diperlukan pada pembuatan rakit apung ini, silahkan di catat :

1. Satu box Styrofoam bekas box buah

2. Alat untuk melubangi

3. Cutter

4. Lakban

5. Kantong plastik hitam, dan kompor gas.

Setelah semua peralatan sudah lengkap, mari langsung saja kita buat, yang pertama kita akan membuat lubang lubang pada styrofoam terlebih dahulu. Silahkan lihat gambar dibawah ini.

Box Styrofoam
Gambar Box Styrofoam

Kita akan membuat lubang lubang seperti ini dibagian atas atau dibagian tutup dari box styrofoam.

Caranya mula mula kita panaskan dulu alat untuk melubangi styrofoam diatas api pada kompor gas.

Kita tunggu kira kira 1 atau 3 menit hingga kawat pada alat tersebut sudah cukup panas, kemudian silahkan langsung saja tempelkan atau lakukan proses melubangi styrofoam itu dengan segera sebelum kembali dingin, agar hasilnya bulat sempurna.

memanaskan alat lubang Styrofoam
Gambar memanaskan alat lubang Styrofoam

Usahakan dalam proses melubangi styrofoam ini harus lurus dan sejajar, agar terlihat lebih rapi.

Tips untuk anda yang masih pemula, terlebih dahulu mungkin anda bisa menggunakan pulpen dan penggaris untuk menandai jarak antar lubang agar lebih terukur. Jarak yang umum digunakan pada rakit apung berkisar 15-20 cm.

Jarak ini sangat diperlukan Sehingga nanti hasilnya akan terlihat lebih rapi dan bagus. Jika anda nanti sudah terbiasa membuat lubang pada styrofoam ini, mungkin anda sudah tidak akan memerlukan pulpen dan penggaris lagi.

Kemudian langkah selanjutnya silahkan anda lapisi bagian bawah box styrofoam dengan plastik hitam yang sudah anda siapkan tadi. Proses melapisi bagian bawah box dengan plastik ini, nantinya akan berfungsi sebagai wadah atau tempat penampungan air nutrisi untuk tanaman hidroponiknya.

Rakit Apung Hidroponik

Gambar Rakit Apung Hidroponik

Usahakan dibuat serapih mungkin, meskipun box hanya terbuat dari box styrofoam bekas, tentunya kita ingin agar hasilnya terlihat sempurna. Demikian ulasan cara membuat rakit apung hidroponik dari kami. Semoga bisa bermanfaat dan silahkan dipraktekkan dirumah anda ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.