Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui

manfaat daun alpukat untuk kesehatan

Duniahobiku.com - Tahukah anda manfaat daun alpukat untuk kesehatan? Bagi anda yang memelihara pohon alpukat pasti lebih mencari buah alpukat dan tidak pernah menyadari bahwa ternyata daun alpukat juga tidak kalah berharganya. Mungkin karena selama ini kita lebih sering mengkomsumsi buah ini dalam bentuk minuman, memakan langsung buahnya yang telah masak atau mencampurnya dalam berbagai olahan kuliner. Mungkin anda penasaran apa saja khasiat daun alpukat untuk kesahatan anda.

Sebenarnya tanaman ini bukan asli dari Indonesia, tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, tanaman ini kemudian menyebar didaerah tropis dan tumbuh menjadi komoditas perdagangan hingga akhirnya sampai di negara Indonesia. Tanaman alpukat ternyata cocok dengan iklim yang ada di Indonesia sehingga saat ini dibudidayakan oleh para petani dan cukup memiliki nilai komersial.

Memang hampir semua tanaman yang ada di sekitar kita memiliki berbagai macam khasiat buat diri kita, dan salah satunya adalah daun buah alpukat ini. Daun alpukat sering digunakan sebagai pengobatan tradisional dengan cara merebus daun alpukat kemudian meminum hasil rebusan daun tersebut. Walau daun tanaman ini memiliki khasiat tetapi kita tidak boleh mengkomsumsinya secara berlebihan untuk menghindari efek samping yang mungkin saja terjadi seperti mual, muntah, sakit kepala, dan alergi.  Berikut beberapa manfaat daun alpukat buat kesehatan :

1.      Manfaat daun alpukat untuk membantu penyembuhan batu ginjal

Daun alpukat memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti alkolid, flavonoid dan saponin yang bisa membantu anda mengatasi masalah batu ginjal yang ada dalam tubuh anda. Sifat diuretic dan kandungan pada daun alpukat bisa membantu anda memperlancar proses urinasi sehingga membantu batu ginjal untuk keluar.

Caranya cukup mudah, siapkan daun alpukat sebanyak 7 lembar kemudian cuci daun pada air mengalir hingga bersih dari kotoran yang melekat pada daun, kemudian seduh dengan air panas seperti saat anda membuat kopi atau teh. Minum pada pagi dan sore hari hingga keluhan mengenai penyakit batu ginjal anda hilang. Jangan mengkomsumsi secara berlebihan untuk menghindari efek samping .

batu ginjal dalam tubuh
Gambar batu ginjal dalam tubuh

2.      Manfaat daun alpukat untuk membantu menurunkan hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau dalam istilah medis dikenal sebagai hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat modern, mungkin saja ini disebabkan perubahan pola hidup, stress, makanan dan sebab-sebab lain. Jangan anggap enteng penyakit ini bisa memicu banyak penyakit berbahaya lain salah satunya yaitu penyakit jantung.

Daun alpukat ternyata mengandung potassium, mangan dan besi yang bisa membantu anda menurunkan tekanan darah agar menjadi normal. Caranya anda menyiapakn 3 lembar daun alpukat yang telah dibersihkan kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. Air rebusan kemudian didinginkan hingga siap diminum. Lakukan terapi ini secara teratur hingga tekanan darah anda menjadi normal. Untuk pencegahan anda bisa meminumnya 1-2 minggu sekali.

periksa tekanan darah
Gambar periksa tekanan darah

3.      Manfaat daun alpukat untuk meredakan bengkak

Kandungan zat querstin yang ada di dalam daun alpukat sangat efektif untuk meredakan bengkak yang terjadi di bagian kulit maupun tubuh yang bengkak karena gigitan serangga. Anda bisa menggunakan daun alpukat dengan menghaluskan daun buah alpukat kemudian mengoleskan kepada bagian tubuh yang bengkak.

kaki bengkak
Gambar kaki bengkak

4.      Manfaat daun alpukat untuk mengobati sakit pinggang

Daun alpukat memiliki kandungan anti inflamasi dan analgesik yang sangat efektif untuk meredakan sakit pinggang yang sering kita alami ketika mengangkat barang berat maupun saat bekerja terlalu keras. Bagi para pekerja berat menggunakan daun alpukat sebagai alternatif pereda nyeri punggung merupakan solusi terbaik dibandingkan anda harus selalu mengkomsumsi obat-obatan anti inflamasi untuk mengatasi nyeri yang menyerang tubuh anda. Mengolah daun alpukat menjadi teh lalu meminumnya setiap pagi bisa menjadikan tubuh anda lebih fit.

wanita sakit pinggang
Gambar wanita sakit pinggang

5.      Manfaat daun alpukat untuk membantu menghaluskan kulit

Ternyata bukan hanya buah alpukat yang memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit tapi daun buah alpukat ini juga memiliki manfaat yang sama, kandungan zat antioksidan yang ada di dalam buah ini sanggup untuk membersihkan pori-pori kulit agar selalu bersih dan halus serta memberi efek yang baik untuk kulit wajah.

Daun buah alpukat juga sering untuk digunakan sebagai bumbu dalam pembuatan daging BBQ, cara itu memang asing jika di Indonesia, namun penggunaan tersebut lebih umum dilakukan oleh orang-orang diluar negeri seperti Amerika Serikat. Di negara itu daun Alpukat digunakan dalam saat mengolah makanan baik itu direbus maupun dijadikan sup.

kulit wajah halus
Gambar kulit wajah halus

6.      Mengobati sakit perut

Penyakit ini sering menyerang secara tiba-tiba, entah karena habis terkena hujan, salah makan, atau sebab-sebab lain. Jika hal ini menimpa anda, salah satu solusi alternatif yang bisa anda coba yaitu dengan meminum air rebusan daun alpukat yang ditambahkan dengan kunyit, daun pegagan dan akar temu. Komsumsi selagi ramuan masih hangat untuk memberikan efek hangat pada perut anda.

sakit perut
Gambar sakit perut

Semoga artikel tentang 6 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang berbagai manfaat tanaman TOGA disekeliling kita yang bisa membantu anda menjaga kesehatan tubuh agar selalu prima.