Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Buah Belimbing Dan Manfaatnya

jenis-jenis buah belimbing

Duniahobiku.com - Tahukah anda ada berapa jenis-jenis buah belimbing yang bisa kita jumpai di Indonesia? Belimbing atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan star fruit, mempunyai nama latin averrhoa carambola ini merupakan buah yang mempunyai bentuk khas seperti bintang. Buah belimbing akan terlihat seperti bintang saat dipotong. Buah ini berasal dari Indonesia, India, dan Srilangka.

Buah belimbing kemudian tersebar hingga di seluruh Asia Tenggara. Selain itu, pada tahun 2007, buah ini juga menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat. Jenis-jenis buah belimbing yang ada di Indonesia cukup banyak. Semuanya mempunyai rasa yang manis dan segar. Berikut akan kami ulas fakta mengenai buah belimbing ini.

Jenis Jenis buah belimbing

Buah belimbing memiliki bentuk oval dengan kulit yang licin. Buah ini mempunyai warna hijau dan kuning. Buah belimbing mempunyai rasa yang manis, segar, dan juga asam. Buah ini mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaat buah belimbing adalah sebagai makanan pencegah kanker. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang akan diperoleh dari buah berbentuk bintang ini.

Sebelum membahas manfaat buah kuning ini, akan lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu berbagai macam varian buah belimbing yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri, jenis belimbing sangat banyak dan dibedakan menjadi 7 varietas. Dari ke semua jenis-jenis buah belimbing, ada beberapa belimbing yang bisa kita jumpai dipasaran

7 Jenis-jenis buah belimbing yang ada dipasaran, antara lain:

1.      Belimbing Demak

Salah satu buah andalan kabupaten Demak adalah Belimbing Demak yang terbagi atas 3 macam yaitu Demak kunir, Demak kapur dan Demak jingga. Ketiganya bisa dibedakan dari warna dan bentuk buah dimana salah satu ciri Demak kunir adalah warna buah yang cenderung memiliki warna kuning yang tersebar merata sedangkan demak kapur seperti namanya berwana putih merata dan terakhir adalah demak jingga dengan warna buahnya yang kemerahan seperti jingga.

Belimbing Demak
Gambar Belimbing Demak

2.      Belimbing Bangkok

Belimbing Bangkok merupakan salah satu buah yang berasal dari negara tetangga yaitu Thailand. Buah ini memiliki rasa buah yang manis dan memiliki warna kuning kemerahan yang membuatnya tampil menggiurkan. Buah ini mulai dikembangkan di Indonesia di daerah Karangsari, Jawa timur sejak tahun 2004.

Belimbing Bangkok
Gambar Belimbing Bangkok

3.      Belimbing Sembiring

Belimbing Sembiring ini dinamakan sesuai dengan nama orang mengembangbiakkannya dan bermarga Sembiring. Varietas Sembiring termasuk varietas unggul karena mampu menghasilkan produksi sebanyak 300 buah pada saat panen dan memiliki ukuran yang cukup besar serta rasa yang manis.

Belimbing Sembiring
Gambar Belimbing Sembiring

4.      Belimbing Wuluh

Buah belimbing yang diperkirakan berasal dari Maluku ini ini sering ditanam dipekarangan rumah warga bahkan terkadang tumbuh secara liar di tanah kosong.  Buahnya yang masam sering dijadikan campuran bumbu masakan maupun sambal yang bisa menggugah selera. Namun, ada juga yang memanfaatkannya sebagai sirup dan manisan. Buah ini mempunyai bentuk yang lonjong dan kecil.

Rasa buah ini sangat masam sehingga tidak cocok dimakan langsung sebagai buah. Selain buah ini bermanfaat untuk sayur, ternyata buah belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit batuk, diabetes, rematik, sariawan, sakit gigi, hingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi.

Belimbing Wuluh
Gambar Belimbing Wuluh

5.      Belimbing Malaya

Belimbing asal Medan ini memiliki warna kuning keemasan saat mulai matang dan bisa dipanen ketika berumur sekitar 75 hari. Rasanya yang manis membuatnya banyak di cari oleh para penggemar tanaman buah. Belimbing jenis ini pun bisa kita temukan dan dikembangkan di taman buah Mekarsari.

Belimbing Malaya
Gambar Belimbing Malaya

6.      Belimbing madu

Belimbing asal negeri Jiran, Malaysia memiliki tampilan warna buah seperti madu dan memiliki tekstur buah yang halus dan berserat. Bentuknya hampir mirip dengan buah belimbing lainnya, namun pada bagian ujungnya sedikit meruncing.

Belimbing Madu
Gambar Belimbing Madu

7.      Belimbing dewi

Belimbing Dewi merupakan salah satu varitas yang cukup digemari, selain ukuran yang besar buahnya pun terasa manis dan padat. Satu buah belimbing dewi bisa berbobot sekitar 300-500 gram. Belimbing ini pun memiliki daya tahan yang cukup baik setelah di panen.

Belimbing Dewi
Gambar Belimbing Dewi

Tidak berbeda dengan buah belimbing wuluh, jenis-jenis buah belimbing manis juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Diantaranya:

Menyembuhkan berbagai penyakit

Penangkal radikal bebas

Membantu menurunkan berat badan

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Pencegah rambut rontok

Penangkal jerawat

Ke semua manfaat diatas, dapat anda dapatkan hanya dengan rajin mengkonsumsi buah belimbing manis nan segar ini. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dapat juga dengan menjadikannya jus. Anda juga dapat menambahkan madu atau tambahan lainnya agar rasanya menjadi lebih enak. Demikian ulasan mengenai buah belimbing yang dapat anda peroleh. Mulai hidup sehat dengan buah-buahan. Selamat mencoba dan sehat selalu!