Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Kredit Mobil

 kredit mobil

Duniahobiku.com - Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum anda mengambil kredit mobil? Harga mobil yang masih terbilang cukup tinggi membuat kita sulit untuk menjangkaunya jika kita harus membelinya secara tunai. Untuk itu, kredit mobil bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin memiliki sebuah mobil idaman namun tidak mempunyai dana siap pakai sebesar harga mobil tersebut.

Anda bisa bayangkan sendiri jika tidak ada kredit mobil, apakah Anda bisa membeli mobil tersebut dengan pendapatan 7 juta/bulan. Sementara 3 juta rupiah dari penghasilan Anda pakai untuk kebutuhan hidup dan 4 juta untuk tabungan agar bisa membeli mobil itu. Asumsikan bahwa mobil tersebut seharga 120 juta rupiah, maka Anda harus menahan 4 juta setiap bulan selama kurang lebih 2,5 tahun agar uang Anda terkumpul untuk membeli. Untunglah saat ini sudah ada fasilitas kredit mobil sehingga dapat membuat Anda lebih mudah untuk memiliki sebuah mobil.

Walaupun demikian, Anda tetap harus selalu berhati-hati sebelum Anda memutuskan untuk kredit mobil. Sebab jika Anda lalai sedikit saja, masa depan Anda akan penuh dengan hutang. Untuk itu, pertimbangkan ini sebelum kredit mobil

Tips sebelum kredit mobil baru dan bekas

1.      Mencari Tipe Mobil

Saat ini ada beragam jenis mobil yang bisa Anda pilih, mulai dari merek, warna, ukuran serta gunanya. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil, sebaiknya Anda tahu apa tujuan Anda membeli mobil tersebut. Apabila Anda memang benar-benar membutuhkan mobil untuk membawa barang bawaan yang sangat banyak, Anda bisa pilih mobil yang memiliki ukuran besar. Sementara itu, apabila Anda membutuhkan mobil hanya untuk aktifitas pergi ke kantor atau tempat kerja Anda, mungkin akan lebh baik jika Anda memilih mobil yang memiliki ukuran kecil sehingga lebih mudah untuk di kendarai.

2.      Harga Beli Mobil dan Harga Jual

Biasanya harga mobil akan langsung turun sekitar 10-15% seteleh mobil tersebut keluar dari showroom. Akan tetapi, ada beberapa mobil yang justru harganya lebih tinggi dari harga belinya untuk mobil bekas. Jika Anda tak mau rugi nantinya, sebaiknya perhatikan dengan teliti, dengan melihat merek, mesin serta spesifikasi yang lain untuk Anda jadikan sebagai panduan menilai harga jual sebuah mobil.

3.      Lakukan Perbandingan Dealer dan Perusahaan Leasing

Setelah Anda sudah menentukan mobil apa yang akan menjadi pilihan Anda, kini saatnya Anda pergi ke beberapa dealer dengan melakukan perbandingan harga serta program kredit yang mereka tawarkan. Walaupun mereknya sama, seringkali ada bedanya. Perbedaannya bisa di lihat dalam bentuk suku bunga ataupun promosi. Untuk itu, jangan terburu buru untuk menjatuhkan pilihan mobil tanpa adanya perimbangan dan perbandingan dahulu.

4.      Harga Total

Selain hal-hal di atas, Anda juga harus memperhatikan berapa besar bunga yang akan Anda bayarkan nantinya. Pada umumnya, pihak bank ataupun leasing akan mengambil bunga sebesar 20% dari harga jual mobil tersebut. Dari melihat jumlah total cicilan yang harus Anda bayar di tiap bulannya, Anda bisa menghitung berapa besar pengeluaran yang di butuhkan.

5.      Masa Cicilan

Tahukah Anda, semakin Anda mencicil dalam waktu yang lama, akan semakin rendah biaya yang harus Anda bayarkan. Sekilas memang terlihat ringan dan tidak membebankan keuangan Anda, namun perlu Anda pikirkan apa yang akan terjadi pada 4 atau 5 tahun kedepan. Misalnya saja , 4 tahun lagi anak Anda sudah mulai sekolah atau kuliah sehingga membutuhkan uang yang cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyelesaikan cicilan terlebih dahulu sebelum 4 tahun itu, agar tidak membebani keuangan Anda. Perhatikan juga suku bunga bank tersebut, apakah menggunakan suku bunga tetap atau tidak tetap. Apabila suku bunga tidak tetap, bisa di pastikan Anda akan membayar cicilan lebih tinggi dari saat ini sehingga harga mobil tersebut semakin mahal

Semoga artikel tentang 5  Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Kredit Mobil dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengambil keputusan sebelum membeli sebuah mobil impian anda.