Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka masakan China Bercita Rasa Oriental

 aneka masakan china

Duniahobiku.com - Pernah mencicipi aneka masakan China ? Hampir disetiap belahan dunia terdapat komunitas orang Tionghoa, karena negara China  merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia. Banyak warga negara China  yang merantau keluar dari negaranya dan menetap di negara-negara lain. Selain itu, mereka juga membawa tradisi dan budaya China  ke negara tujuan tersebut. Oleh karena itu, tak heran bila banyak ditemukan China  Town di hampir setiap negara.

Begitu juga halnya dengan Indonesia, dimana banyaknya restoran China yang bertaburan membuat masakan China  tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan masakan China  seperti mie, kwetiaw, bihun atau siomay kerap ditemui di pedagang gerobak pinggir jalan ataupun pedagang gerobak yang berkeliling.

Dahulu makanan tradisional China  dimasak dengan cara menumis dan merebus, namun kini resep makanan China  telah mengalami pengembangan kreatifitas pengolahan resep makanan dan cara memasak sehingga menghasilkan berbagai resep makanan yang terkenal diseluruh dunia. Restoran China  kelas hotel berbintang biasanya menyuguhkan variasi jenis sup sebagai makanan pembuka, seperti sup asparagus, sup kepiting, sup burung walet, sampai sup sirip ikan hiu. Tentu saja sup-sup ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Untuk camilan atau menu sarapan, masakan China  terkenal dengan dimsum dan juga beragam jenis bubur. Menu utama masakan China  juga memiliki keragaman luar biasa mulai dari pemilihan bahan sampai dengan pengolahannya, seperti ayam kungpao, cap cay, bebek Peking, ikan asam manis, sapi lada hitam, sapo tahu seafood, ikan tim masak, dan masih banyak menu lainnya dimana tentu saja sudah tidak asing ditelinga kita. Perbedaan masakan China  di restoran China , kelas kaki lima dan kelas hotel berbintang terletak pada pemilihan bahan, cara memasak dan variasi menu yang disuguhkan.

Salah satu keistimewaan masakan China  adalah cara pengolahannya, yaitu lambat saji atau slow food. Restoran China  bukanlah restoran cepat saji atau fast food, dan pemilihan bahan pun harus menggunakan bahan yang segar karena akan mempengaruhi cita rasa makanan. Disamping itu, menu masakan China  sarat dengan beragam jenis sayur-sayuran yang menyehatkan.

Seafood identik dengan resep makanan China . Olahan makanan yang berbahan dasar hewan laut yang dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, saus tiram menjadi salah satu makanan favorit yang bisa disantap para pecinta makanan.

Restoran China  memiliki menu yang khas untuk disajikan bagi peminatnya. Selain seafood, ada juga mie yang merupakan masakan andalan yang merupakan salah satu makanan tradisional. Mie asli China  terbuat dari bahan dasar gandum, beda halnya mie yang ada di Indonesia yang terbuat dari tepung terigu.

Sehingga sudah pasti berbeda cita rasa mie yang dibuat oleh orang China  asli yang masih menggunakan bahan dasar gandum tersebut, kekhasan rasa mie nya membuat para pecinta kuliner khususnya menu mie, menjadi kenikmatan tersendiri.

Mie khas china
Gambar Mie khas china

Mie biasanya diolah dengan cara digoreng dan direbus. Olahan mie yang sering kita jumpai pada restoran-restoran China  selain direbus dan digoreng yaitu dengan disiram. Mie yang dimasak sampai matang dan empuk, lalu disiram dengan kuah kental yang terbuat dari tepung maizena yang dimasak dengan campuran bahan lainnya antara lain sayuran, daging ayam, dan jamur, yang lebih nikmat disantap saat masih panas atau hangat.

Selain mie yang menjadi makanan tradisional dari China, Pau kukus atau yang lebih dikenal dengan nama bakpau  juga merupakan makanan tradisional dari China. Pau kukus ini sudah dikonsumsi dari jaman kerajaan China  dulu, yang sekarang ini masih tetap ada dengan sudah banyak jenis pau kukus yang diciptakan untuk menambah cita rasa pau.

BakPau
Gambar BakPau

Pau kukus atau bakpau biasanya berisi kacang hijau saja, seiring bertambahnya ide mengolah menu masakan, kini sudah banyak jenis bakpau yang beraneka rasa. Bakpau isi daging ayam, bakpau isi daging sapi, bakpau isi cokelat, bakpau isi strawbery, dan sekarang tersedia juga bakpau berisi sayuran yang diperuntukan untuk pecinta sayuran atau vegetarian.

Untuk melengkapi menyantap mie atau bakpau, bisa didampingi dengan minuman yang khas juga dari China, yaitu teh. Teh khas China ini biasanya disajikan dengan rasa yang tawar, tanpa gula. Biasa kita sebut dengan teh hijau, yang cita rasa tehnya sangat kental dan benar terasa kealamian daun tehnya. Dapat dinikmati dengan kondisi hangat ataupun dingin, dan masing-masing mempunyai cita rasa sendiri yang disukai oleh peminatnya

Semoga artikel tentang Aneka masakan China Bercita Rasa Oriental dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang berbagai kuliner yang ada di dunia.