Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Penyakit Kulit Pada Kucing Sebelum Terjangkit

 

penyakit kulit pada kucing

Duniahobiku.com - Apa saja penyakit kulit pada kucing? Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia dan sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Binatang peliharaan ini bukan hanya lucu dan menggemaskan tapi sering dijadikan teman bermain dan sering juga dipeluk dan dicium. Oleh sebab itu sebagai pemilik kita harus selalu menjaga agar kucing selalu sehat dan jauh dari segala penyakit. Untuk itu para catlovers perlu mengenal beberapa penyakit pada kucing terutama penyakit kulit yang bisa menyerang kucing kesayangan anda.

Penyakit kulit pada kucing bukan hanya membuat tampilan kucing anda kurang baik untuk dilihat tetapi juga membuat kucing anda akan merasa tidak nyaman, sebagai pemilik kita juga merasa was-was dan takut tertular oleh penyakit kulit tersebut, untuk itu mengenal dan mencegah merupakan jalan terbaik sebelum penyakit kulit tersebut menyerang kucing anda. Berikut beberapa penyakit kulit pada kucing:

1.      Ear mites/otodectes cynotis /tungau telinga

Jenis penyakit kulit kucing ini merupakan suatu infestasi dari parasit (tungau) otodectes cynotis yang berada dipermukaan kulit, didalam telinga. Ear mites dapat terjadi karena pemilik kurang memperhatikan kebersihan kucingnya. Gejala klinis yang terlihat, lubang telinga banyak kotoran kering maupun agak basah yang berwarna gelap. Menyebabkan gatal sehingga kucing sering menggelengkan kepala dan menggaruk. Dapat menyebabkan otitis eksterna dikarenakan terjadinya infeksi sekunder oleh bakteri.

penyakit tungau telinga
Gambar penyakit tungau telinga

Dokter hewan akan memeriksanya dengan otoskop dan mengambil sampel kotoran. Pengobatan, bersihkan telinga lalu berikan tetes telinga. Dokter hewan akan merekomendasikan tetes telinga yang baik. Sudah tersedia tetes telinga berkualitas di dokter hewan dan petshop.

2.      Feline Eczema/Feline Flea Allergy Dermatitis

Penyakit ini disebabkan oleh alergi. Alergi disebabkan oleh hipersensitifitas dari gigitan kutu dan dicirikan munculnya gatal, kemerahan, dan berkerak. Biasanya alergi oleh gigitan kutu ini sering muncul pada bagian belakang, tengkuk dan leher. Rasa gatal akan menyebabkan kucing sering menggigit, menggaruk dan menjilat. Pengobatan bisa dilakukan oleh pemilik dengan pemasangan collar dan bedak anti kutu. Selebihnya, bawalah kucing anda ke dokter hewan terdekat.

Feline Flea Allergy Dermatitis
Gambar Feline Flea Allergy Dermatitis

3.      Feline Endocrine Alopecia

Penyakit kulit pada kucing ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Ciri-ciri umum seperti kebotakan simetris, bilateral, dan terjadi hiperpigmentasi simetris bilateral. Kebotakan ini terutama terlihat pada bagian dada bawah dan kaki belakang. Pada daerah yang terkena, bulu menipis dan lebih pendek daripada normal. Biasanya, bulu tidak akan tumbuh bila tidak segera dilakukan pengobatan. Tidak terjadi keradangan, namun bulu menjadi kering, kasar dan pendek. Banyak terjadi pada kucing dewasa. Kerontokan bulu berlangsung cepat.

Feline Endocrine Alopecia
Gambar Feline Endocrine Alopecia

4.      Ear Cancer

Ear Cancer adalah gejala penyakit yang disebabkan oleh beberapa agen yaitu, ear mite, kelembaban yang berlanjut dengan tumbuhnya jamur. Pengobatan dengan tetes telinga khusus. Banyak tersedia di dokter hewan dan petshop.

ear cancer kucing
Gambar ear cancer kucing

Penyakit kulit, termasuk penyakit kompleks. Penyebabnya, mulai dari bakteri, jamur, ektoparasit, alergi, hormon dan lain-lain. Faktor makanan, kebersihan hewan dan kandang serta lingkungan menjadi faktor penting. Ada yang bersifat zoonosis. Pengobatannya menjadi sulit bila tidak tekun. Butuh ketekunan dan waktu lama untuk menuntaskan gangguan kulit jika dibiarkan tanpa perawatan sebelumnya.

Tanyakan kepada dokter hewan anda jika penyakit kulit yang menyerang sulit untuk disembuhkan dengan salep dan pengobatan standar. Semoga artikel Cegah Penyakit Kulit Pada Kucing Sebelum Terjangkit dapat bermanfaat dan membantu anda menjaga kesehatan kucing anda agar selalu sehat.