Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mancing Belut Di Sawah Bagi Pemula

 cara mancing belut disawah

Duniahobiku.com - Bagaimana cara mancing belut disawah? Mungkin bagi yang biasa memancing belut tentu tidak merasa kesulitan tetapi bagi para pemula tentu akan sedikit kebingungan, mengingat mancing belut tidak seperti memancing ikan lain dan tidak diperlukan alat pancing atau joran. Simak terus artikel dibawah dan temukan teknik memancing belut disawah dan umpan mancing belut paling ampuh yang bisa anda terapkan.

Belut merupakan ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Salah satu ciri khas dari belut adalah tubuhnya yang sangat licin sehingga sangat sulit untuk memegangnya terutama bagi orang yang baru pertama kali memegangnya. Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa. Daftar mangsanya biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikan, katak, serangga, serta krustasea kecil.

Belut merupakan salah satu komoditi ekspor yang cukup menjanjikan, negara tujuan seperti China dan Jepang bahkan mengimpornya hingga ratusan ton setiap minggu untuk memenuhi kebutuhan pasar yang cukup besar dinegara tersebut.

Kita mesti bersyukur karena sebagai negara agraris hewan ini bisa kita temukan hidup dan berkembang disawah-sawah didaerah pedesaan, Untuk daerah perkotaan keberadaan hewan air ini cukup sulit ditemukan karena habitatnya semakin tergusur digantikan oleh perumahan. Bagi para pemancing pemula tentunya memancing belut memiliki tantangan tersendiri. Jika anda ingin mencoba memancing belut dengan cara dikail, berikut saya akan berikan trik mudah untuk menangkapnya dengan peralatan yang sangat sederhana. Jika ingin mencobanya silahkan baca langkah-langkah berikut :

Untuk menangkap belut anda tidak perlu memerlukan joran atau stick pancing seperti ketika akan memancing ikan, cukup gunakan senar pancing sepanjang dua meter dan diberi mata pancing pada ujungnya. Namun anda juga bisa menggunakan bambu yang dipotong tipis sepanjang kira-kira 3 meter sebagai stick, cara ini terkadang dilakukan beberapa orang dengan alasan, karena jika kita hanya menggunakan senar otomatis harus lebih dekat dengan sarang yang membuat belut takut karena kehadiran manusia.

Siapkan umpan dan yang paling utama adalah cacing yang dipotong-potong, selain itu anda juga bisa gunakan anak kodok namun yang berukuran kecil.

Cari lokasi disawah yang berlumpur dan terdapat lubang-lubang kecil, kemungkinan jika sawah masih basah dan berlumpur kemungkinan besar adalah tempat persembunyian mereka.

Pasang umpan dan masukan ke lubang sedalam mungkin, kemudian gerakan naik-turun secara perlahan dengan tujuan menarik perhatian belut.

Ketika umpan dimakan, pada umumnya belut sawah akan membawa lari atau menariknya ke bawah dan senar akan terlihat tertarik kedalam lubang. Jika sudah demikian tarik secara perlahan dan belut sawah akan terkail mata pancing.

Jika belut sawah sudah anda tarik keatas, segera benturkan ke tanah atau batu agar belut lemas, karena ketika ditangkap ikan ini akan meronta-ronta dan berusaha untuk melepaskan diri.

Satu tambahan lagi, sebagian besar orang berpendapat belut sawah yang hidup secara liar atau alami, memiliki rasa yang lebih enak dari pada belut hasil budidaya.

mancing belut disawah
Gambar mancing belut disawah

Lokasi Memancing Belut

Cari lokasi disawah yang berlumpur dan terdapat lubang-lubang kecil kemungkinan jika sawah masih basah dan berlumpur kemungkinan besar adalah tempat persembunyian mereka.

lokasi mancing belut
Gambar lokasi mancing belut

Umpan mancing belut :

Cacing tanah

Kodok kecil

Daging keong

Orong-orong dll

Cara membuat pancing belut :

Ambil senar kurang lebih ukuran 2 m

Beli mata kail yang kecil

Rakit langsung kedua alat tersebut dengan cara mengikat dan melintingkan menjadi satu meter senar tersebut agar senar keras dan kokoh.

Semoga artikel tentang Cara Mancing Belut Di Sawah Bagi Pemula dapat bermanfaat. Memancing belut disawah akan memberikan sensasi tersendiri. Satu hal yang perlu anda perhatikan yaitu jangan sampai saat memancing belut anda merusak sawah warga setempat. Selamat Mencoba!