Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Kenapa Anjing Tidak Boleh Dimakan

anjing tidak boleh dimakan

Duniahobiku.com – Mengapa daging anjing tidak boleh dimakan? Para aktivitis pencinta hewan dan para doglover sering mengadakan protes terhadap perdagangan daging anjing tapi tidak dengan sebagian orang yang masih atau bahkan rutin memakan atau mengkonsumsi daging anjing. Dua kubu ini memiliki argumen masing-masing yang mereka anggap benar, lalu apa alasan mengapa daging anjing sebaiknya tidak dikomsumsi? Simak terus artikel dibawah untuk menemukan jawabannya.

Menurut Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan yang dikeluarkan Direktorat Kesehatan Masyarakat, daging anjing sebenarnya tidak termasuk dalam kategori pangan seperti umumnya produk peternakan lain seperti ayam, sapi, dan kambing. Meskipun demikian beberapa wilayah di Indonesia masih sering mengkomsumsi daging anjing dengan berbagai alasan, ada yang berpendapat bahwa mengkomsumsi daging anjing bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan malaria. Keyakinan ini masih perlu dikaji dan diteliti untuk menemukan kebenarannya. Sebagian pencinta daging anjing ini  mengkomsumsinya karena menganggap daging anjing memiliki rasa yang gurih.

Daging anjing diwilayah timur Indonesia sering disebut RW tapi bukan rukun warga ya.. RW (rinteek wuuk) sendiri singkatan dari bahasa daerah setempat yang berarti bulu halus sedangkan didaerah Batak sering disebut B1 (biang) yang berarti anjing. Proses pengolahannya menjadi makanan tentunya akan membuat para doglovers akan merinding menyaksikannya karena tidak akan tega. Namun dibalik itu semua ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan sehingga nantinya daging anjing tidak lagi dikomsumsi masyarakat golongan tertentu, berikut alasannya :

1.      Anjing Itu Sahabat Manusia

Anjing merupakan sahabat manusia yang paling setia dan terbukti telah menemani manusia sejak ribuan tahun lalu. Anda mungkin pernah mendengar bagaimana kesetiaan seekor anjing bernama Hachiko yang telah dibuat film dengan berbagai versi. Anjing jenis akita yang berasal dari Jepang ini setia menunggu tuannya Dr Hidesaburo Ueno selama 9 tahun lebih di Stasiun Shibuya tanpa mengetahui bahwa tuannya telah meninggal dunia. Masih banyak kisah nyata lain tentang bagaimana anjing menjadi penolong manusia dan sahabat manusia yang bisa diandalkan saat dibutuhkan.

anjing sahabat manusia

2.      Resiko Terjangkit Penyakit Rabies

Data Kementrian Kesehatan menyebutkan bahwa ada sekitar 100-150 kematian yang diakibatkan oleh penyakit rabies yang terjadi di Indonesia. Bahkan badan kesehatan dunia (WHO) menyebutkan bahwa salah satu penyebab penyebaran penyakit rabies disebabkan oleh pardagangan daging anjing yang terkontaminasi penyakit rabies. Bagi pencinta daging anjing tentunya tidak akan mengetahui dengan pasti apakah daging yang dikomsumsi bebas rabies atau tidak.

3.      Resko terkena Trichhinosis

Jika saat mengolah daging anjing masih ada bagian yang mentah atau kurang  matang maka kita penikmatnya beresiko terinfeksi penyakit Trichinosis yang disebabkan oleh parasit bernama trichenella dan hal ini bisa berakibat peradangan pada pembuluh darah yang bisa meningkatkan masalah pernafasan dan jantung jika infeksi semakin memburuk.

4.      Anjing Memiliki Perasaan

Anjing memiliki perasaan dan hal ini tidak dipungkiri lagi, mereka memiliki perasaan sedih, takut, marah, senang atau cemburu. Tidak seperti kebanyakaan hewan lain, anjing mempunyai perasaan sayang yang sangat amat besar terhadap majikannya dan keluarganya, masih tegakah anda memakannya? Anjing oleh para doglovers bahkan sudah dianggap bagian dari “keluarga besar” dan bukan hanya sekedar hewan peliharaan semata.

5.      Anjing Hewan Yang Lucu Dan Cerdas

Saat melihat puppy atau anak anjing tentunya anda akan merasa hewan berkaki empat ini sangat lucu dan menggemaskan. Bahkan jika dilatih dengan baik dan benar, anjing akan menunjukkan tingkat kecerdasan yang akan membuat anda kagum dengan kemampuannya. Kecerdasan beberapa jenis anjing bahkan dipakai oleh berbagai pihak untuk membantu tugas manusia seperti keamanan, mengendus barang-barang atau benda-benda yang berbahaya di stasiun penerbangan maupun ruang publik. Anjing bahkan digunakan sebagai pendamping para penderita tuna netra dan paling sering digunakan menjadi penjaga rumah.

anak anjing lucu
gambar anak anjing lucu

6.      Mengandung Banyak Bakteri Dan Penyakit

Jika ada yang bilang daging anjing sebagai obat, itu tidaklah benar, justru daging anjing bisa menjadi sumber penyakit.  Ada banyak bakteri yang bisa menyerang akibat mengkomsumsi daging anjing seperti Salmonella. Hepatitis, leptospirosis, dan antraks.  Bahkan jika anjing liar yang diperangkap dengan menggunakan racun dan tidak sengaja dikomsumsi maka dapat menyebabkan kematian.

Nah itulah tadi 6 Alasan Kenapa Anjing Tidak Boleh Dimakan Jangan lupa share banyak banyak biar yang lain tahu dan tidak ada lagi alasan mengkomsumsi daging anjing dengan alsan medis ataupun alasan lain.