Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Agar Kenari Bersuara Panjang Dan Nyaring

 agar kenari bersuara panjang

Duniahobiku.com - Bagaimana cara agar kenari bersuara panjang dan nyaring? Kenari merupakan salah burung yang sering diperlombakan karena memiliki ciri khas dengan suaranya yang cukup panjang saat bernyanyi. Bagi para kicaumania memiliki kenari yang selalu memenangkan kontes lomba burung tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Ada dua hal penting untuk memiliki kenari dengan kualitas kontes yaitu bibit kenari dan cara perawatan yang tepat. Kenari yang memiliki suara panjang  dan nyaring  tentunya  memerlukan perawatan agar nafasnya kuat dan panjang sehingga saat lomba bisa tampil maksimal. Ingin tahu rahasianya? Simak terus artikel dibawah untuk menemukan tips menarik untuk kenari dirumah anda.

Kenari yang sudah siap dilombakan umumnya sangat bergantung pada kesiapan dari burung tersebut. Ketika kenari sudah berusia lebih dari 8 bulan pun sebenarnya mereka sudah siap untuk diikutsertakan dalam lomba-lomba burung. Meski begitu, tidak sedikit kicaumania yang melatih kenari mereka agar memiliki suara kicauan yang panjang, dengan tujuan agar kenari tersebut bisa moncer di lapangan.

Berikut ini adalah tips-tips agar kenari bersuara lebih panjang:

1.      Melatih Nafas Kenari Agar Kuat

Agar kenari bersuara lebih panjang, tentu mereka harus memiliki nafas yang juga panjang, sehingga pelatihan pernafasan sangat penting dan diperlukan agar kenari tersebut bisa berkicau dengan suara yang panjang.

Melatih nafas bisa dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran yang memiliki ukuran panjang minimal 1 meter. Dalam kandang umbaran tersebut disediakan dua buah tenggeran yang dipasang dalam jarak yang berjauhan. Posisi tenggeran yang berjauhan tersebut akan membuat burung selalu terbang bolak-balik tenggerannya.

kandang kenari umbaran

Gambar kandang kenari umbaran

Selain bisa melatih pernafasan, melatih kenari dalam kandang umbaran juga bisa bermanfaat untuk menjaga kondisi dan staminanya, terutama untuk mencegah kegemukan yang lazim terjadi pada burung peliharaan. Proses pengumbaran sebaiknya dilakukan selama 15 - 20 menit dalam waktu seminggu dua - tiga kali untuk burung yang belum pernah dilatih, dan satu - dua kali seminggu untuk burung yang rutin dilatih.

2.      Pakan Yang Berkualitas

Selain pengumbaran, kenari juga harus rutin mendapatkan pakan yang berkualitas, dan perawatan mandi dan jemurnya. Untuk penjemurannya bisa dilakukan selama 1,5 - 2 jam setiap hari, dan setelah itu diangin-anginkan sekitar 15 menit.

Pakan tambahan (Extra Fooding) yang diberikan sebaiknya pakan berupa kecambah (biji berkecambah) yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang tinggi, selain itu untuk sayuran hijaunya bisa diberikan EF mentimun atau daun sawi hijau. Jika kenari anda menyukai kroto, maka berikan kroto dalam bentuk kapsul (telurnya) sebanyak 1 sendok teh kecil setiap 2 hari sekali atau alternatifnya adalah telur puyuh rebus yang diberikan 2 kali seminggu.

pakan kenari
Gambar pakan kenari

3.      Master Kenari Dengan Burung Bersuara Panjang

Salah satu teknik yang sering digunakan oleh para kicaumania adalah menggunakan burung kenari yang sudah memiliki track record baik sebagai master. Burung yang setiap hari mendengar kenari yang berbunyi nyaring dan panjang akan cenderung mengikuti dan berusaha mengimbangi bunyi burung tersebut. Jika kita menggunakan master kenari yang memiliki suara putus-putus maka burung kenari milik kita juga bisa ikut terpengaruh dan bisa menurunkan performa burung kenari kita saat gacor.

4.      Memberikan Multivitamin

Agar kenari milik kita selalu tampil prima dan sehat bukan hanya perlu pakan yang bergizi tetapi kita juga perlu menambahkan multivitamin agar bisa mempertahankan kondisinya selalu fit terutama saat pergantian cuaca (pancaroba) yang bisa membuat kesehatan kenari menjadi drop dan menurunkan performanya. Sebelum kenari ikut dalam perlombaan umumnya para kicaumania mempersiapkan dengan baik burung kenari yang ikut lomba salah satunya dengan memberikan berbagai multivitamin yang bisa mendongkrak stamina dan membuat kenari tampil memukau. Selain memberikan multivitamin yang tersedia dipasar hobi  kita bisa menambahkan madu pada air minum  sebanyak 3 tetes.

Semoga artikel tentang 4 Cara Agar Kenari Bersuara Panjang Dan Nyaring dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang cara merawat burung kenari yang baik.