Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

 

10 manfaat kunyit

Duniahobiku.com – Artikel ini akan membahas tentang 10 manfaat kunyit bagi kesehatan yang perlu anda ketahui untuk meningkatkan dan menjaga kesehatanan anda. Tanaman herbal dan bumbu masakan ini sering kita jumpai dalam berbagai masakan khas di negara-negara Asia seperti Indonesia dan India. Kunyit bukan cuma digunakan sebagai perasa dalam makanan tetapi sering digunakan sebagai jamu dan perawatan kulit / wajah sehingga sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkannya untuk kesehatan kita. Penggunaan kunyit sebagai  tanaman obat telah lama digunakan oleh masyarakat Asia Tenggara. Ingin tahu apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan? Ikuti terus artikel ini dan temukan sejuta manfaat dari kunyit.

Kunyit merupakan rempah-rempah yang umum ditemui, di negara Asia kita dapat mudah mengenalinya dengan warnanya yang kuning cerah, ada banyak produk olahan tersedia dengan menggunakan kunyit sebagai bahan baku. Manfaatnya bukan hanya dibidang kesehatan, makanan, dan kecantikan. Kunyit bisa diminum dan juga digunakan secara langsung pada kulit dalam bidang kesehatan.

Kandungan Kunyit

Kunyit memiliki kandungan vitamin C, protein, mineral, fosfor, zat besi, karbohidrat dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut kandungan kunyit: Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat zat lainnya seperti antiinflamasi, antiseptik, dan antioksidan. Berikut kandungan nutirisi dalam 100 gram kunyit :

Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%,

Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil )

Protein 10 gram

Kalsium 168 miiligram

Magnesium 208 miiligram

Vitamin C 1 milligram

Zat besi 55 milligram

Kalium 2 gram

Fosfor 299 milligram

Manfaat dan khasiat kunyit Bagi Kesehatan

1.    Mencegah Kanker

Kunyit mengandung kurkumin dimana zat ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan kurkumin juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker terutama kanker payudara, kanker kulit, kanker perut, kanker paru-paru dan juga kanker usus

2.      Mencegah Alzheimer

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa kunyit memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan sehingga  dengan mengkomsumsi kunyit dapat mencegah penyakit Alzheimer. Pada umumnya pasien yang menderita penyakit Alzheimer memiliki masalah dengan cara berpikir dan memori yang terbatas. 

3.    Mengurangi resiko diabetes

Khasiat kurkumin dan sejumlah senyawa dalam kunyit dapat mengurangi resistensi insulin sehingga kadar gula dalam darah pasien dapat terkendali sehingga resiko dari penyakit diabetes dapat berkurang.

4.    Mengobati Penyakit Hepatitis

Peradangan pada hati atau liver dalam istilah medis sering disebut hepatitis. Penyakit yang disebabkan virus ini dapat dicegah dan diobati dengan rutin mengkomsumsi jamu dan minuman yang mengandung kunyit. Kandungan antivirus pada kunyit dapat digunakan kepada pasien hepatitis karena dapat membersihkan racun secara alami dari hati dan menangkal serangan virus dan bakteri.

5.      Mempercepat penyembuhan luka

Secara normal kulit yang terluka akan mengalami penyembuhan secara alami namun beberapa kasus seperti diabetes membuat tubuh mengalami masalah saat proses regenerasi kulit. Kunyit mengandung antiseptik yang bisa melawan infeksi kulit serta mengurangi peradangan pada kulit serta mempercepat penyembuhan luka dan meregenerasi kulit yang rusak.

6.      Menghambat pertumbuhan tumor

Penelitian menunjukan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit mampu menghentikan pertumbuhan sel baru pada tumor baik pada sel tumor payudara maupun tumor pada usus besar. Senyawa kurkumin merupakan kandungan yang paling banyak ditemukan pada rimpang kunyit dibandingkan zat lainnya.

7.      Menghilangkan jerawat dan noda hitam

Bagi anda yang ingin cantik secara alami dan mengalami masalah pada kulit, kunyit bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kulit bersih tanpa menggunakan produk berbahan kimia yang bisa merusak kulit jika tidak sesuai dengan jenis kulit anda. Kunyit telah digunakan secara tradisional karena dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan noda hitam pada wajah. Kunyit juga dapat menghilangkan gatal-gatal yang menyerang pada kulit.

8.      Menjaga stamina tubuh

Agar kebugaran tubuh selalu terjaga kita perlu makan-makanan bergizi, tidur secara teratur dan tentu saja berolahraga. Memgkomsumsi kunyit dalam bentuk jamu atau dalam makanan bisa membantu menjaga stamina anda tetap bugar. Kandungan vitamin C pada rimpang kunyit mencapai 45-55%. Kebutuhan vitamin C orang dewasa sebesar 60 mg dan anak-anak 35-35 mg.

9.      Menurunkan berat badan

Bagi anda yang mengalami masalah dengan berat badan namun menghindari mengkomsumsi obat-obatan kimia maka kunyit bisa menjadi solusi alternatif. Senyawa dalam kunyit menurut penelitian dapat membakar lemak secara lebih maksimal jadi tidak ada salahnya anda meminum bubuk kunyit setiap pagi untuk mengontrol berat badan anda.

10.      Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Gangguan pada masalah kardiovaskuler dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit pembuluh darah lainnya. Kandungan antiinflamasi pada kunyit ternyata bisa mencegah masalah pada arteri dan otot-otot jantung sehingga suplai darah bisa maksimal ke organ penting pada tubuh.

Efek Samping Kunyit yang Perlu anda ketahui

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat kunyit. Meski memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, kunyit juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi berlebihan.

Seperti dilansir dari Medical News Today, sebaiknya berhati-hati ketika memutuskan apakah kunyit bisa Anda minum atau tidak. Peringatan ini khususnya bagi seseorang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu.

1.      Menganggu Pencernaan dan Menyebabkan Asam Lambung

Kunyit dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan apabila dikonsumsi berlebihan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kunyit dapat merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung.

Kunyit memang mampu melancarkan pencernaan. Tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka akan membuat Anda diare.

2.      Berisiko Tekanan Darah Rendah dan Mudah Lemas

Kunyit memang dapat mencegah pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Tanaman rempah-rempah ini juga dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Namun apabila dikonsumsi berlebihan, kunyit akan membuat tubuh terasa lemas akibat tekanan darah terlalu rendah.

Berikut cara sederhana yang bisa anda coba terapkan dirumah untuk mendapatkan manfaat dari kunyit :

Ambil umbi kunyit secukupnya (kira-kira satu genggam), bersihkan lalu kupas.

Parut atau blender kunyit dengan menambahkan sedikit air.

Masak hasil kunyit yang telah blender ke dalam panci sampai mendidih

Tambahkan garam secukupnya

Saring dan peras hasilnya,  lalu berikan perasan jeruk nipis dan madu.

Sebaiknya minum dalam keadaan hangat.

Penggunaan secara alami ini akan menghindarkan anda dari berbagai penyakit disamping itu penggunaan bahan-bahan alami lebih aman karena tidak mengandung pengawet dan pewarna. Anda dapat meminumnya 2-3 kali seminggu dan anda akan merasakan khasiatnya.

Anda bisa membeli produk kesehatan dengan bahan baku kunyit yang telah banyak beredar dipasaran. Gunakan secara bijak dan jangan berlebihan karena selain memiliki begitu banyak manfaat ternyata kunyit juga memiliki efek samping yang sebaiknya anda ketahui.

Semoga artikel tentang 10 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tantang tanaman herbal yang memiliki manfaat bagi tubuh kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.