Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perawatan Radiator Mobil Agar Selalu Stabil

 perawatan radiator mobil

Duniahobiku.com – Bagaimana cara perawatan radiator mobil agar selalu dalam keadaaan prima? Pernah melihat asap putih keluar dari sebuah mobil? Salah satu penyebabnya adalah mobil kepanasan akibat sirkulasi cairan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Radiator mobil memegang peranan penting dalam mendinginkan suhu mesin mobil.  Melihat fungsinya yang demikian besar maka tak heran jika kemudian bagian mobil yang satu ini memang harus selalu dalam keadaan baik. Awet dan tidaknya kondisi radiator ini sendiri tergantung bagaimana cara merawat dan menjaganya.

Tips Merawat Radiator Mobil

Beberapa tips merawat radiator mobil yang dapat coba anda lakukan di rumah diantaranya yaitu :

Untuk melakukan pengurasan pada bagian radiator pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi mesin dalam keadaan dingin sehingga dapat dipastikan keamanannya pada saat membuka tutup radiator.

Buka bagian penutup pembuangan pada bagian bawah radiator dan biarkan cairan radiator mengalir hingga habis. Setelah habis, baru kemudian anda bisa menutupnya kembali.

Buka penutup utama radiator pada bagian atas dan tambahkan cairan penguras radiator atau radiator flush dan tambahkan sedikit air bersih hingga penuh. Biarkan radiator dalam keadaan terbuka.

Hidupkan mesin mobil dan biarkan mesin dalam keadaan menyala kurang lebih 10-15 menit hingga mesin mencapai temperatur operasional. Jika air radiator berkurang, maka anda bisa menambahkan air lagi hingga penuh.

Tips merawat radiator mobil selanjutnya adalah dengan mematikan mesin jika mesin telah mencapai pada suhu operasional. Dan tunggu mesin hingga dingin kembali. Dan tetap biarkan tutup bagian atas radiator dalam keadaan terbuka. Sementara itu, tutup bagian bawah radiator yang tadi ditutup bisa anda buka lalu biarkan cairan yang ada didalamya mengalir hingga habis.

Masukkan air bersih ke dalam radiator hingga terlihat air yang keluar lewat bagian pembuangan benar-benar terlihat bersih.

Setelah semuanya selesai maka tutup kembali penutup pembuangan pada radiator dan isi radiator dengan menggunakan air bersih atau cairan khusus radiator melalui lubang bagian bawah. Jika sudah penuh, baru kemudian tutup radiator dengan rapat.

Selain tahapan penggantian air radiator tersebut, tips merawat radiator mobil akan semakin lengkap dan sempurna jika anda juga memperhatikan perawatan bagian radiator yang lainnya. beberapa piranti yang harus diperhatikan dan dirawat diantaranya :

Bila bagian selang radiator telah rusak maka ganti dengan yang baru. Usahakan juga untuk segera mungkin menggantinya jika memang telah saatnya diganti. Karena jika anda terlambat menggantinya maka bisa berakibat fatal karena bisa menghambat saluran sirkulasi air, bahkan dalam kasus yang parah bisa menjadikan selang radiator menjadi sobek yang akan berakibat terkurasnya cairan dalam radiator dengan seketika dan pada akhirnya akan membuat temperatur mobil menjadi meningkat. Dan jika hal ini terjadi, maka biasanya akan membuat mesin langsung mati.

Pastikan pegas dan karet penyekat dalam keadaan baik, tidak bocor dan tidak terlepas. Namun pastikan untuk tidak mengikatnya terlalu kuat karena bisa membuat selang radiator rusak.

Periksa juga bagian kipas pendinginnya selalu dalam keadaan baik. pastikan dengan benar bahwa kondisi cairan silikon dan juga tali kipasnya berfungsi dengan baik. Sehingga lakukan, cek berkala untuk bagian yang satu ini.

Perawatan bagian radiator ini akan terlihat efektifnya jika anda melakukan pengurasan secara berkala setidaknya lakukan setahun sekali. Dan pengecekan berkala setidaknya sebulan sekali.

Semoga artikel tentang Cara Perawatan Radiator Mobil Agar Selalu Stabil dapat bermanfaat dan membuat mobil anda bisa selalu dalam keadaan prima saat dikendarai.