Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

 manfaat daun sirih untuk wanita

Duniahobiku.com - Manfaat daun sirih untuk wanita memang tidak diragukan lagi, manfaatnya sudah menjadi resep turun temurun untuk dijadikan sebagai obat alternatif dalam berbagai bidang kesehatan. Banyak pengobatan tradisional dan modern yang menggunakan bahan baku utama daun sirih hijau dan merah karena mengingat manfaat dan khasia tnya sangat besar untuk kesehatan. Kandungan utama yang terdapat pada daun sirih berupa antiseptik ternyata sangat bermanfaat untuk wajah dan kesehatan terutama untuk kaum wanita.

Tanaman sirih merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang tumbuh secara merambat, para orang tua dulu sering memanfaatkan daun sirih yang dipadukan bersama dengan pinang, gambir, tembakau dan kapur dengan cara dikunyah. Kandungan minyak atsiri pada daun sirih menurut penelitian memiliki kandungan antiseptik yang bisa membunuh kuman, jamur dan bakteri. Para wanita sering memanfaatkan daun sirih untuk beberapa masalah kesehatan wanita. Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk wanita :

1.      Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan

Khasiat atau manfaat dari daun sirih untuk keputihan hingga saat ini terus dikembangkan dan sudah teruji secara klinis tak heran banyak produk untuk mengatasi permasalahan kewanitaan dengan menggunakan daun sirih yang dikemas secara modern mengingat kandungan minyak atsiri dan zat antiseptik sangat berguna sekali membersihkan daerah kewanitaan, membunuh bakteri dan jamur serta menghilangkan rasa gatal akibat keputihan. Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan dan salah satu cara mengatasinya bisa menggunakan daun sirih.

Cara membuat air rebusan daun sirih cukup mudah siapkan 150 cc air bersih atau 10 gelas air kemudian air direbus bersama 7-10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih tunggu sampai mendidih setelah mendidih diamkan air sampai hangat kemudian gunakan air rebusan daun sirih tadi digunakan untuk membersihakan organ kewanitaan, cukup mudah bukan?

ramuan daun sirih
Gambar ramuan daun sirih

2.      Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah

Wajah berjerawat bisa diatasi dengan cara alami yaitu dengan menggunakan daun sirih, permasalahan yang umum menyebabkan jerawat adalah tersumbatnya pori pori oleh minyak yang berlebih pada wajah ditambah dengan kotoran debu dan bakteri dan sel kulit mati sehingga kondisi seperti ini mengakibatkan timbulnya jerawat. Untuk mengatasinya adalah dengan mengontrol kadar minyak pada wajah dan membunuh baktri penyebab timbulnya jerawat dan mengangkat sel kulit yang mati. Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman sehingga cukup efektif untuk mengatasi jerawat pada wajah anda.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan daun sirih

Tumbuk 5 daun sirih yang sudah dibersihkan sampai halus kemudian campurkan hasil tumbukan daun sirih dengan 1 sendok madu sampai merata sebelum digunakan bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan hasil tumbukan daun sirih pada wajah terutama pada wajah yang berjerawat anda diamkan sekitar 30 menit lalu bilas wajah hingga bersih, penggunaan secara rutin menggunakan daun sirih cukup ampuh untuk mengobati wajah yang berjerawat dan masalah kulit lainnya, Cara ini bisa anda lakukan hingga jerawat hilang.

daun sirih untuk jerawat
daun sirih untuk jerawat

3.      Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid yang datang saat penyakit bulanan tiba kadang mengganggu aktivitas yang kita lakukan bahkan beberapa orang bisa merasakan rasa nyeri yang berlebihan dan tak tertahankan. Salah satu cara tradisional yang bisa anda lakukan untuk mengurang rasa nyeri adalah menggunakan daun sirih yang dipadukan dengan kunyit. Caranya yaitu dengan  menyeduh beberapa lembar daun sirih dalam segelas air yang dipadukan dengan 1 sendok kunyit bubuk kemudian meminumnya.

daun sirih untuk nyeri haid
Gambar daun sirih untuk nyeri haid

4.      Mengatasi Migrain

Menurut penelitian yang dilakukan Migrane research Foudation ternyata migraine lebih banyak menyerang kaum wanita dibandingkan pria. Salah satu penyebabnya adalah kadar estrogen yang ada pada wanita. Migrain sering menyerang tanpa kenal waktu sehingga sangat mengganggu aktivitas kita dalam sehari-hari. Memang sih banyak obat yang bisa meredakan penyakit ini tetapi jika anda sedang dirumah dan ingin menggunakan cara tradisional caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun sirih kemudian menumbuk atau menggerusnya menjadi halus lalu mengoleskannya ke dahi hingga sakit kepala sebelah mereda. Minum teh jahe dan melakukan olahraga yoga secara teratur juga bisa membantu anda mengatasi masalah migrain dan jangan lupa istirahat yang cukup.

daun sirih mengatasi migrain
daun sirih mengatasi migrain

Semoga artikel tentang 4 Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita dapat bermanfaat untuk anda semua, penggunaan ramuan herbal jauh lebih aman karena tidak mengandung efek samping yang berlebihan dibandingkan obat-obatan kimia. Tetapi sebaiknya jangan menggunakannnya secara berlebihan terutama untuk ramuan daun sirih yang diminum untuk menghindari efek samping yang bisa terjadi.