Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pantai Indah Di Aceh Menawarkan Pemandangan Istimewa

 pantai indah di aceh

Duniahobiku.com - Aceh ternyata menyimpan potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke bumi serambi mekah ini. Ada banyak pantai indah di Aceh yang memiliki pesona yang memukau yang tidak kalah dibandingkan tempat tempat lain di Nusantara. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki bentangan laut yang sangat luas. Artikel ini akan membantu anda menemukan beberapa tempat wisata berupa pantai indah yang berada di Aceh, selamat membaca!

Aceh menjadi sorotan dunia saat terjadi tsunami yang begitu hebat melanda kota ini. Tanggal 26 Desember 2004, 17 tahun silam tentu tidak bisa dilupakan oleh warga Aceh dan hal itu merupakan sebuah duka mendalam bagi warga Aceh. Bencana tersebut bukan hanya menjadi duka warga Aceh pada waktu itu bahkan menjadi duka bagi masyarakat dunia. Banyak yang mengulurkan tangannya untuk membantu korban tsunami di waktu itu. Semuanya saling bahu membahu memberikan bantuan untuk meringankan beban para korban tsunami. Setelah beberapa waktu berlalu alam tetap menawarkan keindahan panorama lautnya yang memukau. Setiap daerah tentu memiliki panorama pantai dengan ciri khas masing masing yang membedakannya dengan pantai-pantai yang lain. Nah, berikut ini kami uraikan untuk anda tentang 8 Pantai Indah di Aceh yang sayang untuk dilewatkan :

1.           Pantai Lampuuk

Pantai Lampuk terdapat di Aceh Besar, tepatnya di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga. Keindahan Pantai Lampuk dapat kita nikmati melalui keindahan pasirnya yang membentang begitu luas dan kejernihan airnya yang sangat jernih dan indah. Disinilah banyak aktivitas laut yang dapat kita saksikan dan nikmati ketika berada di Pantai Lampuk.

pantai lampuuk
Gambar pantai lampuuk

2.           Pantai Kuala Merisi.

Pantai Kuala Merisi terletak di kabupaten Aceh Jaya, tepatnya di Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Bagi anda seorang pemula olahraga surfing, rasanya akan sangat ideal untuk berlatih surfing di Pantai Kuala Merisi ini. Disini pula dapat kita nikmati bar yang berjajar untuk menikmati birunya air laut dan panorama laut.

pantai kuala merisi
Gambar pantai kuala merisi

3.           Pantai Anoi Itam

Pantai berpasir hitam ini terletak di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Tempat ini berjarak kurang lebih 13 km dari kota Sabang. Pengelola wisata pantai ini juga menyewakan perlengkapan diving dan snorkeling untuk mengexplore laut di Anoi Itam yang kaya akan terumbu karang dan ikan karang. Pasir hitam ditempat ini berbeda dengan pasir hitam yang umumnya ada di pantai. Berat pasir hitam di Anoi bisa mencapai tiga kali lipat, diperkirakan pasir ini berasal dari gunung berapi yang ada di Pulau Weh.

pantai anoi itam
Gambar pantai anoi itam

4.           Pantai Sumur Tiga

Jika anda berkunjung ke pantai Anoi Itam maka pantai Sumur Tiga jangan sampai terlewati. Kedua pantai ini masih berada dijalur yang sama di pulau Weh. Pantai ini terletak di kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh Aceh. Nama pantai ini berasal dari tiga sumur yang berada disekitar pantai. Meskipun jarak pantai dan sumur tidak terlalu jauh tapi uniknya air yang dihasilkan dari sumur tersebut terasa tawar dan tidak terasa asin. Lokasi ini masih sangat alami sehingga keindahannya pun masih terasa sangat natural.

pantai sumur tiga
gambar pantai sumur tiga

5.           Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Lhok Mee terletak di Desa Lamreh, kecamatan Mesjid Raya kabupaten Aceh Besar dan bisa ditempuh dari kota Banda Aceh dengan jarak sekitar 40 km. Selain berpasir putih, pantai ini juga memiliki keunikan dimana tumbuh pohon yang oleh masyarakat setempat disebut “Geurumbang” yang berada pada pinggir laut dan jika air sedang pasang maka pohon tersebut seolah-olah tumbuh dari dalam laut. Masyarakat setempat bahkan sering memancing diatas pohon tersebut berburu ikan-ikan pantai. Pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti tempat makan yang tersedia di sekitar pantai sehingga jika anda ingin menikmati ikan bakar, kelapa muda bahkan kopi Aceh yang terkenal anda tinggal memesan dan menikmati santapan ditengah pemandangan laut yang cantik dan sepoi angin.

pantai lhok mee
Gambar pantai lhok mee

6.           Pantai Lanaga

Pantai Lanaga terletak di Jl.Bakti Pemuda no.4, Meulaboh, kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai Lanaga membuat pantai ini cukup adem. Birunya air laut dan suasana yang alami membuat tempat ini cocok bagi anda yang ingin refreshing setelah bekerja sepanjang waktu.

pantai lanaga
Gambar pantai lanaga

7.           Pantai Tapak Tuan Aceh

Sepanjang jalan menuju kota Tapak Tuan, kita akan temukan berbagai pantai yang menarik salah satunya adalah pantai Air Dingin. Kita juga dapat menemukan tempat wisata terkenal di Tapak Tuan berupa jejak kaki raksasa yang dipercaya milik pertapa sakti bernama Syeikh Tuan Tapa dimana telapak tersebut memiliki ukuran 7 meter dan lebar 4 meter dan menjadi tempat favorit mengambil foto bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Tempat ini berjarak sekitar 1,5 km dari Kota Tapak Tuan.

Tapak Tuan Tapa Aceh

Gambar Tapak Tuan Tapa Aceh

8.           Pantai  Iboih

Pantai Iboih terletak di Jl.Pantai Iboih, kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.  Pantai yang terletak di Pulau Weh ini memiliki pemandangan dan panorama laut yang masih sangat natural, pantai ini memiliki air kehijauan yang sangat jernih sehingga kita dengan mudah melihat biota laut yang ada didalamnya.

pantai iboih
Gambar pantai iboih

Semoga artikel tentang 8 Pantai Indah Di Aceh Menawarkan Pemandangan Istimewa dapat bermanfaat dan menambah daftar destinasi wisata pantai yang ada di Indonesia.