Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Ras American Curl Tampil Beda Dan Unik

  

kucing ras american curl

Duniahobiku.com - Pernah melihat kucing ras American curl? Tahukah anda di dunia ini banyak sekali jenis kucing  dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Salah satu jenis kucing yang tampil cukup unik adalah American curl atau sering juga disebut kucing telinga ikal. Telinganya yang berbentuk ikal atau melengkung sekilas terlihat seperti tanduk, telinga inilah yang menjadi ciri khas kucing ini. Jenis kucing ini kini makin banyak diminati terutama bagi kaum hawa. jenis kucing American curl terbagi dalam dua varian ada kucing American curl yang berbulu panjang dan ada juga kucing American curl berbulu pendek. Mana pilhan anda? Untuk mengenal lebih dekat silahkan simak artikel dibawah ini.

Sejarah kucing jenis kucing American Curl

Kucing ini pertama kali di temukan  daerah California, Amerika Serikat pada tahun 1981 dan yang menemukan pertama kali yaitu keluarga Ruga, mereka menemukan dua kucing yang berwarna hitam dan yang satu lagi berwarna hitam putih dan mereka memberi nama kepada dua kucing tersebut yaitu Panda dan Shulamith namun sayangnya kucing yang bernama Panda tiba-tiba menghilang. Shulamith dianggap nenek moyang jenis kucing American curl.  Kucing ini mendapatkan perhatian dari masyarakat California karena bentuk telinganya yang tidak lazim seperti bentuk telinga jenis kucing lainnya. Pada tahun1983 jenis kucing American curl ini diikutkan kontes cat show untuk pertama kalinya, dan pada tahun 1987 jenis kucing ini memenangkan kontes (TICA) the international cat assopciation untuk jenis kucing American curl berbulu panjang, dan hebatnya lagi jenis kucing ini menjadi jenis kucing pertama yang dimasukan dalam dua ajang sekaligus yaitu ajang (CFA) cat fancires’ association, dan (TICA) the international cat assopciation, championship yaitu kelas kucing berbulu panjang dan yang berbulu pendek.

Ciri-ciri khusus jenis kucing American Curl.

Ciri-ciri khusus jenis kucing Amrican curl terlihat jelas pada bagian telinganya di mana pada bagian telinga ini terlipat keluar, jenis kucing American curl ini jika di ikutkan kontes harus memiliki lipatan standar sekitar 90 derajat hingga 180 derajat, namun lipatannya jangan sampai menyentuh kepala si kucing karena dapat di iskualifikasi.

ciri-ciri fisik jenis kucing American curl.

Jenis kucing ini memiliki badan medium, badannya atletis, ekornya panjang dan memiliki bulu yang lembut. Sebenarnya jenis kucing ini dari lahir tidak langsung memiliki bentuk telinga yang melipat, kucing ini ketika lahir memilki bentuk telinga normal seperti kucing pada umumnya namun setelah sepuluh hari baru mulai kelihatan telinganya melipat dan akan berlangsung  sampai umur kucing ini berusia 4 bulan lalu tulang rawan telinga kucing ini mengeras dan sampai dewasa.

anak kucing american curl
Gambar anak kucing american curl

Harga kucing American Curl

Harga jenis kucing American curl ini masih tergolong mahal, hal ini disebabkan masih jarang yang memelihara atau mengembangbiakan jenis kucing ini, namun di luar sana jenis kucing ini memiliki nilai jual yang lumayan bernilai yaitu sekitar 10-15 juta rupiah tergantung dari kualitas kucing itu sendiri. Semakin menarik kucing American curl maka harganya akan semakin terdongkrak.

Cara perawatan kucing American Curl.

Cara perawatan jenis kucing ini tidak berbeda jauh dengan merawat jenis kucing lainnya. Hanya saja karena jenis kucing ini memilki telinga yang unik maka kita mesti agak ekstra hati-hati saat memenadikan dan membersihkan bagian telinga kucing ini. Pada bagian telinga kucing ini memiliki tulang rawan yang mudah patah apabila kita tidak hati-hati merawatnya. Selain itu jenis kucing ini memiliki dua varian bulu yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek sehingga kita harus bisa membedakan cara perawatannya. Untuk jenis kucing American curl yang berbulu panjang kita dapat merawatnya seperti cara merawat kucing Persia dan anggora, dan untuk perawatan jenis kucing American curl yang berbulu pendek anda dapat menyamakan perawatanya seperti jenis kucing yang berbulu pendek seperti kucing toyger, Abyssinian, Bengal, dan korat.

Sifat kucing American Curl

Sifat jenis kucing ini cukup agresif namun tidak liar. Jenis kucing ini tidak juga terlalu agresif dan juga dapat bergaul dengan jenis hewan lainnya jenis kucing ini dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru. Kucing ini juga termasuk ramah, tenang dan pintar dan bisa dijadikan teman bermain yang menyenangkan. Kucing ini sangat cocok untuk dijadikan kucing peliharaan dirumah dan memiliki usia hidup yang cukup lama sekitar 10-20 tahun.

Semoga artikel tentang Kucing Ras American Curl Tampil Beda Dan Unik dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang jenis-jenis kucing yang ada didunia.